10 Bisnis yang Menjanjikan Bagi Mahasiswa, Cukup untuk Nambah Uang Saku

Bisnis yang Menjanjikan

Menjadi mahasiswa membuat kita tidak ingin hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua. Agar dapat memiliki penghasilan sendiri, kamu bisa membuka bisnis yang bisa dijalankan sambil kuliah. Simak inspiransi ide bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa di bawah ini!

Status mahasiswa menandakan kalau kamu sudah menjadi orang dewasa yang sebentar lagi akan terjun ke masyarakat. Biasanya saat menjadi mahasiswa, kita kerap kali mengandalkan uang yang diberikan oleh orang tua untuk memenuhi kebutuhan sebagai mahasiwa, bukan hanya uang kuliah saja yang diberikan orang tua, tapi juga uang saku seperti untuk membayar kosan, makan, transportasi, hingga membeli buku kuliah. Kamu pastinya sudah sering melihat ada beberapa mahasiswa yang melakukan kerja sambilan untuk menambah uang saku. Tapi ketika memutuskan untuk mengambil kerja sambilan, kamu harus meluangkan waktu yang cukup banyak karena jam kerjanya juga tergolong lumayan lama.

Daripada mengambil kerja sambilan, bagaimana jika kamu melakukan bisnis sampingan. Dengan membuka bisnis sampingan, kamu bisa menyesuaikan sendiri jadwal bekerjamu sehingga tidak akan mengganggu jam kuliah. Dari sekian banyak inspirasi bisnis sampingan yang ada, TunaiKita sudah memilihkan sepuluh bisnis online yang menjanjikan untuk dijalankan mahasiswa sepertimu. Apa saja inspirasinya? Mari kita lihat bersama!

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis Pulsa (Sumber: mobilemarketingwatch.com)

Bisnis yang menjanjikan pertama adalah bisnis pulsa elektrik yang modalnya tidak terlalu besar. Untuk menjalankan bisnis yang menjanjikan ini, kamu cukup memiliki ponsel saja. Meski untung yang didapat tergolong kecil, tapi jika kamu kumpulkan dengan rajin, maka dalam satu bulan untung yang didapat juga cukup lumayan. Ketika berbisnis pulsa elektrik, selalu jalankan metode bayar terlebih dahulu untuk menghindari teman-temanmu yang sering berhutang. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kebangkrutan karena dihutangi pulsa oleh teman.

Baca Juga : Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Datangkan Untung Melimpah

2. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Membuka bisnis jasa pengetikan dan print akan menjadi bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa karena mahasiswa sangat identik dengan tugas kuliah yang harus diketik dan diprint serta dijilid rapi sebelum dikumpulkan. Jika dikosan kamu memiliki peralatan printer yang lengkap, manfaatkanlah untuk membuka jasa pengetikan dan print supaya kamu bisa meraih keuntungan. Tentukan tarif paket dengan harga yang bersaing sehingga bisa menarik minat teman-teman mahasiswamu untuk menggunakan jasa pengetikan dan print milikmu.

3. Bisnis Les Privat dan Bimbingan Belajar

Bisnis Les Private (Sumber: www.oldschoolasc.com)

Bisnis selanjutnya akan mengandalkan ilmu dan kepintaranmu. Jika kamu ahli di bidang bahasa Inggris, matematika, fisika, atau ilmu yang lainnya, maka bukalah les privat atau bimbingan belajar untuk anak SD, SMP, dan SMA. Lebih bagus lagi kalau kamu membuka les privat atau bimbingan belajar untuk Ujian Nasional atau ujian masuk universitas milikmu. Dengan begitu, kamu akan memiliki calon anak didik yang lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk membuat modul pelajaran yang menarik dan mudah untuk dipahami.

4. Bisnis Reseller

Kemudian ada bisnis reseller yang sangat mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal yang banyak karena kamu akan mendagangkan barang milik orang lain. Kamu bisa menjual barang dagangan seperti baju, sepatu, tas, hingga aksesoris. Kamu bisa memasarkannya lewat sosial mediamu seperti instagram, facebook, dan twitter. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya di e-commerce. Cari distributor yang tidak menetapkan minimal order sehingga kamu bisa memesan barang meski hanya satu atau dua buah saja.

5. Bisnis Jual Beli Buku Kuliah

Menjual Buku (Sumber: wikimedia.org)

Kamu pernah tidak merasa kesulitan saat akan mencari buku kuliah tertentu? Kendala seperti ini kerap kali dialami mahasiswa, ketika ada dosen yang merekomendasikan mahasiwa untuk membaca buku tertentu, tapi kita kesulitan untuk menemukannya karena buku tersebut termasuk dalam buku langka. Nah, hal ini bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis rumahan yang menjanjikan. Supaya bisa mendapatkan buku yang diinginkan, maka carilah supplier buku yang lengkap, baik itu buku baru maupun buku bekas. Jika buku yang kamu jual tidak laku, maka kamu bisa menjualnya untuk mahasiswa baru di tahun selanjutnya.

