Film horor merupakan salah satu genre film yang banyak diminati sebagian orang. Selain memacu adrenalin, alur ceritanya pun juga membuat kita penasaran. Nah, berikut ini TimiKimi akan membahas 5 film horor terseram sepanjang masa yang bisa kamu tonton. Simak yuk!

Film horor tentunya sudah memiliki ruang tersendiri di hati para pecinta film. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa film horor memiliki sensasi mencekam yang dapat memberikan rasa seperti diteror dan menyeramkan bagi para penontonnya. 

Walaupun merasa takut, tapi film horor justru membuat penontonnya ketagihan untuk terus menonton. Apalagi nontonnya bersama teman-teman, dijamin makin seru! Nah, berikut ini TunaiKita punya 5 rekomendasi film horor terseram sepanjang masa yang bisa kamu tonton bersama teman-teman. Apa saja? Cek di bawah sini ya!

Film Horor Terseram Sepanjang Masa

1. The Exorcist (1973)

‘The Exorcist’: Theater Review (www.hollywoodreporter.com)

Kalau ditanya film horor apa yang paling seram? The Exorcist sudah pasti ada di urutan pertama daftar film horor terseram sepanjang masa. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan William Peter Blatty ini berhasil meraup keuntungan finansial yang luar biasa dengan pendapatan diatas $440 juta dengan bujet yang hanya $10 juta dimana hasil tersebut menempatkan The Exorcist sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa. 

The Exorcist menjadi film horor pertama yang berhasil masuk di nominasi Academy Awards kategori film terbaik dan telah memenangi dua kategorinya. Ide dari penulisan buku The Exorcist sendiri terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi tahun 1949, di mana subjek utama seorang gadis berusia 12 tahun yang kerasukan makhluk halus dan ditangani oleh 2 orang pendeta.

Cerita berawal dari pastor Merrin (Max von Sydow) yang melakukan penggalian artefak kuno di daerah Nineveh, Irak. Dalam penggalian tersebut, ia berhasil menemukan patung-patung kuno iblis Pazuzu dari mitologi Babilonia, wujud dari iblis yang sebelumnya pernah ia kalahkan. Sementara itu, di Georgetown, seorang aktris terkenal bernama Chris MacNeil (Ellen Burstyn) harus menghadapi kenyataan bahwa putri semata wayangnya, Regan (Linda Blair) mengalami kejadian-kejadian aneh yang tidak bisa dijelaskan nalar.

Dokter awalnya mendiagnosis bahwa Regan mengalami neurological disorder. Namun kemudian ibunya menyangkal hal tersebut, karena Regan lebih menunjukkan bahwa psikologinya yang terganggu, salah satunya adalah dengan berkata-kata kotor. Yang lebih mengejutkannya lagi, sutradara sekaligus teman dari Chris, Burke Dennings (Jack MacGowran) tewas dari kamar tempat Regan berada. Hal tersebut kemudian menarik perhatian seorang letnan detektif Kinderman (Lee J. Cobb) untuk menyelidiki kematian Burke yang tidak wajar tersebut. Atas berbagai saran, Chris pun meminta bantuan pastor Damien (Jason Miller) untuk membantu menyembuhkan Regan dengan cara supranatural.

Sobat tahu nggak? The Exorcist rupanya juga tidak lepas dari kontroversi. Terutama pada castnya, Linda Blair, yang ketika itu masih anak-anak dan harus mengucapkan kata-kata vulgar demi tuntutannya dalam akting di film tersebut. Linda Blair sendiri mengaku bahwa ia tidak mengerti setiap kata-kata vulgar yang diucapkannya ketika berperan sebagai Regan.

Baca juga: 7 Podcast Indonesia Ini Dijamin Bikin Hari Kamu Makin Menyenangkan

2. Insidious (2011)

Insidious, Sinister, Jurassic Park Among Movies In Jump Scares Video (ew.com)

Insidious’ bisa dibilang merupakan salah satu film bergenre horor yang menarik perhatian dan laris di pasaran. Kesuksesan film tersebut membuat nama sang sutradara, James Wan semakin melejit. 

