10 Cara Dapat Uang dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!

Kemajuan teknologi dimanfaatkan banyak orang untuk meraup pundi uang dari membuka bisnis online. Tapi ternyata membuka bisnis online tidaklah semudah yang dibayangkan karena banyak yang gulung tikar. Supaya bisnis onlinemu bisa sukses, terapkan cara-cara di bawah ini!

Keberadaan internet saat ini telah merubah perilaku belanja masyarakat. Dari orang yang suka ke mall atau pusat perbelanjaan menjadi orang yang suka berbelanja dari rumah. Kemajuan teknologi memang bisa mempermudah semua aktivitas kita termasuk dalam hal berbelanja. Tak hanya bisa dimanfaatkan oleh konsumen, internet juga bisa bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memperjualbelikan barang atau jasa mereka secara online.

Masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai pribadi yang tingkat konsumtifnya sangat tinggi pun menjadi ladang bisnis oleh para pelaku bisnis online. Bisnis online bisa lakukan di mana saja dan kapan saja. Inilah yang menjadi alasan kenapa hampir sebagian besar pelaku bisnis online menjalankan bisnisnya sebagai bisnis sampingan. Bisnis online bisa dijalani oleh remaja, orang tua, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa.

Baca juga: Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Datangkan Untung Melimpah

10 Cara Dapat Uang dari Bisnis Online

Bisnis Online (tracemedialtd.com)

Meski terlihat mudah, tapi pada prakteknya tidak sedikit bisnis online yang hanya bisa bertahan dalam hitungan minggu saja. Kenapa bisa demikian? Penyebabnya ada banyak hal, mulai dari kalah bersaing dengan bisnis online yang lain, kekurangan modal, hingga barang tidak laku di pasaran. Oleh karena itu, sebelum terjun langsung, perhatikan dulu cara-cara dapat uang dari bisnis online yang akan TimiKimi berikan, yaitu:

1. Lakukan Riset

Cara dapat uang yang pertama adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Biasanya beberapa pelaku bisnis online mudah terbawa tren dan suka ikut-ikutan saja tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Coba perhatikan orang-orang di sekitarmu, kira-kira produk apa yang akan laris jika kamu menjualnya kepada mereka. Kenapa harus orang sekitar dulu? Karena merekalah orang yang pertama kali tahu dan menjadi sasaran dari jualanmu nanti. Kalau perlu, kamu bisa membuat angket online dan membagikannya kepada mereka. Isi angket bisa berupa pilihan produk dan kisaran harga jualnya.

2. Tentukan Produk yang Sesuai Segmentasi Pasar

Setelah melakukan riset, kamu bisa menentukan produk yang akan dijual nanti. Produk yang dijual boleh saja produk tren terkini, tapi jangan lupa untuk menambahkan sesuatu yang unik sehingga produkmu dilirik oleh masyarakat. Misalkan saja dengan membuat kemasannya jadi lebih menarik. Penentuan produk ini juga harus disesuaikan dengan segmentasi pasar yang kamu tuju. Jadi kalau sasaranmu adalah generasi milenial, maka produk serta kemasannya harus dibuat lebih sesuai.

3. Hitung Modal Awal dengan Cermat

Menghitung Modal (www.paymentsense.com)

Selanjutnya adalah menghitung berapa modal awal yang diperlukan untuk membuka bisnis online. Modal yang pertama sudah pasti gadget dan jaringan internet. Jika kamu menjual barang dari orang lain, maka modal yang dikeluarkan tidaklah besar. Tapi kalau kamu ingin menjual produk sendiri, maka perhitungkan dengan cermat biaya produksi, biaya bahan baku, hingga biaya operasional. Membuat produk sendiri memang membutuhkan biaya dan waktu yang lebih lama, tapi bisnis onlinemu jadi memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik dan berbeda sehingga banyak dilirik.

4. Buat Blog dan Lakukan Monetize

Siapa bilang bisnis online tidak butuh blog. Tujuan dari pembuatan blog  adalah supaya kamu bisa memasarkan produk melalui Google Search. Selain itu dengan adanya blog, kamu juga bisa melakukan monetize blog dengan bergabung dalam GoogleAdsense. Google Adsense adalah program periklanan online yang dimiliki Google. Nantinya Google akan menaruh iklan pada blog toko online milikmu. Tenang saja, kamu akan mendapatkan uang komisi kok dari iklan tersebut.

Baca juga:

5. Manfaatkan Media Sosial

Sosial Media (www.lyfemarketing.com)

Namanya juga bisnis online pasti mau tak mau kamu harus memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan marketing gratis. Apa saja media sosial yang bisa digunakan? Saat ini ada dua media sosial yang cocok digunakan sebagai promosi dan marketing bisnis online yakni Facebook dan Instagram. Meski sama-sama media sosial, tapi metode pemasaran yang digunakan harus berbeda.

