10 Usaha yang Menjanjikan Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Menjelang Hari Raya Idul Fitri pengeluaran untuk berbagai macam kebutuhan pasti akan membengkak sehingga dana THR terkadang tidak mencukupi. Untuk menyikapinya, kamu bisa membuka usaha yang menjanjikan menjelang lebaran. Apa saja peluang usahanya? Kita cek langsung yuk!

Di bulan Ramadhan, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, semua pengeluaran pasti akan membengkak hingga dua kali lipat karena ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari keperluan dapur untuk membeli bahan makanan yang bergizi, kue kering, hingga hantaran untuk keluarga. Selain itu masih ada keperluan untuk membeli baju lebaran dan juga biaya mudik ke kampung halaman. Dengan banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan, pastinya isi kantongmu akan jebol. Bisa-bisa dana THR yang sudah turun pun bisa habis dalam waktu satu hari.

Sebenarnya kita bisa saja menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan dan lebaran. Hanya saja kita tidak ingin momen yang datang hanya satu kali setahun tersebut menjadi tidak nikmat hanya karena dana yang dimiliki kekurangan. Jika kamu tidak bisa lagi mengirit pengeluaran, solusi cerdasnya adalah dengan membuka usaha yang menjanjikan. Jika kamu membuka usaha, maka pastinya akan ada penghasilan tambahan yang dimiliki olehmu sehingga dana yang dimiliki untuk lebaran nanti menjadi bertambah.

Baca juga: Bisakah Usaha Modal 1 Juta Untuk Buka Bisnis Kue Kering Lebaran? Coba Kita Cek!

10 Ide Usaha yang Menjanjikan Menjelang Lebaran

Jika ingin membuka usaha yang menjanjikan menjelang lebaran, TimiKimi akan membantumu dengan memberikan beberapa rekomendasi ide usaha yang bisa kamu jalankan, yaitu:

1. Usaha Baju Muslim

Usaha yang Menjanjikan Jelang Lebaran (www.lehautdupanier.com)

Menjelang hari raya lebaran, pastinya permintaan akan baju muslim akan semakin naik. Tentu saja hal ini dikarenakan baju muslim menjadi pakaian utama ketika nanti akan merayakan lebaran. Tak perlu membuka toko yang membutuhkan dana sewa tempat, kamu bisa berjualan baju muslim secara online,mulai dari baju muslim untuk pria, wanita, hingga anak-anak. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa berjualan baju muslim untuk keluarga sehingga segmentasi pasarnya jadi lebih luas. Jangan lupa untuk menawarkan harga paket jika membeli satu set baju muslim sekeluarga.

2. Jual Peralatan Shalat

Selain usaha yang menjanjikan di atas, ada usaha jual peralatan shalat yang sudah bisa dipastikan akan laris manis karena hampir semua orang akan membeli peralatan shalat yang baru untuk digunakan saat shalat Idul Fitri. Peralatan shalat yang bisa kamu jual seperti mukena, sajadah, baju koko, sarung, hingga peci. Seperti usaha baju muslim, saat menjual peralatan shalat ini, kamu bisa menjualnya secara paketan sekeluarga sehingga harganya bisa lebih murah dan menarik minat calon pembeli.

3. Jual Kue Kering

Kue Kering (www.dreamers.id)

Usaha yang menjanjikan berikutnya sudah pasti datang dari dunia kuliner dengan menjual kue kering kiloan. Ketika bulan Ramadhan, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan akan kue kering pasti akan meningkat pesat. Orang-orang membeli kue kering untuk disantap, diberikan kepada orang, hingga dijual kembali. Kamu bisa menjual kue kering seperti kastangel, nastar, puteri salju, semprit, dan lain sebagainya. Tapi pastikan kalau kue kering yang kamu jual ini enak dan harganya sangat terjangkau.

4. Usaha Parcel Lebaran

Selanjutnya ada bisnis parcel lebaran yang akan meningkat pemesanannya menjelang hari raya. Parcel yang kamu jual bisa berupa parcel yang isinya sembako, kue kering, snack, dan lain sebagainya. Bisnis parcel ini akan laris manis karena orang kebanyakan akan memberikan parcel bingkisan kepada klien atau kerabat dekat. Supaya suasana lebarannya lebih berasa, kamu harus menghias parcel yang dijual dengan tema lebaran seperti dominan warna hijau dan hiasan lebaran seperti ketupat mini.

