10 Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

cara mudah mendapatkan uang

Saat menjadi mahasiwa, kita seringkali mengalami kekurangan uang saku karena kebutuhan sebagai mahasiswa terbilang cukup banyak. Daripada minta uang kepada orang tua, lebih baik kamu mencari uang tambahan dengan beberapa cara mudah mendapatkan uang yang ada di bawah ini! 

Siapa di antara kamu yang saat ini menyandang status mahasiswa? Menjadi mahasiswa memang berbeda dengan pelajar karena jam kuliah tergolong sangat fleksibel. Inilah yang menjadi alasan kenapa mahasiswa lebih banyak kegiatan diluar kelas. Tapi bukan berarti menjadi mahasiswa itu lebih enak dari pelajar karena pengeluaran mahasiswa pastinya lebih besar dibanding pelajar.

Kamu tidak hanya mengeluarkan dana untuk ongkos dan membeli buku, tapi juga ada dana yang harus dialokasikan untuk fotokopi serta print. Jika dana yang diberikan orang tua tidak mencukupi, kamu bisa mencari uang tambahan sendiri. Bagaimana caranya? TunaiKita punya beberapa cara mudah mendapatkan uang tambahan yang bisa kamu ikuti, yaitu:

1. Menjadi Reseller Baju dan Aksesoris

Reseller Baju (unsplash.com)

Cara mudah mendapatkan uang tambahan adalah dengan menjadi reseller baju dan aksesoris. Cara ini tergolong cara yang paling banyak diambil mahasiswa karena mereka tidak perlu modal dan bisa menjual baju dan aksesoris secara online melalui sosial media mereka. Biasanya komisi yang diberikan kepadamu berkisar antara 10-20% dari harga jual baju dan aksesoris.

Baca juga: Tips Menentukan Ide Bisnis Kreatif Yang Prospeknya Besar Di Tahun 2019

2. Membuka Stand di Bazar Kampus

Selain bisa menjadi reseller baju dan aksesoris, cara mudah mendapatkan uang dengan mudah adalah dengan membuka stand bazar saat ada acara di kampus. Tentukan terlebih dahulu, kamu ingin membuka stand apa dan koordinasikan dengan pihak penyelenggara bazar. Ajak teman-temanmu untuk bergabung sehingga modal yang harus dikeluarkan menjadi lebih ringan. Rata-rata stand yang laris saat bazar kampus adalah makanan dan minuman.

3. Membuka Jasa Ketik dan Print

Jasa Ketik dan Print (chasethewritedream.com)

Mahasiswa sangat lekat dan identik dengan yang namanya tugas makalah. Ini menjadi peluang untukmu supaya bisa mendapatkan uang tambahan dari membuka jasa ketik dan print. Coba pasang iklan di sosial mediamu kalau saat ini kamu membuka jasa ketik dan print. Tentu saja modal yang harus disiapkan adalah laptop atau komputer dan juga printer. Lebih bagus lagi kalau printer kamu sudah dilengkapi dengan mesin scan sehingga kamu juga bisa menerima jasa scan.

4. Membuka Les Private

Punya kepintaran di bidang tertentu? Bagaimana kalau kamu membuka les private? Cara mudah mendapatkan uang ini memang banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Tapi tentu saja les private tersebut dikhususkan untuk anak sekolah seperti tingkat SD, SMP, dan SMA. Les private yang paling laris biasanya adalah les matematika, fisika, kimia, serta bahasa Inggris. Jadi kalau kamu ahli di salah satu bidang di atas, maka kamu bisa membuka les private untuk tambahan uang saku.

Baca juga: 10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!

5. Jual Paket Bingkisan Wisuda

Pernah melihat beberapa pedagang yang menjual buket bunga atau boneka di depan gedung wisuda? Kamu jangan mau kalah dengan mereka. Menjual paket bingkisan wisuda bisa menjadi cara mudah mendapatkan uang untuk mahasiswa. Agar berbeda dari yang lainnya, kamu harus membuat bingkisan wisuda yang unik seperti bingkisan buket cokelat atau boneka karakter. Pasarkan setidaknya 1-2 minggu sebelum tanggal wisuda kepada teman-teman kampus yang akan diwisuda. Dengan begitu akan ada banyak orang yang melakukan po (preorder).

