Perayaan Hari Ayah memang tidak sepopuler Hari Ibu. Namun, tidak sedikit orang Indonesia yang merayakannya. 12 November merupakan hari dimana kita merayakan Hari Ayah untuk mengingat kembali perjuangan seorang ayah dalam membersarkan anaknya. Merayakan Hari Ayah dapat dilakukan dengan berbagai cara, Sobat. Nah, berikut ini 5 cara spesial yang bisa kamu lakukan di Hari Ayah.

Selain ibu, ayah juga punya hari spesialnya, lho. Yup, 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah di Indonesia. Hari itu dirayakan untuk mengingat kembali perjuangan seorang ayah dalam membesarkan anaknya. Keberadaan ayah juga penting untuk keluarga. Ayah adalah tulang punggung, pelindung, dan sandaran keluarga. Maka, Hari Ayah Nasional dijadikan momen untuk menghormati ayah atas segala jasa-jasanya. Sebenarnya, seluruh dunia merayakan Hari Ayah, hanya berbeda tanggal saja. Mengapa?

Sedikit flashback tentang Hari Ayah. Hari Ayah bermula dari kisah Sonora Smart Dodd, wanita Amerika Serikat yang dibesarkan oleh sang ayah seorang diri. Sejak dibesarkan oleh ayahnya, Sonora belum pernah memberi apresiasi kepada ayahnya. Awalnya, Sonora ingin perayaan digelar pada tanggal 5 Juni, hari ulang tahun sang ayah. Namun, perayaan ditunda ke hari Minggu, 19 Juni 1910 atau Minggu ketiga di bulan Juni. Sejak itulah Hari Ayah dirayakan setiap Minggu ketiga bulan Juni di 13 negara.

Di Indonesia sendiri, Hari Ayah Nasional lahir dari inisiatif paguyuban Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada 2014, PPIP memperingati Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah, dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Seusai acara, para peserta mengajukan pertanyaan, ”Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”

Setelah melalui kajian panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku kumpulan surat pemenang sayembara dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Susilo Bambang Yudhoyono (presiden saat itu) dan bupati di Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah, kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal kecil untuk ayah seperti memberikan ucapan selamat dan terima kasih atas semua kerja kerasnya. Perayaan lain yang dapat dilakukan bisa kita contoh dari cara yang dilakukan di berbagai negara. Dalam rangka Hari Ayah Nasional, kali ini TunaiKita akan memberikan beberapa ide yang bisa kamu lakukan di Hari Ayah. Apa saja? Simak ulasan berikut ini ya!

Baca juga: Makna Hari Pahlawan 10 November 1945 Bagi Millennials

5 Cara Spesial yang Bisa Dilakukan di Hari Ayah

1. Goodie Bag Kejutan

Pinterest

Ide goodie bag kejutan untuk ayah adalah sebuah tas yang berisi segala macam hal yang disukai ayah. Kamu bisa memenuhi tas tersebut dengan kopi kemasan yang biasa diminum ayah, snack favoritnya, hingga saus sambal yang selalu menemaninya saat-saat makan. Tapi, isi tas tidak terbatas dengan makanan saja, kamu juga bisa memasukkan alat pencukur kumis dengan teknologi terkini, dan album terbaru dari band favorit ayah. Dijamin, ayah pasti akan terenyuh ketika membuka isi tas, dan mengetahui betapa kamu menyayanginya dengan cara memberi perhatian sampai hal terkecil sekali pun.

2. Kartu Ucapan

Pinterest

Jika kamu tidak menyiapkan hadiah apa pun untuk Hari Ayah Nasional kali ini, ide kedua yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memberikan kartu ucapan untuk ayah. Kamu bisa membuat kartu ucapan sendiri dengan kreatifitasmu. Setidaknya buatkan kartu ucapan untuk pria yang telah berjasa untuk keluarga kalian. Membuat kartu ucapan tidak sulit dan bisa menggunakan bahan apa pun yang ada di rumah.

Selain ucapan kamu bisa menyelipkan beberapa bait puisi untuk ayah. Merayakan Hari Ayah dengan cara ini dilakukan di berbagai negara seperti di Amerika dan Inggris. Dengan cara ini, kita bisa mengungkapkan apa yang kita rasakan terhadap ayah melalui tulisan saat kata-kata sulit diucapkan.

Baca juga: Sejarah Hari Sumpah Pemuda Yang Tidak Boleh Kita Lupa

3. Membuat Makanan dan Minuman Kesukaannya

Veggie breakfast fry up (bbc.co.uk)

Hal yang satu ini tidak harus yang repot-repot, kok. Kamu bisa melakukan hal yang sederhana, seperti menyajikan kopi atau teh untuk ayah. Bedanya, cobalah untuk membuatnya benar-benar sesuai dengan selera sang ayah. Selain itu, kamu juga bisa membuatkan makanan kesuakaannya. Kalau memang makanan kesukaan ayahmu agak ribet, jangan ragu untuk meminta bantuan adik dan kakak untuk membantu membuatkannya untuk Ayah. Tak terlalu penting hasilnya, ayahmu pasti sangat menghargai setiap upaya yang kamu lakukan untuk membuatnya senang di Hari Ayah ini.

4. Ajak Ayah Melakukan Hal yang Disukai

Fun Father’s Day Activities Your Dad Will Enjoy in NC! (shop.renaldohonda.com)

Di Hari Ayah yang spesial ini, tidak ada salahnya kamu mengajak ayahmu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Seperti menonton film, memancing, melakukan beberapa permainan olah raga, berburu, atau hanya santai sore sambil menikmati kopi. Hal-hal sederhana seperti ini akan sangat berarti untuk ayah, karena ditengah rutinitas kerjamu yang padat kamu bisa meluangkan waktumu untuknya di Hari Ayah.

5. Foto Kenangan

How to Make a Father’s Day Scrapbook Page (www.hobbycraft.co.uk)

Zaman sekarang, orang sudah semakin jarang mencetak foto fisik untuk disimpan di album atau dipajang di dinding. Maka, bila ada orang yang sampai mencetak satu foto, maka gambar itu pasti berkesan sekali. Jadi, buat Hari Ayah kali ini, mengapa tidak mencetak foto spesial yang menunjukkan kebersamaan ayah dan anak saja? Memang, kamu harus meluangkan waktu mencari foto terbaik dari sekian banyak gambar yang tersimpan di memori.

Setelah mendapat gambar terbaik, kamu bisa mencetak dan membingkainya. Agar kado ini terasa spesial, kamu bisa memberikan hiasan atau ungkapan bahwa kamu sangat menyayanginya. Dijamin ayah pasti akan sangat tersentuh dengan hadiah yang kamu berikan, Sobat.

Baca juga: 7 Podcast Indonesia Ini Dijamin Bikin Hari Kamu Makin Menyenangkan

Selamat Hari Ayah Nasional, untuk seluruh ayah di Indonesia!

Happy Father’s Day

Anyone can be a father, but it takes someone special to be a dad, and that’s why I call you dad, because you are so special to me. You taught me the game and you taught me how to play it right.
Wade Boggs