5. Jual Ketupat dan Lauk Pauknya

Ketupat Lebaran (republika.co.id)

Lebaran sangat identik dengan kuliner ketupatnya. Lantas kenapa hal ini tidak kamu jadikan usaha yang menjanjikan untuk dijalani? Hampir sebagian besar keluarga di Indonesia lebih sering membeli ketupat matang untuk lebaran dibanding membuatnya karena proses pembuatan ketupat ini dianggap lama dan merepotkan. Kamu bisa menjual ketupat dalam bentuk matang bersama dengan lauk pauknya seperti opor, rendang, hingga sayur ketupat.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Melalui Internet Saat Bulan Ramadhan

6. Jual Daging dan Ayam Potong

Jika tak ingin menjual ketupat matang dan lauk pauknya, kamu bisa berjualan daging sapi dan ayam potong. Meski usaha ini terlihat sepele, tapi untung yang didapat tidak main-main jumlahnya karena menjelang hari raya, permintaan akan daging sapi dan ayam potong akan melonjak naik. Supaya harga daging dan ayam potong yang kamu jual tidak terlalu mahal, bekerjasamalah dengan peternak sapi dan ayam.

7. Usaha Jasa Bersih-bersih

Jasa Bersih-bersih (www.aca.co.id)

Berhubung lebaran sangat lekat akan budaya mudik, maka tak heran kalau hampir semua asisten rumah tangga pasti akan mudik ke kampung halaman mereka. Tentu saja hal ini membuat pemilik rumah merasa kerepotan mengurus rumah sendirian. Di sinilah dibutuhkan usaha jasa bersih-bersih. Kamu bisa menyediakan jasa bersih-bersih rumah dengan tarif per jam atau per ruangan.

8. Usaha Jasa Penitipan Hewan

Selanjutnya ada usaha jasa penitipan hewan. Bagi orang-orang yang memiliki peliharan dan harus mudik lebaran, pastinya mereka akan pusing harus ke mana menitipkan hewan peliharaan mereka, berhubung hewan peliharaan tidak bisa turut serta ikut mudik. Jadi mau tak mau mereka terpaksa harus menitipkan hewan peliharaan tersebut di jasa penitipan hewan. Di sinilah peluang usaha yang menjanjikan akan terbuka lebar untukmu.

9. Usaha Agen Tiket Mudik

Agen Tiket Mudik (agen.qtiket.com)

Menjelang lebaran, sudah pasti orang akan berburu tiket mudik lebaran. Peluang usaha yang menjanjikan ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Kamu bisa menjadi agen tiket mudik yang menawarkan jasa penyedia tiket untuk mudik. Tugas dari agen tiket mudik ini mulai dari mencarikan tiket dengan harga terjangkau untuk calon pembeli hingga memberikan konsultasi jam keberangkatan terbaik pada saat mudik.

10. Usaha Sewa Mobil

Terakhir ada usaha sewa mobil untuk mudik lebaran. Biasanya menjelang hari raya lebaran atau sekitar 1 minggu sebelumnya, orang yang tidak memiliki tiket mudik akan beralih pada sarana transportasi kendaraan pribadi seperti mobil. Tapi tak semua orang memiliki mobil pribadi sehingga langkah yang diambil sudah pasti menyewa mobil untuk mudik. Nah, kamu bisa menjadi agen sewa mobil mudik yang menawarkan mobil untuk mudik.

Baca juga: Cara Cari Uang Cepat Dalam 1 Hari Selama Bulan Ramadhan, Memangnya Bisa?

Tak Punya Modal untuk Usaha yang Menjanjikan? Pinjaman Online Bisa Jadi Pilihan Tepatmu

Pinjaman Dana (Sumber: www.tunaikita.com)

Kendala saat akan membuka usaha yang menjanjikan menjelang lebaran ini adalah tidak adanya modal yang dimiliki sehingga kita menjadi enggan untuk membuka usaha tersebut. Padahal ada solusi tepat yang bisa menjadi pilihanmu yakni dengan mengajukan pinjaman online melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang memberikan banyak keuntungan untukmu, yaitu:

  • Plafon pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta
  • Masa tenor hingga 180 hari
  • Syarat pengajuan hanya butuh KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal (BRI, BNI, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, Bank Danamon)
  • Aplikasi mudah digunakan
  • Proses pencairan dana cepat
  • Dana bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, pastinya kamu akan merasa diuntungkan. TunaiKita ini sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman karena selalu diawasi, mulai dari proses pengajuan, pencairan dana, penagihan, hingga pembayaran. Tapi ingat, kamu harus tetap membayat tagihan secara tepat waktu. Kalau bisa, sebelum hari raya lebaran, semua hutang cicilanmu sudah lunas sehingga kamu bisa berlebaran dengan hati yang tenang.

Semoga usaha yang menjanjikan milikmu berjalan dengan lancar dan bisa meraup keuntungan yang melimpah ya Sobat!