6. Jual Buku Kuliah

Jual Buku Kuliah (www.thecoachkshow.com)

Saat kuliah, kita sering mengalami kendala kesulitan mencari buku yang direkomendasikan oleh dosen. Nah, di sinilah ada peluang cara mudah mendapatkan uang. Kamu bisa menjual buku-buku kuliah, baik itu yang baru maupun second alias bekas. Supaya usahamu ini lancar, lakukan kerjasama dengan penerbit dan penjual buku bekas. Dengan begitu, kamu tidak akan kekurangan stock.

7. Jual Binder Lucu

Mahasiswa lebih memilih untuk mencatat semua mata kuliah di kertas binder dibandingkan buku tulis karena binder bisa memuat semua materi kuliah dan tidak ribet dibawa ke mana-mana. Cobalah untuk menjual binder lucu dengan cara menghias bagian luarnya supaya tampilannya lebih kece. Kamu juga bisa menjual kertas binder dengan beragam warna. Pasarkan binder lucu milikmu melaluo sosial media atau kamu juga bisa menitipkannya di koperasi kampus atau tempat fotokopi di dekat kampus. Tapi pastinya akan ada komisi yang harus dikeluarkan ya!

8. Jual Pulsa Internet

Jual Pulsa (independent.co.uk)

Di jaman yang teknologinya sudah canggih ini. Kebanyakan orang akan membeli pulsa untuk internetan, bukan untuk telepon maupun sms. Jadi kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapat keuntungan dengan berjualan pulsa internet. Supaya bisa mendapat untung lebih, jangan cuma menjual pulsa internet saja, tapi kamu juga bisa menjual modem internet yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan paket data.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

9. Jadi Penulis Lepas

Memiliki keahlian menulis? Jangan disia-siakan Sobat, karena cara mudah mendapatkan uang dari internet berikutnya bisa dengan menjadi penulis lepas. Ada banyak website yang membutuhkan penulis lepas untuk menulis berita serta artikel tentang lifestyle, jalan-jalan, kuliner, hingga keuangan. Beberapa website penulis lepas yang bisa kamu kunjungi adalah www.freelancer.co.id, www.projects.co.id, www.sribulancer.co.id, dan masih banyak lagi. Selain penulis lepas, website-website tersebut juga menawarkan pekerjaan lepas lainnya seperti fotografer lepas, marketing lepas, dan lain sebagainya.

10. Jual Makanan Kemasan untuk Anak Kost

Makanan Kemasan (tokokemasankita.com)

Cara mudah mendapatkan uang yang terakhir adalah dengan menjuak makanan kemasan yang ditujukan untuk anak kost. Hampir sebagian besar mahasiswa merupakan anak kost yang jauh dari rumah sehingga mereka seringkali kesulitan untuk kebutuhan makan. Kamu bisa menjual makanan kemasan berupa lauk pauk seperti teri kering, keripik tempe, abon, hingga sambal rumahan dalam bentuk kemasan. Cari distributor makanan kemasan yang terpercaya dan menberikanmu komisi dalam jumlah besar.

Kekurangan Modal untuk Membuka Usaha? Coba Solusi Ini!

Kemampuan Keuangan (www.everybuckcounts.com)

Jika kamu kekurangan modal untuk membuka usaha-usaha seperti di atas, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan penyedia pinjaman berbasis online yang bisa memberikan dana untuk keperluan apa saja, termasuk untuk modal usaha sampingan mahasiswa.

Nominal dana yang bisa diberikan maksimum adalah Rp20 juta dengan masa tenor pinjaman hingga 180 hari (6 bulan). Sebelum mengajukan, siapkan dulu syarat yang dibutuhkan, yakni KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal yakni BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, maka kamu tinggal mendownload aplikasi TunaiKita melalui PlayStore atau AppStore dan melakukan registrasi supaya bisa login dan mengajukan pinjaman.

Source: TunaiKita

Proses pengajuan tidak berlangsung lama karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jika pengajuanmu diterima oleh TunaiKita, maka dana bisa langsung cair melalui rekening tabungan bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya. Mudah bukan?

Tapi ingat, sebelum mengajukan pinjaman TunaiKita, kamu wajib melakukan perhitungan dengan matang supaya bisa membayar cicilan dengan pasti setiap bulannya nanti.

Semoga beberapa cara mudah mendapatkan uang di atas bisa berguna untukmu nanti Sobat!