Film ini pertama kali dirilis pada 1 April 2011 di Amerika Serikat. Film ini menceritakan tentang keluarga Josh Lambert (Patrick Wilson) dan Renai (Rose Byrne) yang baru saja pindah ke rumah baru bersama anak-anak mereka. Salah satu dari anak mereka yang bernama Dalton (Ty Simpkins), memiliki kemampuan melakukan Astral Projection, suatu keadaan di mana rohnya keluar dari tubuh kemudian pergi ke alam lain yang disebut The Futher.

Roh jahat pun kerap mengganggu dan memberikan teror pada kehidupan keluarga mereka. Tujuannya adalah untuk mengambil alih tubuh Dalton agar si roh jahat bisa kembali hidup. Mereka dihantui oleh roh jahat yang disebut Red-Faced Demon dengan wajah berwarna merah.

Merasa tak sanggup menghadapi semua masalah, melalui ibu Josh, Lorraine Lambert (Barbara Hershey) memanggil seorang cenayang bernama Elise (Lin Shaye) yang akan membantu mengusir roh jahat. Tak hanya sendiri, Elise dibantu oleh dua orang asistennya, Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson).

Berbeda dengan film bergenre horror lainnya, Insidious tak hanya menyajikan ketegangan semata, tetapi juga menghadirkan adegan yang bisa mengundang gelak tawa ketika melihat tingkah laku dari Specs dan Tucker. Biaya produksi film berdurasi 102 menit itu sebesar USD 1,5 juta atau setara dengan Rp 20,1 miliar. Film itu berhasil meraup keuntungan sebesar USD 97 juta atau Rp 1,3 triliun dari penayangannya di seluruh dunia.

Berdasarkan ulasan dari situs yang menyediakan informasi tentang film dari seluruh dunia, Rotten Tomatoes, melaporkan bahwa 66 persen dari 164 orang memberikan respons positif terhadap ‘Insidious’, dengan nilai 6/10 terhadap film yang ditulis oleh Leigh Whannell itu.

Selain mendapat respons positif, film yang dibintangi oleh Patrick Wilson itu memenangkan dua penghargaan sekaligus dari Fright Meter Awards kategori Best Horror Film dan Best Supporting Actrees yang diraih oleh Lin Shaye.

3. Insidious Chapter 2 (2013)

Is ‘Insidious: Chapter 2′ making good on ‘Blair Witch’s’ promise? (www.latimes.com)

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2013, Insidious: Chapter 2 pun muncul.. Film ini masih disutradarai dan dibintangi oleh aktor dan aktris dari seri sebelumnya. Film yang dirilis pada 13 September 2013 itu menceritakan tentang kisah Josh yang mengalami hal serupa dengan anaknya. Ia dibantu oleh Elise untuk mengusir roh jahat tersebut. Dalam cerita pun mengungkap sosok roh jahat yang selama ini telah menghantui hidup mereka atau dikenal sebagai The Bride in Black yang menggunakan baju pengantin serba hitam.

Film dari rumah produksi Blumhouse Productions dan distributor FilmDistrict itu memiliki budget dan keuntungan yang lebih besar dibanding dengan film sebelumnya. Dengan budget USD 5 juta atau Rp 67,1 miliar, film Insidious: Chapter 2 berhasil meraup keuntungan dari penayangan seluruh dunia sebesar USD 161,9 juta atau setara dengan Rp 2,1 triliun. Namun, berdasarkan Rotten Tomatoes, 39 persen dari 111 orang memberi respons positif dan menyimpulkan bahwa sekuel film Insidious ini kurang menegangkan dan mengejutkan dibanding filmnya yang pertama.

Baca juga: 5 Film Yang Wajib Kamu Tonton Bulan Ini! Ada Penggemar Toy’s Story?

