10 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dijalankan

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Dengan melakukan usaha sampingan ibu rumah tangga, kamu juga bisa menghasilkan uang sendiri. Berikut ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa kamu pilih.

Profesi sebagai ibu rumah tangga yang mengabdikan diri kepada keluarga, terkadang membuat kamu merindukan saat-saat menjadi karyawan. Bukan karena rindu karena pekerjaan sebagai karyawan, tapi rindu saat-saat menerima gaji. Profesi sebagai ibu rumah tangga memang tidak memiliki penghasilan setiap bulan layaknya karyawan. Tapi mereka akan mendapatkan imbalan kasih sayang dari keluarga tercinta. Sebenarnya, jika kamu memiliki tekad yang kuat, maka pundi-pundi uang juga bisa kamu dapatkan kembali layaknya gaji karyawan biasa. Caranya adalah dengan menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga.

Tapi untuk menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga, kamu harus memilih ide usaha yang tepat dan tidak merepotkan sehingga pekerjaan rumah bisa tetap dikerjakan dengan baik. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga, yaitu:

  • Memilih usaha yang sesuai
  • Menyiapkan modal untuk membuka usaha
  • Bisa membagi waktu antara usaha dan keluarga
  • Bisa mengelola keuangan usaha dengan baik dan tidak menggunakannya untuk keperluan belanja bulanan
  • Rutin melakukan evaluasi supaya usaha terus berkembang dengan baik

10 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga 

Ada banyak sekali ide usaha rumah tangga yang bisa kamu lakukan, tapi tidak semuanya mudah untuk dijalankan. Oleh karena itu TimiKimi akan memberikan beberapa ide usaha sampingan rumah tangga yang bisa kamu jalankan dengan mudah, yaitu:

1. Usaha Reseller Barang Fashion

Reseller Fashion (www.songofstyle.com)

Ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang pertama adalah reseller barang fashion, baik itu reseller baju, aksesoris, hingga sepatu. Jenis usaha ini tidaklah repot dilakukan dan tidak memerlukan modal karena kamu akan mendagangkan barang milik distributor alias barang milik orang lain. Untuk menjalankan usaha reseller barang fashion ini, kamu cukup menggunakan gadget dan internet saja. Kamu bisa menjual barang-barang fashion ini melalui akun sosial media milik pribadi atau membuat akun khusus untuk berjualan sendiri.

Baca juga: Ide Peluang Usaha Makanan Yang Menjanjikan Dan Jadi Tren Di Tahun 2019

2. Usaha Jual Beli Pulsa dan Token Listrik

Jenis usaha sampingan ibu rumah tangga lain yang juga sangat mudah dilakukan adalah usaha jual beli dan token listrik. Untung yang didapat memang tidak sebanyak menjadi reseller barang fashion, tapi peluang larisnya terbilang cukup besar karena di era yang sudah canggih ini pulsa tak hanya digunakan untuk menelpon saja, tetapi juga untuk internetan. Sedangkan untuk token listrik, kamu akan mendapatkan banyak pelanggan dari tetangga, sahabat, dan keluarga. Untuk menjalankan usaha ini, kamu harus siap sedia untuk melayani permintaan pulsa setiap saat.

3. Usaha Frozen Food

Frozen Food (www.masakapaya.com)

Berikutnya ada usaha frozen food yang masuk dalam jenis usaha makanan. Bagi ibu rumah tangga yang pintar memasak, tentunya usaha ini bisa sekaligus menyalurkan hobi. Berbeda dengan usaha katering yang memakan waktu cukup banyak, usaha frozen food ini tergolong lebih mudah dilakukan karena kamu tidak perlu memasak setiap hari. Ambil waktu senggang ketika sedang tidak banyak pekerjaan rumah untuk membuat aneka frozen food seperti nugget, bakso, sosis, dimsum, dan lain sebagainya. Tapi untuk menjalankan usaha ini, pastinya kamu harus punya freezer yang besar.

4. Usaha Camilan Kemasan

Selain usaha frozen food, kamu juga bisa membuka usaha camilan kemasan. Jenis camilan kemasan yang banyak laku di pasaran adalah keripik serta kacang-kacangan. Tak berbeda jauh dengan frozen food, kamu tidak perlu setiap hari membuat camilan kemasan. Untuk menjalankan usaha ini, modal yang dibutuhkan terbilang cukup banyak karena kamu harus membeli mesin pengemas makanan supaya kerenyahan dari camilanmu akan tetap terjaga.

5. Usaha Kopi Racikan

Kopi (kopitop.com)

Kamu pastinya tahu kalau saat ini masyarakat Indonesia sedang demam kopi dan kamu harus memanfaatkan momen ini sebaik mungkin untuk dijadikan sebagai lahan usaha sampingan ibu rumah tangga. Kamu bisa menjual kopi racikan dalam bentuk sachet atau sekali pakai sehingga pembeli tinggal menyeduhnya saja. Tapi kamu harus mempelajari cara meracik kopi dengan benar supaya hasil racikanmu terasa enak dan digemari oleh pelanggan.

