5 Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Proses Cairnya Cepat

aplikasi pinjaman online

Pinjaman online saat ini jadi lebih mudah diajukan melalui aplikasi. Tidak semua aplikasi pinjaman online aman digunakan. Simak trik cara memilihnya dan juga rekomendasi aplikasi pinjaman online yang bisa kamu pilih saat ini. 

Pinjaman online semakin marak dibicarakan belakangan ini. Siapa di antara kamu yang sudah pernah mengajukan pinjaman online? Pinjaman online merupakan pinjaman dana tunai yang cara pengajuannya bisa melalui website atau aplikasi. Berhubung bisa dilakukan secara online, maka sudah pasti kamu bisa mengajukannya di mana saja dan kapan saja dengan berbekal gadget dan jaringan internet. Jika dibandingkan, pengajuan melalui aplikasi memang lebih banyak dilakukan ketimbang pengajuan melalui website karena prosesnya jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Aplikasi pinjaman online bisa didapat dengan cara mendownload terlebih dahulu melalui PlayStore bagi pengguna smartphone android atau melalui AppStore bagi pengguna smartphone Apple. Aplikasi pinjaman online terbaik ini bisa didapat secara gratis alias kamu tak perlu mengeluarkan biaya saat mendownloadnya. Setelah berhasil mendownload, maka pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu supaya bisa login ke dalam aplikasi dan mengajukan pinjaman online.

Trik Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Aplikasi Pinjaman Online (www.chinability.com)

Tercatat saat ini ada puluhan lebih aplikasi pinjaman online yang ada di Indonesia, tapi tidak semuanya aman dan bisa dipercaya karena aplikasi pinjaman online sangat rentan terhadap resiko penipuan. Jadi supaya kamu tidak terkena resiko penipuan online, TimiKimi punya beberapa trik untuk memilih aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya, yaitu:

  • Sudah Terdaftar di OJK

Pertama, selalu pilih aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) karena aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, itu tandanya sudah mendapat pengawasan sehingga mereka tidak bisa bertindak curang atau merugikan peminjam. Jika ingin mengetahui updatean terbaru mengenai daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di alamat url www.ojk.go.id.

  • Memiliki Kantor Resmi

Selain melihat apakah aplikasi pinjaman online sudah terdaftar di OJK, trik lainnya adalah dengan melihat apakah aplikasi pinjaman online tersebut memiliki kantor resmi yang kerberadannya bisa kamu lacak melalui Google Maps. Keberadaan kantor resmi dari aplikasi pinjaman online ini sangat penting supaya jika terjadi resiko yang tidak diinginkan, kamu bisa klaim dengan mendatangi kantor resminya. Dengan begitu, kamu bisa percaya kalau aplikasi pinjaman online yang kamu pilih bukan pinjaman tipu-tipu alias pinjaman bodong.

  • Tidak Ada Syarat Uang Muka

Uang Muka (ediaindonesia.com)

Sebenarnya ada trik mudah yang bisa membuktikan kalau aplikasi pinjaman online terbaik yang kamu pilih itu aman dan terprecaya, yakni dengan melihat apakah mereka meminta syarat uang muka atau tidak. Jika pihak aplikasi pinjaman online meminta sejumlah dana untuk memuluskan pencairan dana pinjaman, maka sudah pasti mereka berniat untuk menipumu karena bagaimanapun juga tidak ada aplikasi pinjaman online yang mensyaratkan uang muka.

  • Tidak Meminta Data Perbankan

Selain tidak meminta uang muka sebagai syarat utama pencairan dana pinjaman, aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya tidak pernah meminta data perbankan milikmu. Ingat, mereka biasanya hanya meminta nomor rekening saja! Bukan data-data perbankan lainnya seperti nama ibu kandung, nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Jadi selalu waspada jika ada aplikasi pinjaman online yang meminta data perbankan milikmu.

Baca juga: Kenali Kentungan Vs Resiko Pinjaman Online Langsung Cair

5 Aplikasi Pinjaman Online yang Sudah Terdaftar di OJK

Otoritas Jasa Keuangan (Sumber: muslimobsession.com)

Masing kebingungan ingin memilih aplikasi pinjaman online mana yang aman dan terpercaya? TimiKimi punya lima rekomendasi aplikasi pinjaman online yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Kredit Pintar

Aplikasi pinjaman online yang pertama adalah Kredit Pintar yang memberikan pinjaman hingga maksimal Rp2 juta dengan jangka waktu cicilan hanya sampai 3 bulan saja. Syarat untuk mengajukannya cukup dengan menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan rekening bank atas namamu saja. Tapi kamu sudah harus berusia minimal 18-21 tahun jika sudah menikah atau 22-60 tahun jika sudah menikah. Aplikasi pinjaman online ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan dana dalam jumlah yang tidak banyak.

