Usaha Sampingan untuk Karyawan

Penghasilan sebagai karyawan seringkali dirasa kurang. Apalagi jika kamu ingin berinvestasi. Salah satu jalan untuk menambah penghasilan karyawan adalah dengan membuka usaha sampingan. Simak ide usaha sampingan karyawan yang ada di bawah ini!

Menjadi karyawan swasta ataupun negeri bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena kamu akan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya hingga mendapatkan keuntungan lainnya berupa jaminan kesehatan hingga uang pesangon. Sayangnya, penghasilan bulanan yang nominalnya tetap sama setiap bulannya terkadang tidaklah mencukupi untuk menambah aset dan kekayaan. Jika ingin menambah penhasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha sampingan. Tapi dengan status sebagai karyawan pastinya ruang gerak akan terbatasi karena kamu setiap hari Senin hingga Jumat harus bekerja di kantor selama delapan jam.

Memangnya ada waktu untuk membuka usaha sampingan? Tentu saja ada waktu jika kamu memilih usaha sampingan untuk karyawan. Sebagai bahan referensi, TunaiKita akan memberikan kamu 10 ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Reseller Barang Fashion Online

Reseller Fashion dan Aksesoris (Sumber: www.indiashopps.com)

Ide usaha sampingan untuk karyawan yang pertama adalah menjadi reseller barang-barang fashion yang dijual secara online. Dengan menjadi reseller barang fashion online, kamu tidak membutuhkan modal karena kamu akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain. Kamu bisa memasarkan barang daganganmu melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce. Update dan cek chattingan dari pembeli sebelum berangkat kerja, jam makan siang kantor, dan setelah jam pulang kerja. Dengan begitu waktu kerjamu sebagai karyawan tidak terganggu.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat Yang Mudah

2. Jual Racikan Kopi

Usaha minuman kopi memang sedang laris manis dan banyak diminati anak muda. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha sampingan untuk karyawan ini. Tidak perlu membuka kedai kopi, kamu cukup berjualan racikan kopi milikmu sendiri sehingga pembeli tinggal menyeduhnya saja. Cobalah untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang enak. Kalau perlu, kamu bisa kursus barista terlebih dahulu agar memahami dengan benar cara meracik kopi mulai dari memilih biji kopi, memanggang, meracik, hingga menyeduhnya. Jual racikan kopi dalam bentuk sachet sehingga cukup untuk porsi satu orang.

3. Bisnis MLM

Multi Level Marketing (Sumber: www.mlmnewsreport.com)

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) memang sempat booming beberapa tahun yang lalu. Tapi ternyata bisnis ini masih banyak peminatnya hingga sekarang karena bisa dijadikan sebagai usaha sampingan untuk karyawan. Bisnis MLM merupakan jenis bisnis yang sistem pemasarannya menggunakan sistem berantai atau berjenjang. Jadi kamu diharuskan untuk menjual sebuah barang tertentu yang kemudian dari hasil penjualan tersebut, kamu akan diberikan komisi mulai dari 5-10%.

Penghasilanmu tidak hanya terpaku pada hasil penjualanmu saja, tapi juga penjualan anak buahmu. Di sinilah rantai MLM bekerja. Semakin banyak kamu memiliki anak buah, maka komisi penghasilanmu akan terus bertambah. Beberapa contoh bisnis MLM ternama di Indonesia yang bisa kamu ikuti adalah Oriflame, Tupperware, Herbalife, Sophie Martin, dan masih banyak lagi.

4. Broker Properti dan Kendaraan Bermotor

Bisnis properti dan kendaraan bermotor memang sangat menjanjikan karena memiliki komisi yang lumayan besar. Coba saja kamu bayangkan kalau jatah komisimu 1% dari harga jual properti Rp500 juta, maka uang komisi yang bisa kamu dapatkan adalah Rp5 juta. Supaya pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terbengkalai, maka kamu bisa menjadi broker properti dan kendaraan bermotor secara online. Dengan menjadi broker online, maka kamu bisa mengerjakan usaha ini dari mana saja dan kapan saja karena waktunya bisa disesuaikan di luar jam kantor. Hubungi perusahaan properti dan showroom kendaraan bermotor untuk menjalin kerjasama sebagai agen resmi.

5. Jasa Penerjemah Freelance

Translator Freelance (Sumber: meritalk.com)

Kamu termasuk orang yang memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Korea, Italia, dan lain sebagainya?  Manfaatkan kemampuanmu ini untuk membuka jasa penerjemah freelance. Layanan penerjemah freelance ini bisa berupa translate dokumen kantor, surat kerjasama, makalah, berita, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Kenakan tarif yang dihitung berdasarkan kata, misalkan saja untuk 1 lembar dengan 500 kata, tarif yang dikenakan adalah Rp100 ribu. Kamu bisa mulai menawarkan jasa penerjemahmu ke penerbit atau situs portal berita.

