10 Peluang Usaha Rumahan Online yang Mudah Menjalankannya

Memiliki usaha sendiri menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena keuntungan yang didapat lumayan banyak. Buat kamu yang ingin membuka di rumah, TimiKimi punya rekomendasi peluang usaha rumahan online yang bisa kamu pilih. Yuk, cek langsung di sini!

Ada banyak sekali orang yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha. Hal ini dikarenakan profesi sebagai pengusaha tidak hanya bisa membuat diri kita bangga, tapi juga ada keuntungan yang berkali lipat yang didapat sehingga penghasilanmu bisa melebihi gaji karyawan.Tapi untuk menjadi seorang pengusaha, pastinya ada banyak hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu, mulai dari memilih usaha yang tepat dan sesuai dengan keinginan, menyiapkan modal usaha, membuat produk, mengelola keuangan, hingga melakukan evaluasi supaya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar.

Kendala terbesar ketika akan membuka usaha adalah biaya sewa tempat atau sewa toko. Berhubung sekarang sudah serba canggih, maka para pengusaha lebih memilih untuk membuka usaha online yang dijalankan dari rumah alias usaha rumahan online. Dengan begitu, mereka bisa menghemat biaya pengeluaran usaha dan mengalokasikan dananya untuk biaya produksi. Usaha rumahan online ini bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari karyawan, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Alasannya adalah karena usaha rumahan online bisa dijalankan kapan saja, tergantung dari cara kamu mengatur jam operasionalnya.

Baca juga: Trik Cerdas Supaya Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Tidak Gulung Tikar

10 Peluang Usaha Rumahan Online

Ada banyak sekali peluang usaha rumahan online yang bisa dipilih, tapi dari semuanya, TimiKimi memilih sepuluh peluang usaha rumahan online yang bisa kamu lirik, yaitu:

1. Kopi Sachet Racikan

Meracik Kopi (istockphoto.com)

Saat ini sedang tren kopi yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Nah, kamu harus bisa memanfaatkan fenomena ini sebagai peluang usaha rumahan online. Kamu bisa menjual kopi racikan dalam bentuk sachet atau sekali pakai sehingga pembeli hanya tinggal menyeduhnya saja. Tapi pastinya kamu harus mempelajari cara meracik kopi dengan benar supaya hasil racikanmu terasa enak dan digemari oleh pelanggan. Lakukan percobaan beberapa kali dan bagikan tester kepada teman atau keluarga untuk mencicipinya terlebih dahulu sebelum dijual.

2. Makanan Beku

Selanjutnya ada usaha makanan beku atau frozen food yang masuk dalam jenis usaha makanan. Bagi ibu rumah tangga yang pintar memasak, tentunya usaha ini bisa sekaligus menyalurkan hobi. Berbeda dengan usaha katering yang memakan waktu cukup banyak, usaha frozen food ini tergolong lebih mudah dilakukan karena kamu tidak perlu memasak setiap hari. Kamu bisa membuat frozen food seperti nugget, bakso, sosis, dimsum, dan lain sebagainya. Tapi untuk menjalankan usaha ini, pastinya kamu harus punya freezer yang besar.

3. Camilan Kemasan

Selain usaha makanan beku, kamu juga bisa membuka usaha camilan kemasan. Jenis camilan kemasan yang banyak laku di pasaran adalah keripik serta kacang-kacangan. Tak berbeda jauh dengan makanan beku, kamu tidak perlu setiap hari membuat camilan kemasan. Untuk menjalankan usaha ini, modal yang dibutuhkan terbilang cukup banyak karena kamu harus membeli mesin pengemas makanan supaya kerenyahan dari camilanmu akan tetap terjaga.

4. Kue Kering

Bisnis Kue Kering (ramesia.com)

Jika memiliki keahlian untuk membuat kue, maka manfaatkan saja untuk dijadikan lahan usaha kue kering. Apalagi sebentar lagi momen bulan puasa akan tiba dan pastinya akan ada banyak orang yang mencari kue kering untuk lebaran. Buat menu dalam bentuk paket sehingga orang akan memesan lebih dari satu jenis kue. Tawarkan melalui sosial media kepada teman-teman serta keluarga dekat terlebih dahulu. Supaya tidak kewalahan, kamu bisa membatasi orderan maksimal tiga kali seminggu.

