Sobat pasti pernah mengalami momen dimana kamu malas menyentuh tugas, sementara deadline sudah menanti. Bahkan mungkin kamu belum memulai tugas itu sama sekali. Nah, bagi kamu yang sering menunda pekerjaan, biasanya tugas akan selesai di menit-menit terakhir. Lalu, apa yang membuat kita sering menunda pekerjaan? Simak ulasannya di sini ya!

Kamu mungkin sering menunda-nunda pekerjaan dan malah menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu. Kamu bahkan mungkin heran sendiri kenapa selalu saja melakukan kebiasaan buruk ini, meski tahu saat tenggat waktu sudah dekat, akibatnya kamu pun akan kewalahan sendiri.

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dikenal dengan istilah prokrastinasi, yaitu perilaku menunda pekerjaan dengan sengaja, walaupun tahu bahwa hal tersebut dapat menghasilkan dampak buruk. Padahal kamu tahu apa yang harus dilakukan, kamu tahu deadline atau batas waktunya. Namun, kamu merasa tidak perlu memulainya dengan segera karena yakin semua akan terkendali.

Menurut pakar psikologi, beberapa jurnal penelitian mengklaim bahwa menunda pekerjaan juga bisa mempersulit atau bahkan membuatmu akan kejar-kejaran dengan waktu yang sangat singkat. Lantas, mengapa harus menunda-nunda pekerjaanmu? Apakah kamu terjebak dengan rasa malas dan lebih baik menonton YouTube untuk bersantai? Nah, berikut ini TunaiKita akan memberikan ulasan mengenai lima alasan yang kerap membuat dirimu menunda-nunda pekerjaan atau kegiatan penting lainnya.

Sering Menunda Pekerjaan? Ini Penyebabnya!

1. Stres

Living With Depression: How To Keep Working (www.nami.org)

Saat kamu sedang merasa stres, cemas atau gelisah maka sangatlah susah untuk bisa bekerja dengan produktif. Dalam situasi tersebut menunda pekerjaan sering kali menjadi salah satu pilihan yang sering dilakukan. Namun, ini bukanlah cara yang bijak mengingat hal tersebut hanyalah bersifat sementara. Menunda hanyalah menghilangkan sementara stres namun tidak menyelesaikan masalah dan juga malah membuat pekerjaan menumpuk.

Cara yang bijak adalah menghilangkan penyebab stres atau paling tidak menurunkan kadarnya kalau memang belum bisa dihilangkan secara total. Jika belum bisa dihilangkan secara total, cobalah sediakan waktu untuk melakukan hal-hal seru dan menyenangkan seperti pergi ke pantai, nonton bioskop, membaca buku, bersepeda, berenang, memancing, atau melakukan kegiatan yang merupakan hobi adalah salah satu untuk menyeimbangkan emosi kamu.

Baca juga: Quality Time Juga Butuh Modal, Yuk Pelajari Cara Kelola Dana Untuk Akhir Pekan!

2. Rasa Malas

Tujuh Alasan Anda Menunda Pekerjaan (www.qerja.com)

Rasa malas merupakan salah satu penyebab kamu sering menunda pekerjaan, Sobat! Terkadang seseorang menunda pekerjaan karena terlalu letih secara fisik dan emosi. Akibatnya kita mengambil waktu untuk istirahat sejenak. Nah, disinilah jebakannya. Ketika kita berhenti maka kecenderungan untuk bergerak lagi menjadi semakin berat karena hukum fisika menunjukkan bahwa sebuah benda yang berhenti cenderung lebih berat bergerak lagi dari pada kalau benda tersebut sudah bergerak walaupun perlahan.

Akibatnya adalah munculnya rasa malas untuk bertindak menyelesaikan suatu tugas. Ketika rasa malas muncul maka makin beratlah untuk memulai sesuatu karena telah berada di zona nyaman. Lalu, bagaimana mengatasinya? Bergeraklah dan jangan malas! Yuk, segera bangkit dan lakukan tugasmu! Kamu tentu tidak mau pekerjaanmu menumpuk dan tidak selesai, bukan?