Baca Juga : Usaha Modal Kecil Yang Cocok Untuk Para Millennials

6. Jasa Desain Grafis

Kita dianugrahi keahlian agar bisa menjadikannya keuntungan. Jika kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka manfaatkanlah keahlianmu ini untuk membuka jasa desain grafis yang menerima pembuatan desain untuk logo, banner, kemasan produk, poster, kartu nama, kartu undangan pernikahan, kaos sablon, dan lain sebagainya. Supaya kamu bisa memiliki pelanggan yang banyak, maka promosikan hasil desainmu melalui instagram pribadi supaya orang bisa melihat sebagus apa karya desain yang telah kamu buat.

7. Pembuatan Blog dan Website

Membuat Blog dan Website (Sumber: aploqtranslations.com)

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini keberadaan blog dan website bukanlah hal yang asing lagi. Penggunaan blog dan website tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang. Hal seperti ini tentunya bisa kamu gunakan sebagai peluang usaha sampingan untuk karyawan. Tidak perlu modal yang banyak, kamu cukup mengandalkan laptop atau komputer, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT.

8. Rental Kamera

Berfoto tampaknya sudah menjadi hobi para generasi milenial. Sekarang kamera digital atau kamera DSLR bukan lagi milik fotografer profesional. Dari fenomena ini, kamu bisa mengambil peluang usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka rental kamera. Tidak hanya kamera saja yang bisa kamu rentalkan, tapi juga peralatan fotografi lainnya, mulai dari tripod, filter, lensa, tudung, dan lain sebagainya. Khawatir merentalkan kamera karena takut rusak? Untuk menyikapi hal ini, kamu bisa menerapkan sistem deposito sebagai jaminan. Jadi nantinya calon peminjam harus memberikan sejumlah dana deposito terlebih dahulu. Jika nantinya ada kerusakan pada kamera atau perangkat lainnya, maka kamu bisa memotong langsung biaya perbaikan dari dana deposito yang telah disetorkan tersebut. Tapi jika tidak ada kerusakan apapun, maka dana deposito akan dikembalikan 100%.

9. Menyewakan Perlengkapan Naik Gunung

Perlengkapan Naik Gunung (Sumber: gearpatrol.com)

Tidak hanya rental kamera dan peralatan penunjang fotografi saja, kamu juga bisa menyewakan perlengkapan naik gunung karena tidak semua orang memiliki peralatan naik gunung yang lengkap. Perlengkapan gunung yang bisa disewakan mulai dari ransel gunung, jaket untuk mendaki, tenda, senter, tongkat gunung, handy talkie, sampai perlengkapan untuk memasak seperti kompor portabel, spirtus, gas, panci, dan lain sebagainya. Untuk promosinya, kamu bisa mulai menawarkan kepada komunitas pecinta alam.

Baca Juga : Perusahaan Ini Siap Bayar Mahal Buat Orang-Orang Yang Ingin Berlibur

10. Bisnis paket wisata

Terakhir ada usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka bisnis paket wisata. Saat ini bisnis travel memang sedang laris manis. Inilah yang bisa kamu lirik menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan. Kamu bisa mulai membuat paket wisata, baik itu dalam dan luar negeri. Supaya lebih menarik, tawarkan paket wisata untul solo traveling, honeymoon, hingga rombongan. Jangan lupa untuk mengajak kerjasama perusahaan travel, hotel, dan juga maskapai penerbangan agar kamu bisa mendapatkan diskon atau komisi.

Ajukan Pinjaman Online untuk Tambahan Modal Usaha

Tunai Kita (Sumber: tunaikita.com)

Membuka usaha sampingan untuk karyawan dibutuhkan modal terlebih dahulu. Lantas bagaimana jika dana yang ada di tabungan masih kurang? Kamu bisa mengandalkan pinjaman online untuk tambahan modal usaha. Ajukan pinjaman online melalui aplikasi TunaiKita yang sangat mudah dan cepat prosesnya. Syarat mengajukannya hanya dibutuhkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti  BCA, Mandiri, BRI, BNI, Danamon, Bank Mega, dan Bank Permata. Dana pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor 10 hari hingga 180 hari.

Lalu bagaimana cara mengajukan pinjamannya? Pertama-tama kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita di PlayStore lalu melakukan registrasi dan login. Setelah itu kamu harus mengisi data diri dan mengupload dokumen persyaratan terlebih dahulu, baru kemudian memilih nominal pinjaman dan masa tenor yang diinginkan. Kalau semua langkah tersebut sudah dilakukan, maka kamu tinggal menunggu pengajuan diproses. Jika pengajuan diproses, maka dana akan cair dalam hitungan 1-3 hari kerja.

Semoga salah satu ide usaha sampingan untuk karyawan di atas ada yang cocok denganmu sehingga bisa kamu jadikan sebagai usaha nantinya. Selamat membuka usaha sampingan Sobat!