5. Tanaman Hias

Usaha tanaman hias saat ini sedang menjadi tren karena tanaman hias tidak lagi diletakkan di luar rumah, melainkan di dalam rumah sehingga bisa membuat suasana di dalam rumah jadi lebih sejuk dan asri. Supaya membuat tampilannya menjadi lebih menarik, maka kamu bisa menggunakan pot yang berwarna-warni dengan desain yang unik. Jangan cuma menjual tanaman hias saja, tapi kamu juga bisa menjual tanaman bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai hiasan ruangan.

Baca juga: Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

6. Rental Kamera

Rental Kamera dan Aksesoris (www.adorama.com)

Berfoto tampaknya sudah menjadi hobi para generasi milenial. Sekarang kamera digital atau kamera DSLR bukan lagi milik fotografer profesional. Dari fenomena ini, kamu menjadikannya peluang usaha rumahan online dengan membuka rental kamera. Tidak hanya kamera saja yang bisa kamu rentalkan, tapi juga peralatan fotografi lainnya, mulai dari tripod, filter, lensa, tudung, dan lain sebagainya.

7. Bantal dan Boneka Karakter

Selanjutnya ada peluang usaha rumahan online bantal dan boneka karakter yang memiliki pasar tersendiri. Tapi bukankah sudah banyak yang menjual bantal dan boneka karakter? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meski sama-sama berbisnis bantal dan boneka karakter, tapi kamu bisa membuat milikmu jadi lebih unik. Misalkan saja bantal dan boneka karakter milikmu hanya memiliki tema makanan dan minuman saja. Meskipun ada yang berwujud tokoh atau katakter, pastinya harus ada kaitannya dengan makanan. Misalkan saja Doraemon yang sedang menyantap dorayaki.

8. Kerajinan Vintage dan Pop Art

Usaha Barang Vintage (tokobarangantik.blogspot.com)

Kerajinan vintage dan pop art memang sedang naik daun karena saat ini orang sangat suka mendekorasi rumah mereka supaya tampil apik dan instagramable seperti yang ada di kafe serta restoran ternama. Kamu bisa membuat kerajinan seperti pajangan hingga dekorasi yang bertema vintage dan pop art. Untuk menarik minat calon pembeli, jadikan pajangan tersebut sebagai dekorasi rumahmu lalu foto dan bagikan di sosial mediamu.

9. Pembuatan Website dan Blog

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini keberadaan blog dan website bukanlah hal yang asing lagi. Penggunaan blog dan website tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang. Hal seperti ini tentunya bisa kamu gunakan sebagai peluang usaha sampingan untuk karyawan. Tidak perlu modal yang banyak, kamu cukup mengandalkan laptop atau komputer, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT.

10. Reseller Pakaian dan Aksesoris

Bisnis fashion dan aksesoris (youngemirates.com)

Peluang usaha rumahan online yang terakhir adalah menjadi reseller pakaian dan aksesoris. Dengan menjadi reseller pakaian dan aksesoris, kamu tidak membutuhkan modal karena kamu akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain. Pasarkan barang daganganmu melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Tak Punya Modal untuk Membuka Usaha Rumahan Online, Ini Solusinya!

Usaha Rumahan (umbrella.data.naturalint.com)

Meski usaha rumahan online ini tergolong tidak terlalu rumit dijalankan, tapi tetap saja kamu membutuhkan modal awal untuk bisa menjalankannya. Lantas bagaimana kalau tidak punya modal? Jika kamu butuh tambahan dana untuk usaha, pinjaman online bisa menjadi solusi tepat untuk masalahmu. Tak perlu takut terlilit hutang karena jika kamu melakukan perhitungan secara matang dan selalu rutin menyisihkan pendapatan dari bisnismu untuk membayar cicilan per bulan, maka pinjaman online bisa berjalan dengan lancar.

Pinjaman online ini merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh perusahaan fintech melalui aplikasi atau website. Salah satu penyedia pinjaman online yang sudah dikenal oleh masyarakat adalah TunaiKita yang bisa memberikan dana pinjaman untuk bisnis rumahan ibu rumah tangga milikmu hingga Rp20 juta. Jangka waktu cicilan yang diberikan maksimum bisa mencapai 180 hari atau 6 bulan.

Untuk cara mengajukan aplikasi pinjaman online TunaiKita ini, kamu cukup menyiapkan syarat KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Tidak sulit bukan caranya? Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa memilih salah satu peluang usaha rumahan online yang cocok untukmu dan bisa mendapat pinjaman dana untuk usahamu nanti. Semoga usahamu berjalan dengan sukses!