5 KTA Bunga Rendah untuk Ajukan Pinjaman Dana Tunai yang Cepat

kta bunga rendah

Pinjaman KTA seringkali dijadikan solusi dari permasalahan keuangan meski bunga yang diberikan terbilang cukup tinggi. Tapi ternyata ada beberapa KTA bunga rendah yang bisa kamu andalkan. Di bank mana sajakah itu? Coba kita cek bersama!

KTA yang merupakan kepanjangan dari kredit tanpa agunan merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh bank tanpa kamu perlu memberikan agunan atau jaminan sebagai syarat peminjamannya. Tentu saja hal ini memudahkan orang-orang yang tidak ingin menggadaikan asetnya atau tidak memiliki aset. Kredit tanpa agunan ini hanya disediakan oleh bank selaku penyedia pinjaman.

Kelebihan lainnya dari KTA selain tidak memerlukan agunan adalah proses pencairannya yang cukup cepat jika dibanding jenis pinjaman lain dari bank seperti kredit multiguna, kredit kendaraan, kredit pemilikan rumah, dan lain sebagainya. Selain prosesnya cepat, plafon dana yang diberikan juga terbilang cukup besar karena bisa mencapai ratusan juta. Tapi sayangnya bunga pinjaman KTA terbilang lebih tinggi jika dibanding pinjaman lainnya.

Jenis Bunga yang Ada Pada Pinjaman KTA

Bunga yang Dikenakan (Sumber: theunaustraliandotnet.wordpress.com)

Dalam pinjaman KTA, secara umum, bunga yang dikenakan ada dua, yaitu:

1. Bunga tetap

Bunga tetap alias fix rate adalah bunga yang angkanya tidak berubah dari awal hingga akhir masa tenor cicilan. Jumlah bunga sudah diberitahukan dengan pasti oleh pihak bank dan nantinya akan disepakati oleh peminjam. Bunga tetap memiliki tiga perhitungan bunga yakni bunga flat, bunga efektif, dan bunga anuitas.

Baca juga: Menghitung Pinjaman KTA Online Yang Simpel Dilakukan, Ikuti Caranya Yuk!

Kelebihan dari bunga tetap adalah kamu bisa menghitung secara pasti berapa dana cicilan yang harus kamu keluarkan sampai akhir masa cicilan. Ditambah lagi, jika bunga di pasaran sedang naik, jumlah bunga cicilanmu tidak akan terpengaruhi. Tapi sayangnya, kalau bunga di pasaran turun, bunga cicilanmu juga tidak akan turun.

2. Bunga mengambang

Bunga mengambang atau floating rate adalah bunga yang mengikuti suku bunga di pasaran. Jadi jumlah bunga per bulannya tidak bisa dipastikan karena tergantung dari suku bunga pasar. Jadi jangan kaget kalau tagihan bunga di bulan depan tak sama dengan bulan ini. Biasanya untuk pinjaman dana tanpa jaminan, bank akan menetapkan sistem bunga tetap di tahun pertama sampai tahun kedua atau ketiga, sedangkan untuk tahun-tahun setelahnya diterapkan sistem bunga mengambang.

5 Bank yang Memiliki KTA Bunga Rendah

KTA (www.ktadbsbandung.com)

Seperti yang sudah dikatakan di atas, pinjaman KTA memiliki bunga yang terbilang cukup tinggi. Tapi ternyata ada juga KTA bunga rendah yang diberikan beberapa bank di bawah ini!

1. Standard Chartered

Bank pertama yang menyediakan pinjaman KTA bunga rendah 2019 adalah Standard Chartered. Bank ini menawarkan KTA dengan bunga flat 0,98% per bulan untuk pengajuan kredit di atas Rp125 juta. Untuk peminjaman dana di bawah Rp125 juta dikenakan bunga Rp1,29%. Maksimum plafon pinjaman yang diberikan adalah sebesar Rp300 juta dengan masa tenor cicilan hingga 60 bulan. Proses persetujuannya hanya memakan waktu 3 hari kerja, jika semua persyaratan dokumen sudah dipenuhi. Syarat yang diajukan adalah WNI (Warga Negara Indonesia), berpenghasilan minimal Rp13,5 juta per bulan dan memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp8 juta.

