5 Pinjaman Mudah yang Bisa Diandalkan untuk Buka Bisnis Ramadhan

Pinjaman Mudah

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang sangat bagus untukmu membuka bisnis. Tapi untuk membuka bisnis, pasti harus ada modal dana yang dikeluarkan. Kalau tidak punya dana, berikut ada pinjaman mudah yang bisa kamu andalkan. Mari kita lihat bersama!

Ketika datang bulan Ramadhan, ada dua fenomena unik yang terjadi pada masyarakat Indonesia yakni fenomena mudik lebaran ke kampung halaman dan fenomena pedagang musiman. Kedua fenomena ini memang selalu terjadi saat bulan Ramadhan. Fenomena pedagang musiman selalu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Buat kamu yang ingin menambah penghasilan di bulan penuh berkah ini, bagaimana kalau kamu membuka bisnis sampingan saat bulan Ramadhan? Ada banyak ide bisnis yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadhan, mulai dari bisnis kue kering, bisnis takjil, bisnis baju muslim, bisnis penitipan hewan, bisnis sewa mobil, dan masih banyak lagi.

Tips Cerdas Berbisnis Ramadhan Agar Bisa Lancar

Supaya bisnis ramadhan bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya kamu menerapkan beberapa tips dari TimiKimi di bawah ini!

  • Hitung Modal dengan Teliti dan Cermat

Melakukan Perhitungan (Sumber: okeinfo.net)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghitung modal yang dibutuhkan dengan teliti dan cermat. Modal menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan karena jika kekurangan modal, maka usaha tidak akan bisa berjalan dengan baik. Jadi selalu hitung dengan cermat berapa modal yang dibutuhkan!

Baca juga: Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

  • Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Bisnis

Berhubung bisnis ini termasuk bisnis sampingan, maka kamu wajib memisahkan antara rekening milik pribadi dengan rekening untuk bisnis. Tak jarang uang bisnis terpakai untuk keperluan pribadi karena rekening tercampur. Jadi mulai sekarang pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis sehingga arus kas masuk dan keluar bisa dikelola dengan baik.

  • Lakukan Evaluasi Setiap Minggu

Bisnis Modal Kecil (www.verticalresponse.com)

Melakukan evaluasi sangat penting dilakukan supaya ketika ada sesuatu yang salah seperti produk tidak sesuai dengan permintaan pasar atau pendapatan tidak memenuhi target harian, maka kamu bisa langsung memperbaikinya dengan mengubah kemasan produk, mengganti cara promosi, atau memberikan penawaran yang menarik.

  • Pergunakan Media Sosial dan e-Commerce Sebagai Pemasaran

Berhubung bisnis yang dijalankan tipenya adalah bisnis sampingan, maka dana modal yang dimiliki juga sangat terbatas. Oleh karena itu, manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk milikmu. Kamu juga bisa bekerjasama dengan e-commerce supaya jangkauan pasarmu jadi lebih luas lagi. Tapi ingat, jika bekerjasama dengan e-commerce, maka akan ada komisi yang harus kamu berikan. Biasanya berkisar antara 10-20% dari harga jual produk.

5 Pinjaman Mudah untuk Modal Bisnis Ramadhan

Plafon Pinjaman (Sumber: okezone.com)

Jika dana untuk modal bisnis masih belum ada, lebih baik kamu mengajukan pinjaman mudah dan cepat agar bisnis ramadhan bisa segera dijalankan. TimiKimi punya lima rekomendasi pinjaman mudah untuk kamu pilih, yaitu:

1. Pinjam Mudah dari Teman dan Kerabat

Untuk pilihan penyedia pinjaman mudah untuk bisnis yang pertama adalah melalui teman dan kerabat dekat. Kamu bisa mengajak teman dan kerabat dekatmu untuk menanamkan modal pada usaha yang akan kamu jalani. Tawarkan sistem kepemilikan saham. Jadi mereka juga berhak atas keuntungan yang akan kamu dapat nantinya dari menjalankan usaha tersebut. Sebelum meminjam modal pada teman dan kerabat dekat, buat proposal yang rinci mengenai usaha yang ingin kamu jalankan.

2. Pinjaman Mudah dari KUR

Jika pinjaman mudah dari teman atau kerabat dekat tidak didapat, kamu bisa mengajukan KUR atau kredit usaha rakyat yang bisa memberikan pinjaman modal kepada pelaku usaha mikro dan menengah. KUR bisa kamu dapatkan di bank-bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah. Untuk persyaratannya memang cukup banyak karena kamu membutuhkan KTP, NPWP, Kartu Keluarga, SIUP, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), dan rekening koran selama enam bulan terakhir.

Baca juga: Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

3. Pinjaman Mudah dari Modal Ventura

Modal Ventura (Sumber: dailysocial.id)

Selanjutnya ada modal ventura yang merupakan lembaga non bank yang bisa menyediakan pinjaman mudah syarat KTP untuk membuka usaha. Nantinya modal ventura ini akan memberikan modal kepadamu dengan persyaratan perjanjian kerjasama. Sebenarnya dasar sistem dari modal ventura ini sama saja dengan saham. Hanya saja, modal yang diberikan ini dari perusahaan ventura. Ada tiga jenis modal ventura yang bisa kamu pilih, yaitu equality financing yang memberikan pembiayaan langsung, semi equality financing yang memberikan pinjaman sebagian dalam bentuk saham dan obligasi, dan jenis terakhir adalah bagi hasil yang sejak awal sudah diberitahu berapa persentase pembagian hasil antara kamu dan perusahaan ventura.

4. KTA

KTA atau Kredit Tanpa Agunan ini memang cukup terkenal untuk dijadikan sebagai pilihan pinjaman mudah karena nominal pinjaman yang diberikan cukup besar. KTA menawarkan pinjaman dengan jangka waktu pinjaman hingga 60 bulan lamanya. KTA bisa kamu ajukan di bank dengan persyaratan utama KTP, NPWP, SIUP, rekening koran, dan kepemilikan kartu kredit. Peluang untuk mendapatkan pinjaman KTA ini memang susah-susah gampang karena adanya proses BI Checking terlebih dahulu untuk dapat melihat apakah kamu pernah menunggak kredit sebelumnya atau tidak.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

5. TunaiKita

Pinjaman Dana (Sumber: www.tunaikita.com)

Pinjaman mudah terakhir yang paling banyak diajukan untuk modal bisnis adalah pinjaman online dari TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk dana yang bisa didapat dari pinjaman TunaiKita bisa mencapai angka maksimun Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang bisa dipilih hingga mencapai 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuan dari pinjaman online TunaiKita sangatlah simpel. Kamu hanya memerlukan tiga syarat utama saja, yakni KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega. Setelah ketiga syarat pengajuan di atas sudah dipersiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Jika pinjaman sudah diproses dan diterima, biasanya dana akan langsung cair dan ditransfer ke nomor rekening pribadi yang sudah kamu berikan sebelumnya sehingga bisa langsung kamu gunakan untuk menjalankan bisnis saat bulan Ramadhan.