Sobat, pernahkah kamu mencoba untuk menjual barang-barangmu secara online untuk mendapatkan uang tambahan? Atau kamu sedang mengalami krisis keuangan sehingga harus menjual jam kesayangan pemberian pacarmu dan menjualnya secara online? Tenang Sobat, TunaiKita punya cara jualan online supaya laris manis. Berikut ulasannya!

Kebutuhan setiap orang tentunya berbeda-beda. Tidak semua orang yang mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya merasa cukup dengan apa yang didapatkan. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi tentunya membuat kita harus mencari dana tambahan, salah satunya dengan bisnis online. 

Bicara soal bisnis tidak luput dari yang namanya pelanggan. Sobat tahu nggak? Kalau Hari Pelanggan Nasional diperingati setiap tanggal 4 September. Di Hari Pelanggan Nasional ini, yuk berikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan di Indonesia.

Bisnis online merupakan kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kita temukan di berbagai bidang industri. Nah, untuk kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan dengan berbisnis online, TunaiKita punya cara jualan online agar laris manis. Bagaimana caranya? 

Cara Jualan Online agar Laris Manis

1. Tentukan Harga Terbaik

Pinterest

Cara jualan online agar laris manis yang pertama bisa kamu lakukan yaitu menentukan harga terbaik. Dalam bisnis online, menentukan harga terbaik sangat penting dilakukan. Pastikan harga barang yang kamu jual tidak jauh di atas nilai pasaran ya, Sobat. Lihat juga berapa nilai pasaran yang ditawarkan oleh penjual lain untuk barang yang sama. 

Jika kamu menjual barang-barang yang sudah ada di pasaran, akan selalu ada banyak pesaing yang ikut menjual barang yang sama. Walaupun dengan cara yang berbeda kamu memasarkannya, pelanggan akan tetap tertuju pada harga yang ditawarkan. Kecuali, kamu menjual dan memproduksi barang-barang unik yang jarang ada dipasaran, kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Ingat ya Sobat, harga yang kamu tawarkan tidak boleh lebih tinggi 50 hingga 60% dari harga pasar jika ingin jualan onlinemu laris manis. 

Baca juga: Tips Dan Trik Agar Bisnis Anak Muda Tidak Cepat Bangkrut, Wajib Kamu Terapkan!

2. Pilih Waktu yang Tepat

Selasa, Rabu, dan Minggu adalah waktu yang tepat untuk mengunggah barang-barang kamu yang akan dijual secara online. Mengapa? Karena banyak orang yang browsing internet pada hari-hari tersebut. Saat gajian juga menjadi waktu yang cocok untuk menjual barang-barang kamu secara online lho, Sobat! 

3. Buatlah Profil yang Terpercaya

Banyak orang yang suka membeli dari penjual yang terpercaya. Kamu bisa memulainya dengan membuat nama toko online-mu dengan nama yang terdengar simple. Jika kamu ingin menjual barang-barang kategori tertentu, kamu juga bisa melampirkan username kamu dengan barang tersebut agar mudah diingat. Dengan membuat profil dan menggunakan nama yang simple, pelanggan pun akan percaya dan akan memberikan feedback yang baik juga. 

4. Kelengkapan Keterangan Barang

Sebagai penjual online, barang yang kamu jual tidak bisa disentuh oleh pembeli. Wajar saja jika kemudian akan muncul banyak pertanyaan mengenai spesifikasi si barang. Di sinilah tugas kamu sebagai penjual untuk menjabarkan apa saja “perintilan” dari barang yang kamu jajakan.Sebagai penjual online, barang yang kamu perdagangkan tidak bisa disentuh oleh pembeli. Wajar jika kemudian akan muncul banyak pertanyaan mengenai spesifikasi si barang. Di sinilah tugas kamu sebagai penjual untuk menjabarkan apa saja “perintilan” dari barang yang kamu jajakan.

5. Tambahkan Bonus atau Hadiah

Do Free Gifts Work for Online Business? (www.easystore.co)

Tidak ada yang tidak suka jika mendapatkan bonus atau hadiah. Nah, ini bisa kamu jadikan trik khusus agar jualan online kamu laris manis. Bonus bisa menjadi salah satu cara jualan online agar laris manis, karena dapat meningkatkan nilai jual di mata pembeli. Ini juga berlaku jika barang persediaan kamu terlalu banyak. Misalnya, saat kamu menjual laptop kamu bisa memberikan headphone atau mouse sebagai bonusnya. Jangan lupa, sebutkan hadiah atau bonus tersebut diawal promosi agar pembeli semakin tertarik. 