2. KEB Hana Bank

Hana Bank (cermati.com)

Tak hanya Standard Chartered saja yang menawarkan KTA bunga ringan, KEB Hana Bank menawarkan bunga flat 0,95% per bulan dengan plafon pinjaman hingga Rp200 juta dan masa tenor maksimal 36 bulan. Untuk syarat yang harus kamu penuhi adalah berstatus karyawan dengan penghasilan minimal Rp3,5 juta per bulan, dan memiliki kartu kredit dengan limit Rp6 juta. Jika tak ada kartu kredit, kamu bisa melampirkan slip gaji asli atau rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa BI Checking, Memangnya Ada?

3. Bank DBS Indonesia

Ingin mendapatkan pinjaman KTA bunga rendah dengan proses yang cepat? Kamu bisa mengajukan ke Bank DBS Indonesia karena di bank ini, pengajuan akan diproses hanya dalam waktu 2 hari kerja. Plafon pinjaman maksimal yang diberikan hingga Rp300 juta dengan jangka waktu cicilan hingga 36 bulan. Bunga yang diberikan adalah bunga flat 0,88% per bulan untuk plafon pinjaman di atas Rp200 juta, bunga flat 0,95% untuk pinjaman antara Rp125 juta-Rp200 juta, dan bunga 1,29% untuk plafon pinjaman KTA dengan bunga rendah di bawah Rp125 juta. Persyaratan yang harus kamu penuhi adalah memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan atau Rp5 juta untuk wiraswasta dan profesional, memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp6 juta.

4. Panin Bank

Panin Bank (bisnis.com)

Pinjaman KTA bunga rendah yang diberikan oleh Panin Bank memiliki bunga dengan kisaran 0,68% untuk plafon pinjaman di atas Rp200 juta dan untuk pinjaman di bawah Rp200 juta akan dikenakan bunga 0,88%, sedangkan pinjaman di bawah Rp100 juta dikenakan bunga 1,20%. Untuk maksimum plafon yang diberikan adalah sebesar Rp300 juta dengan masa tenor 36 bulan. Jika ingin mendapatkan pinjaman dana tanpa jaminan ini, Panin Bank mensyaratkan kamu memiliki penghasilan minimum Rp5 juta per bulan dan memiliki kartu kredit minimum 1 tahun.

5. MayBank

Pinjaman KTA bunga rendah dari MayBank menawarkan bunga flat 0,99% per bulan untuk nasabah payroll dengan plafon pinjaman yang diberikan maksimum Rp250 juta. Jika kamu bukan nasabah payroll, maka bunga yang dikenakan adalah bunga flat 1,49% per bulan dengan plafon pinjaman maksimum Rp150 juta. Syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki masa kerja minimal 1 tahun untuk karyawan dengan penghasilan minimal Rp2,5 juta per bulan, sedangkan untuk wirausaha dan profesional harus memiliki masa kerja minimal 2 tahun dengan penghasilan minimal Rp4 juta. MayBank tidak mensyaratkan kamu untuk memiliki kartu kredit.

Pinjaman KTA Bunga Rendah Ditolak? Ajukan Pinjaman ke Sini Saja!

Indonesian Rupiah (bwbx.io)

Perlu kamu ketahui kalau kendala terbesar saat mengajukan pinjaman KTA adalah kemungkinan pengajuanmu ditolak karena hampir sebagian besar pengajuan KTA rata-rata mengalami penolakan. Alasan penolakannya sangat beragam, bisa karena tidak memenuhi syarat, dokumen tidak lengkap, hingga tidak lolos BI checking. Lantas kalau pengajuan KTA bunga rendahmu ditolak oleh bank bagaimana? Tenang saja Sobat karena masih ada pinjaman online yang bisa kamu andalkan.

Baca juga: Pengajuan Pinjaman KTA Bisa Langsung Disetujui Jika Kamu Ikuti 5 Hal Ini!

Tapi kamu tak boleh asal memilih pinjaman online.  Pilihlah pinjaman online yang aman dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) seperti TunaiKita. TunaiKita adalah salah satu penyedia pinjaman yang berbasis online karena proses pengajuannya dilakukan melalui sistem aplikasi. Jadi kamu harus mendownload dulu aplikasinya di PlayStore atau AppStore supaya bisa mengajukan pinjaman. Plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan masa tenornya hingga 180 hari (6 bulan). Sedangkan syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI.

Berhubung TunaiKita sudah terdaftar di OJK, maka semua prosesnya akan diawasi oleh OJK mulai dari proses pengajuan, pencairan, hingga penagihannya sehingga aman dan kamu bisa terhindar dari resiko penipuan. Nah, tunggu apalagi! Segera ajukan pinjaman melalui TunaiKita sekarang juga!