6. Usaha Kue Basah dan Kering

Jika memiliki keahlian untuk membuat kue, maka manfaatkan saja untuk dijadikan lahan usaha kue basah dan kering. Buat menu dalam bentuk paket sehingga orang akan memesan lebih dari satu jenis kue. Tawarkan melalui sosial media kepada teman-teman serta keluarga dekat terlebih dahulu. Supaya tidak kewalahan, kamu bisa membatasi orderan maksimal tiga kali seminggu. Dengan begitu kamu masih tetap bisa menjalankan profesi sebagai ibu rumah tangga yang baik.

7. Usaha Tanaman Hias

Tanaman Hias (www.ngopy.com)

Usaha tanaman hias saat ini sedang menjadi tren karena tanaman hias tidak lagi diletakkan di luar rumah, melainkan di dalam rumah sehingga bisa membuat suasana di dalam rumah jadi lebih sejuk dan asri. Supaya membuat tampilannya menjadi lebih menarik, maka kamu bisa menggunakan pot yang berwarna-warni dengan desain yang unik. Jangan cuma menjual tanaman hias saja, tapi kamu juga bisa menjual tanaman bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai hiasan ruangan.

Baca juga: 10 Bisnis Yang Menjanjikan Bagi Mahasiswa, Cukup Untuk Nambah Uang Saku

8. Usaha Kerajinan Tangan

Tidak suka memasak atau bercocok tanam? Kamu bisa memilih untuk membuka usaha kerajinan tangan seperti membuat GKM set atau penutup galon, kulkas, magic jar. Saat ini GKM set sangat laris di pasaran karena bisa membuat tampilan dapur dan ruang makan jadi lebih apik. Selain GKM set, kamu juga bisa membuat sarung bantal, taplak meja, gorden, serta keset. Buat tema kerajinan tangan yang unik sehingga bisa dilirik banyak orang.

9. Usaha Mainan Anak Edukatif

Mainan Anak (www.johnsonsbaby.co.id)

Berhubung kamu adalah ibu rumah tangga, bagaimana kalau mencoba usaha mainan anak edukatif? Kamu tidak perlu membuat mainan anak edukatif sendiri, melainkan kamu bisa membelinya langsung dari supplier atau bekerja sama dengan mereka. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan potongan diskon. Usaha mainan edukatif anak bisa kamu tawarkan kepada teman sesama ibu rumah tangga. Selain menawarkan lewat media sosial, kamu juga bisa menjualnya melalui marketplace.

10. Usaha Les Privat

Terakhir ada usaha sampingan ibu rumah tangga yang membutuhkan keterampilan otak yakni usaha les privat. Kamu bisa membuka usaha les privat di rumah selama 2-3 kali seminggu dengan durasi waktu les 1-3 jam sehari. Ambil mata pelajaran sesuai keahlianmu. Jangan lupa untuk menyiapkan meja belajar portabel, papan tulis, dan juga peralatan mengajar lainnya. Tidak usah mematok harga yang tinggi karena kamu masih pemula. Berikan diskon jika ada pendaftar yang mendaftar secara berkelompok.

Manfaatkan Pinjaman Online di TunaiKita untuk Tambahan Modal Usaha

Setelah kamu mengetahui mana pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga yang diinginkan, sekarang tinggal memikirkan dan menghitung modal yang dibutuhkan. Jika sumber dana dalam tabungan tidak mencukupi untuk membuka usaha sampingan ibu rumah tangga, maka solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman online melalui TunaiKita.

TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan untuk modal usaha sampingan ibu rumah tangga mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan masa tenor yang diberikan bisa mencapai 180 hari (6 bulan).

Cara mengajukannya sangat mudah. Kamu menyiapkan tiga syarat utama, yakni KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata). Setelah menyiapkan ketiga syarat tersebut, kamu harus mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore.

Baca juga: Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending Yang Aman Dan Terpercaya, Hati-Hati Penipuan!

Jika sudah didownload, kamu tinggal melakukan registrasi terlebih dahulu supaya bisa login. Isi data diri dengan benar lalu lakukan login. Nantinya kamu harus mengisi nominal jumlah pinjaman dan memilih masa tenor yang diinginkan. Kalau sudah, kamu tinggal menunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi dan memproses pengajuan pinjaman modal usaha sampingan ibu rumah tangga. Kalau pengajuanmu diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari saja, dana bisa cair melalui rekening tabungan lokal yang sudah kamu berikan. Mudah bukan?

Semoga dengan adanya inspirasi usaha sampingan ibu rumah tangga di atas, kamu bisa menambah pundi-pundi uang tabunganmu. Selamat mencoba membuka usaha Sobat!