2. Cash Wagon

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online Cash Wagon yang bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta. Jangka waktu cicilan yang ditawarkan adalah 10 hari, 20 hari, dan maksimum hanya 30 hari saja. Sementara untuk syarat pengajuan aplikasi pinjaman online Cash Wagon adalah berusia 22 tahun hingga maksimum 60 tahun, karyawan atau profesional dengan penghasilan tetap. Tidak ada dokumen yang perlu kamu serahkan, kamu cukup mengisi informasi pribadi dan informasi rekening bank pribadi supaya penyedia pinjaman bisa melakukan transfer dana.

3. Tunaiku

Tunaiku Amar Bank (Sumber: tunaiku.com)

Aplikasi pinjaman online Tunaiku merupakan pinjaman yang diberikan oleh Amar Bank yang bisa didapat melalui aplikasi. Nominal pinjaman yang diberikan oleh Tunaiku Amar Bank ini mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan hingga 20 bulan. Syarat untuk mengajukan pinjaman Tunaiku Amar Bank adalah memiliki penghasilan minimum Rp2,5 juta, KTP, dan buku tabungan milik pribadi. Semua dokumen yang dibutuhkan ini bisa kamu foto atau scan terlebih dahulu supaya mudah diupload.

Baca juga: Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending Yang Aman Dan Terpercaya, Hati-Hati Penipuan!

4. Kredivo

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online dari Kredivo yang akan memberikanmu pinjaman dana mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor maksimum 12 bulan. Syarat untuk mengajukan pinjaman online Kredivo ini terbilang cukup banyak yaitu minimum memiliki penghasilan Rp3 juta, KTP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, kartu keluarga, rekening koran selama tiga bulan terakhir, dan tagihan listrik atau telepon rumah untuk membuktikan tempat tinggal.

5. TunaiKita

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Terakhir ada aplikasi pinjaman online TunaiKita yang sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2017. Ada dua jenis pinjaman online yang diberikan oleh TunaiKita, yakni Pinjaman Jangka Pendek dan Pinjaman Cicilan.Untuk pinjaman jangka pendek terbagi lagi menjadi dua yakni Pinjaman Sakti dan Pinjaman Fast yang menyediakan pinjaman dana mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta dengan jangka waktu cicilan 10-30 hari. Sedangkan untuk Pinjaman Cicilan juga terbagi menjadi dua yakni Pinjaman Sakti+ dan Pinjaman Premier+ yang memberikan dana pinjaman mulai dari Rp4 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan mulai dari 3-6 bulan lamanya.

Cara mengajukan aplikasi pinjaman online TunaiKita ini sangatlah mudah dan cepat. Cukup siapkan KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasi
  • Isi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Baca juga: Psst, Ini Bocoran Agar Pinjaman Online 24 Jam Langsung Diterima

Selalu Pertimbangkan dengan Matang dan Lakukan Perhitungan

Melakukan Perhitungan (www.thoughtco.com)

Apapun jenis aplikasi pinjaman online yang kamu pilih, selalu pertimbangkan keputusanmu dengan matang sebelum mengajukan pinjaman dan lakukan perhitungan yang matang supaya nantinya cicilan bisa dibayar tepat waktu setiap bulannya. Jika bingung bagaimana cara melakukan perhitungan, hitung saja 30% dari total penghasilanmu karena hutang yang sehat tidak boleh lebih dari 30% total penghasilan bulanan.

Jadi misalkan gajimu per bulan adalah Rp5 juta x 30% = Rp1,5 juta jumlah dana yang bisa disisihkan untuk membayar hutang. Jadi apabila saat ini kamu sudah memiliki hutang cicilan lainnya seperti cicilan KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) atau cicilan kartu kredit sebesar Rp1 juta, maka sisa dana yang bisa dipergunakan untuk membayar cicilan pinjaman online hanyalah Rp500 ribu. Jadi usahakan untuk mengambil pinjaman online yang cicilan per bulannya tidak melebihi Rp500 ribu supaya kamu bisa membayarnya tepat waktu setiap bulan.

Semoga dengan adanya informasi di atas bisa sangat berguna untuk untukmu ya Sobat!