Baca Juga : Tantangan Saat Mengelola Bisnis Memang Banyak, Tapi Bisa Kamu Kalahkan Dengan Cara Ini

6. Bisnis MLM

Bisnis MLM atau multi level marketing sebenarnya termasuk bisnis lama tapi sampai sekarang keberadaannya masih digemari, terutama oleh para mahasiswa karena mereka bisa mendapatkan komisi dengan jumlah yang cukup lumayan jika berhasil melakukan penjual, apalagi jika sampai mendapatkan anak buah baru. Beberapa bisnis MLM terpercaya yang bisa kamu ikuti adalah Oriflame, Tupperware, Sophie Martin, serta Herbalife. Kamu bisa mulai mendagangkannya kepada teman sekampus atau teman satu kosan terlebih dahulu.

7. Bisnis Jasa Foto dan Video

Menjadi Fotografer (Sumber: fstoppers.com)

Punya keahlian di bidang fotografi dan video atau kamu ikut dalam klub fotografi yang ada di kampus? Bagaimana jika kamu menjadikan keahlianmu ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan? Berhubung pastinya kamu sudah memiliki kamera, maka kamu tinggal mengandalkan kemampuanmu dalam membidik dan mengambil gambar. Buat portofolio melalui blog pribadi atau akun instagrammu supaya orang-orang bisa melihat seberapa lihai kemampuanmu. Dengan begitu, secara tidak langsung mereka yang tertarik pasti akan menghubungimu.

8. Bisnis Jasa Makeup

Bagi kamu para perempuan, jika punya keahlian di bidang makeup, cobalah untuk membuka bisnis jasa makeup untuk menambah uang saku. Buatlah jasa makeup yang dikhususkan untuk acara pesta, pernikahan, serta kelulusan wisuda. Untuk membuka bisnis yang menjanjikan ini memang diperlukan modal yang lumayan karena harus membeli peralatan makeup yang lengkap. Untuk menarik minat teman-temanmu, buatlah tutorial makeup yang kamu upload di sosial media milikmu terlebih dahulu supaya mereka jadi lebih tertarik untuk menggunakan jasa makeupmu.

9. Bisnis Jasa Travel

Bisnis Jasa Travel (Sumber: caaneo.ca)

Saat ini, anak muda kekinian sangat suka sekali pergi traveling. Tidak hanya traveling ke luar kota, tapi juga luar negeri. Cobalah untuk membuka bisnis jasa travel akan mengurus segala keperluan wisata mulai dari tiket pesawat atau kereta, penginapan, hingga itinerary. Cantumkan harga paket yang lebih murah jika melakukan wisata berkelompok sekitar 5-7 orang lebih. Saat menjalankan bisnis jasa travel ini, kamu harus memiliki banyak rekanan penginapan serta maskapai pesawat supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

10. Bisnis Paket Kelulusan

Terakhir ada bisnis paket kelulusan yang pasti akan laku keras saat acara wisuda. Buatlah paket kelulusan yang berbeda dari yang lain seperti membuatkan buket bunga dari permen dan cokelat, buket bunga dari snack makanan ringan, balon foil yang bertuliskan ucapan selamat, papercraft dengan karikatur wajah, properti untuk berfoto, dan lain sebagainya. Mulai tawarkan paket kelulusan paling tidak seminggu sebelum acara wisuda berlangsung sehingga kamu bisa memulai persiapan dengan tidak terburu-buru.

Baca Juga : Bisnis Ternak Menguntungkan Hanya Dengan Modal 5-10 Juta

Gunakan Pinjaman Online untuk Modal Awal Berbisnis

Pinjaman Online (Sumber: merchantmaverick.com)

Sudah memilih mana ide bisnis yang menjanjikan untuk kamu jalankan? Jika sudah memilih, kini saatnya memikirkan dari mana uang modal yang akan dipergunakan untuk berbisnis. Kamu bisa pergunakan pinjaman online melalui TunaiKita yang bisa memberikanmu pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran mulai dari 10 hari hingga 180 hari. Syarat mengajukannya sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Mandiri).

Cara mengajukan pinjaman online di TunaiKita juga sangat mudah. Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tidak ribet bukan?

Tapi ingat, sebelum mengajukan, lakukan perhitungan dengan matang supaya nantinya kamu bisa membayar cicilan bulanan tepat waktu tanpa perlu menunggak. Semoga pilihan bisnis yang menjanjikanmu ini bisa berjalan dengan sukses sampai kamu selesai menamatkan kuliah. Selamat berbisnis Sobat!