4. The Conjuring (2013)

Rumah ‘The Conjuring’ Siap Terima Tamu pada Akhir Tahun (www.cnnindonesia.com)

The Conjuring adalah hasil garapan sutradara Australia kelahiran Malaysia bernama James Wan (Insidious, 2011). Mirip dengan Insidious, The Conjuring menceritakan sebuah keluarga yang baru saja pindah ke rumah baru. Hanya saja tanpa mereka ketahui ada sesuatu yang janggal di rumah baru mereka. Perbedaan diantara keduanya adalah di film ini tokoh utamanya bukanlah keluarga yang dihantui, melainkan para pengusir hantunya. 

Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) adalah sepasang suami-istri yang berprofesi sebagai demonologist. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, the Warrens, sebutan mereka, merupakan demonologist yang terkenal. Beberapa kasus kerasukan atau gangguan evil entity mereka tangani, termasuk kasus Amityville Horror yang tersohor itu. 

Kisah yang diangkat di film ini adalah kasus yang dialami oleh keluarga Perron, yang mengalami gangguan di rumah barunya di Rhode Island. Kisah yang diangkat di film ini adalah pengalaman the Warrens yang katanya begitu malevolent sehingga baru diungkap belakangan ini.

Carolyn (Lily Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingstone) baru saja pindah ke rumah pedesaan impian mereka di Rhode Island bersama lima putrinya, yaitu Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (Mackenzie Foy), dan April (Kyla Deaver). Rumah yang mereka dapatkan dari lelang bank tersebut sedikit-sedikit mulai menampakkan kengeriannya. Dimulai dari ditemukannya ruang bawah tanah yang nampaknya disembunyikan oleh pemilik sebelumnya, kematian anjing peliharaan mereka, berhentinya semua jam tepat pada pukul 03:07, munculnya teman khayalan April yang bernama Rory, dan lain sebagainya. Perlahan namun pasti keluarga Perron merasa terancam. Gangguan yang awalnya tidak begitu terasa berubah menjadi sesuatu yang nyata. Hal ini membuat keluarga Perron ketakutan dan akhirnya meminta bantuan kepada the Warrens.

5. We Are Still Here (2015)

We Are Still Here (2015) – Review (manapop.com)

Sobat, jangan berpikir bahwa ini adalah film drama family murni. Memang, elemen ‘keluarga’ ada dalam film ini, bahkan itulah yang coba ditekankan sang sutradara, Ted Geoghegan, mengaku terinspirasi oleh Lucio Fulci yang dijuluki sebagai The Godfather of Gore. 

Dari situ, tentunya kamu sudah bisa menebak apa genre dari film ini. Ya, benar sekali, gory horror. Film ini cukup memberikan efek seram dan kaget bagi para penontonnya, ditambah penggunaan gaya old-school khas era 70-an, membuat nuansa lebih terasa suram. Film ini juga sangat hebat dalam membangun aura yang mencekam, sekalipun menggunakan setting yang tidak lazim. 

Anne (Barbara Crampton) dan Paul (Andrew Sensenig) pindah ke rumah baru yang terletak di New England, sebagai jalan untuk menghilangkan kesedihan setelah putranya, Bobby, meninggal akibat kecelakaan. Selama di rumah baru, Annie selalu merasakan kehadiran Bobby, meskipun Paul selalu mencoba menyangkalnya. Perasaan yang tidak tenang, ditambah cerita-cerita aneh dari warga sekitar, membuat Anne menghubungi sahabatnya yang memiliki kemampuan dalam menangani roh halus, May (Lisa Marie) dan suaminya yang seorang hippie, Jacob (Larry Fassenden). Semakin lama, kejadian buruk banyak mereka alami.

Penasaran kejutan-kejutan apalagi yang akan dirasakan Anne dan Paul? Langsung aja tonton We Are Still Here, Sobat. Kamu bisa menonton film ini bersama teman-temanmu, lho!

Baca juga: Sudah Tayang Di Bioskop! Ini Dia 7 Fakta Menarik X-Men: Dark Phoenix

Nonton Film Horor Jelang Halloween

Nah, Sobat itu dia 5 rekomendasi film horor 2019 terseram sepanjang masa versi TunaiKita. Sebelum Halloween kamu bisa menonton beberapa film horor di atas bersama teman-temanmu. Jangan lupa siapkan popcorn dan minuman dingin untuk menemani ya. Selamat menonton!