Untuk facebook, kamu bisa menjelaskan dengan rinci perihal barang dagangan yang kamu posting. Sedangkan untuk instagram, usahakan foto yang digunakan beresolusi tinggi dan diambil dengan cara yang apik supaya lebih menarik karena media instagram lebih memperlihatkan visual dibanding kata-kata.

Baca juga: 10 Bisnis yang Menjanjikan Bagi Mahasiswa, Cukup untuk Nambah Uang Saku

6. Berjualan di Marketplace

Berjualan di media sosial saja tidak cukup karena cakupan lingkupnya hanya itu-itu saja. Jika kamu ingin menjangkau seluruh masyarakat Indonesia, maka kamu harus berjualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain sebagainya. Cara dapat uang ini dirasa sangat ampuh karena daganganmu akan dipasarkan oleh marketplace ke seluruh penjuru Indonesia.

Tapi ingat, ada uang komisi yang harus kamu bayarkan jika berjualan di marketplace. Besarannya tergantung dari kebijakan masing-masing marketplace yang kamu tuju. Biasanya rata-rata mensyaratkan 10% sampai 20% dari harga jual barang.

7. Terapkan Affiliate Marketing

Bisnis Online (papilioservices.com)

Cara dapat uang selanjutnya adalah dengan menerapkan affiliate marketing. Buat kamu yang belum tahu apa itu affiliate marketing, TimiKimi akan menjelaskannya kepadamu. Affiliate marketing merupakan bisnis rekomendasi yang artinya kamu akan merekomendasikan suatu produk atau jada kepada orang lain melalui blog yang kamu buat. Nantinya jika mereka membeli produk atau jasa tersebut dari link yang kamu letakkan di blog, maka kamu akan mendapatkan komisi.

8. Pelajari Cara Pemasaran Digital

Mempelajari cara pemasaran digital menjadi salah satu cara dapat uang dari bisnis online. Dengan mempelajari pemasaran digital, kamu bisa membuat produk barang atau jasa yang kamu jual diketahui banyak orang, waktu yang tepat untuk mengunggah postingan barang daganganmu di sosial media, serta kata kunci yang harus digunakan saat posting supaya lebih banyak orang yang melihat barang daganganmu. Pahami juga SEO (Search Engine Optimaze) agar kamu bisa semakin lancar memasarkan produk secara online.

9. Selalu Kembangkan Produk

Persaingan bisnis online sangat ketat, jadi buat kamu yang akan terjun ke dalamnya harus selalu berinovasi dan juga kreatif untuk mengembangkan dan menciptakan produk-produk baru yang bisa disukai oleh masyarakat. Kamu juga bisa berinovasi dari produk yang telah ada atau menambahkan produk baru. Setidaknya setiap bulan selalu berikan produk baru supaya pelanggan tidak bosan.

10. Kelola Managemen Keuangan dengan Baik

Bisnis Online (cloudfront.net)

Dalam menjalankan bisnis online, kamu harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Pasalnya hampir sebagian besar pelaku bisnis online yang bisnis tidak berjalan sesuai rencana atau bahkan bangkrut hanya karena pengelolaan managemen keuangan yang sangat buruk. Biasanya uang hasil jualan tercampur dengan uang pribadi sehingga terpakai untuk keperluan di luar bisnis online. Amannya, pisahkan rekening pribadi dengan rekening untuk bisnis online sehingga kamu bisa lebih mudah mengaturnya.

Saat baru buka, selalu buat laporan keuangan setiap seminggu sekali secara rinci selama minimal 3-6 bulan. Nantinya kalau usaha sudah mulai berjalan, kamu bisa membuat laporan sebulan sekali.

Jika sepuluh cara dapat uang di atas sudah dilakukan dengan baik, maka bisnis onlinemu pasti akan berjalan lancar.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Pinjaman Online Jadi Pilihan Tepat Saat Butuh Modal Berbisnis Online

Pinjaman Online (Sumber: merchantmaverick.com)

Kekurangan modal seringkali menjadi penghalang utama saat akan berbinis online. Selama ini kita selalu menganggap kalau bisnis online minim modal karena hanya membutuhkan gadget dan internet saja. Tapi untuk menghasilkan gambar atau foto produk yang berkualitas bagus, maka dibutuhkan kamera digital atau kamera ponsel yang canggih. Jika tak ada dana untuk membeli kamera digital atau kamera ponsel yang hasil gambarnya bagus, kamu bisa mengajukan pinjaman online melalui aplikasi TunaiKita yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dapatkan pinjaman hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan mencapai 6 bulan. Syarat pengajuannya sangat simpel, kamu hanya memerlukan KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega.

Cukup donwload aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore lalu lakukan registrasi dan login. Setelah itu, kamu bisa mengisi nominal pinjaman dan jangka waktu cicilan dan klik mulai ajukan. Proses pencairan dana pinjaman tidak memakan waktu lama. Rata-rata hanya membutuhkan waktu 1-7 hari kerja saja. Mudah bukan?

Semoga dengan adanya cara-cara dapat uang di atas, kamu bisa membuka bisnis online dengan sukses. Selamat berjualan Sobat!