Baca juga: Intip Peluang Usaha Rumahan Yang Bisa Dijalankan Sambil Menjadi Karyawan

6. Tentukan Barang yang Akan Dijual

Menjual barang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pemilihan barang yang tepat untuk dijual menjadi salah sasaran. Pastikan kamu menjual sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh target pembeli, Sobat. Misalnya, jika target pembeli adalah seorang anak-anak maka jualah produk mainan anak atau pakaian anak. 

7. Jangan Pernah Ragu Melakukan Perubahan

The Online Shopping Experience Has Radically Changed. Your Dealership Can Reap the Benefits. (www.digitaldealer.com)

Bisnis tidak bisa berjalan lancar jika tidak melakukan suatu perubahan. Dalam berbisnis, kamu harus berani melakukan perubahan demi kelancaran bisnis yang sedang dijalankan. Sebagai contoh jika kamu awalnya berjualan di marketplace, maka sekarang cobalah membangun toko online sendiri. Dari hasil penjualan kamu bisa mengumpulkan uang untuk membuat toko online agar benar-benar terlihat profesional.

Berjualan di marketplace kamu harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh marketplace tersebut, termasuk soal fee dan juga ongkos kirim. Berbeda terbalik jika berjualan di toko online sendiri, maka kamu bebas berjualan tanpa terikat aturan apa-apa.

8. Amati Kompetitor

Bisnis online juga merupakan sebuah persaingan. Apalagi jika sesuatu yang kamu jual sama dengan kompetitor. Kamu tidak perlu menggunakan cara curang dengan menjatuhkan bisnis kompetitor kamu. Tapi cukup dengan meningkatkan value dari bisnis yang kamu jalankan. Jika apa yang kamu tawarkan lebih baik daripada kompetitor maka secara otomatis pembeli akan datang ke kamu.

Selain itu, juga perhatikan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan kompetitor kamu. Kamu juga harus melakukan pemasaran yang lebih kreatif agar menang dalam penjualan. 

9. Promosikan Produk yang Akan Dijual

  • Marketplace

Jika kamu baru saja memulai bisnis yang belum popular, kamu bisa mencoba mendongkrak popularitas dengan cara berjualan di marketplace terkenal seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lain sebagainya. Setelah barang yang kamu jual cukup banyak diminati, kamu bisa memaksimalkan lapak online sendiri.

  • Berpromosi melalui social media

Kamu bisa mencoba membuat akun sosial media khusus untuk bisnis online. Berilah nama akun yang berbau bisnis lalu tampilkan produk yang ingin  dijual beserta fitur lengkapnya. Sedikit banyak strategi ini akan menjaring minat teman-teman dekat kamu yang sedang aktif di sosial media. Sangat menguntungkan bukan.

10. Jangan Pernah Kecewakan Pembeli

Perfecting The Skill of Complaint Handling – The Key to Happy Customers (internetretailing.net)

Sobat tahu nggak? Kekecewaan pembeli bisa membuat bisnis seseorang menjadi hancur, lho! Ya walaupun kamu tidak menipu, namun buruknya pelayanan juga bisa membuat performa bisnis kamu menjadi menurun bahkan gulung tikar. 

Misalnya, pelayanan kamu dinilai buruk oleh pembeli dan ia merasa kecewa. Lantas ketika ia diminta pendapat temannya tentang pengalaman membeli barang di kamu pasti ia mengatakan “pelayanannya sangat buruk sekali”. Jika sudah begini mereka akan berpikir dua kali untuk membeli barang yang kamu jual. Jika omongan ini terus terjadi maka bisa saja jumlah pelanggan kamu bakal berkurang. Untuk itu, sangat penting memperhatikan kepuasan pelanggan agar bisnis berjalan lancar dan laris manis. 

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 3 September, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk kamu yang memiliki bisnis atau usaha baik online maupun offline untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap para pelanggan. 

Baca juga: 10 Peluang Usaha Rumahan Online Yang Mudah Menjalankannya

Nah, Sobat untuk kamu yang ingin mencoba berbisnis online bisa mengikuti 10 cara jualan online agar laris manis di atas ya! Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan menginspirasi Sobat. Selamat mencoba!