3. Bukan Pekerjaan yang Darurat

Selain deadline, telepon darurat dari teman kantor, ataupun bayi yang menangis membuat diri kamu langsung sigap tanpa harus menunda. Akan tetapi kamu sangat susah untuk memprioritaskan pekerjaan yang menurutmu kurang darurat. Mulai dari membayar tagihan, mengerjakan tugas kuliah yang dikumpulkan seminggu kemudian, dan mengatur kebutuhan belanja. Hingga pada akhirnya pekerjaan yang tidak terlalu darurat menurutmu akan terbengkalai dan tertunda hingga hari tersebut hampir tiba. Jangan seperti ini ya, Sobat! Yang namanya pekerjaan, baik itu darurat atau tidak kamu tentu harus tetap mengerjakannya. Jika kamu terus menunda, itu tandanya kamu memiliki manajemen waktu yang buruk.

4. Scrolling Media Sosial

10 Innovative Ways of Using your Smartphone (www.lifehack.org)

Ketika pikiran sedang penat dan jenuh mulai datang saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan, biasanya kita tergoda untuk berbaring dan membuka media sosial yang kita punya. Aktivitas scrolling media sosial Facebook atau Instagram biasanya akan mengalihkan fokus kita ke hal-hal lain yang tidak penting, seperti gosip teman atau hiburan. Selain karena penat dan jenuh, notifikasi media sosial dari telepon genggam dapat menjadi pemicu aktivitas scrolling di media sosial yang tidak berkesudahan. Untuk itu, jika kamu sedang mengerjakan pekerjaan lebih baik jauhi smartphone kamu untuk sementara waktu ya!

Baca juga: Mengalami 7 Hal Ini? Tandanya Kamu Butuh Cari Pekerjaan Baru

5. Kurang Motivasi

Sobat pasti pernah mengalami sedikit rasa malas dan ogah-ogahan. Hal itu wajar jika dalam batas normal dan tidak sampai membuat kita menunda-nunda pekerjaan. Namun, jika kamu memiliki motivasi rendah dan merasa bahwa yang kamu kerjakan membosankan serta kurang bisa memuaskan batin walau mungkin uangnya banyak maka hal ini harus segera diatasi.

Selama motivasi yang kamu miliki masih rendah, maka kamu akan memiliki kecenderungan untuk menunda pekerjaan. Nah, agar tetap semangat dan termotivasi kamu bisa mencari manfaat atau keuntungan yang bisa membuatmu termotivasi untuk melakukan hal yang diperlukan. Atau kamu harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya bisa membuatmu merasa berharga, berguna , dan bergairah dalam hidup ini. Temukan tujuan hidup dan pekerjaan apa yang bisa memenuhi hal itu.

6. Kurang Disiplin

Walaupun motivasi yang kamu miliki cukup tinggi, namun seringkali kita tetap masih harus mengerjakan tugas yang kita kurang sukai tapi diperlukan. Dalam situasi seperti ini maka disiplin diri memegang peranan penting sebagai pendukung motivasi diri. Jika disiplin kamu rendah, maka penundaan akan menyelinap masuk dan menguasai diri kita.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar meniatkan diri untuk menyelesaikan tugas, tidak peduli apakah itu menyenangkan atau tidak. Tanamkan dalam diri bahwa justru hal-hal yang tidak enaklah yang akan membuatmu sukses. Memang mudah mengerjakan hal-hal yang disukai, namun kesuksesan seringkali menuntut kamu harus mengerjakan hal yang kurang disukai namun diperlukan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

7. Perfeksionis

Living With Depression: How To Keep Working (www.nami.org)

Kamu adalah seorang perfeksionis, namun kamu memiliki standar tinggi untuk menyelesaikan tugas. Misalnya, jika kamu diberikan deadline untuk mengorganisir sebuah event, tetapi kamu menginginkannya dengan sempurna menurutmu. Pada akhirnya kamu akan keteteran hingga bisa membuat pekerjaan yang kamu tunda tersebut tidak sempurna. Hal ini disebut juga self-proclaimed perfectionist. Hal ini ternyata dimiliki oleh beberapa artis lho seperti Bruno Mars, Serena Williams, dan juga Beyonce lho, Sobat!

Baca juga: Jangan Benci Hari Senin! Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Senin Kamu Menyenangkan

Buang Rasa Malas dan Jangan Menunda!

Jika kamu ingin berhenti menunda sesuatu, lebih baik kamu pikirkan baik-baik apa yang akan terjadi kedepannya. Dengan memotivasi dirimu, seperti hasil yang akan kamu capai jika kamu tidak menundanya. Hal ini akan membuatmu berhenti untuk bermalas-malasan, mulai bangun dan menuntaskan semua pekerjaanmu.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk Sobat tidak menunda-nunda pekerjaan.