5 Tempat Berburu Takjil Favorit di Jakarta

Tidak terasa sudah memasuki hari ke-13 berpuasa. Masyarakat pun masih berlomba berburu takjil favorit untuk disantap saat waktu berbuka puasa. Takjil memang masih menjadi menu favorit setiap orang di bulan Ramadhan. Sembari ngabuburit, kamu bisa menemukan beragam pilihan takjil yang dijual di pinggir jalan.

Mencari takjil atau menu berbuka puasa memang menjadi cerita tersendiri di bulan Ramadhan. Terlebih lagi, untuk kamu yang tidak sempat mempersiapkan menu berbuka puasa. Ada banyak tempat untuk membeli berbagai macam menu takjil dan lauk pauk untuk berbuka puasa. Lalu, di manakah mencari takjil yang cukup beragam di Jakarta? Berikut ini TimiKimi punya rekomendasi tempat berburu takjil yang bisa kamu datangi.

Berburu Takjil Favorit di Jakarta

1. Pasar Benhil

Source: Google

Warga Jakarta pasti sudah banyak yang tahu tempat berburu takjil yang satu ini. Pasar kaget ini sudah ada sejak 11 tahun lalu, lho! Ya, bazar ramadhan Pasar Benhil, Jakarta Pusat, ada begitu banyak pilihan menu berbuka yang ditawarkan di sini, mulai makanan ringan hingga makanan berat, seperti kue lapis, sosis solo, panada, risoles, dimsum, lemper, kue lapis, martabak, kue jongkong, ikan bakar gurame, ikan kakap bakar, gudeg, dan sebagainya.

Jangan lewatkan pula berbagai macam pepes, mulai dari pepes tahu, pepes ikan mas, pepes tenggiri, ikan bilis, bubur kampiun durian, pempek, es cendol durian, es buah, biji salak, kolak pisang, dan masih banyak lagi. Nah, jangan lupa sore ini sambil kamu ngabuburit, mampir ke Pasar Benhil ya!

Baca juga: Diet Di Bulan Ramadhan? Ini Rekomendasi Menu Untuk Buka Puasa

2. Jalan Panjang

Source: Google

Jika kamu sedang berada di daerah Jakarta Barat, ada baiknya mampir ke Jalan Panjang Sobat. Tepatnya di kawasan Kebon Jeruk, menu berbuka puasa di sini dijamin tidak akan kamu temui pada hari-hari biasa. Pasalnya, warga sekitar menyulapnya menjadi pasar kaget yang menjual aneka panganan khas berbuka puasa.

Berbeda dengan pasar Benhil yang rapi, di Jalan Panjang terlihat semrawut. Jangan heran, kalau kemacetan jalan sudah menjadi ciri khas untuk menuju kawasan ini. Walaupun tidak seramai di Pasar Benhil, pasar kaget Jalan Panjang ini menyediakan cukup banyak makanan. Sebut saja biji salak, bubur sumsum, bubur kacang ijo, bahkan berbagai macam kue, seperti kue lapis, lumpia, pastel, risoles, serta tempe mendoan.

Tak hanya itu saja, olahan mie, bihun, kerupuk gendar pun jadi salah satu pilihan berbuka puasa yang patut dicicipi. Untuk pelepas dahaga saat berbuka puasa, kamu bisa mencicipi es buah, es pisang ijo, es dawet, ataupun sop buah.

3. Gandaria

Source: Google

Setelah area Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, Anda bisa sedikit bergeser ke area Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Jalan Gandaria. Tempat ini sangat identik dengan beragam penjual es kelapa muda, bahkan awalnya hanya satu atau dua pedagang. Namun kini, jangan heran bila mulai dari perempatan Rumah Sakit Gandaria hingga menuju Jalan Arteri Pondok Indah, sudah penuh oleh berbagai ragam jualan es kelapa muda.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Hal Ini Bisa Bikin Batal Dan Mengurangi Pahala Puasa

Berbagai menu berbuka berupa gorengan juga ditawarkan, mulai dari tahu, bakwan, tempe, kue panada, hingga kue lapis, kolak biji salak, es buah, sop buah. Jangan heran bila di wilayah ini tak banyak yang menyediakan berbagai menu makanan berat.

4. Kramat Raya

Bila kamu berada di kawasan Senen, Jakarta Pusat, mungkin bisa mampir ke Jalan Kramat raya, lebih tepatnya di dekat gedung bioskop Senen. Namun, makanan yang disajikan di sini lebih kepada kuliner khas Minang, Sumatera Barat. Makanan yang ditawarkan, mulai dari nasi kapau, bubur kampiun, lemang tapai, hingga srikaya telur. Nah, jika kamu perantau dari Minang, tempat ini cocok untuk kamu yang rindu akan masakan khas kampung tercinta.

5. Jalan Soka

Source: Google

Datangnya bulan suci Ramadhan memang menjadi bulan berkah bagi seluruh warga Jakarta, terlebih di wilayah yang menjadi pasar kaget. Salah satunya di kawasan Jalan Soka, kelurahan Rawa Badak, Jakarta Utara.

Untuk mencapai wilayah tersebut pun cukup mudah, letaknya tak jauh dari Pasar Ular Plumpang, Jakarta Utara. Meskipun tidak sebesar di Jalan Panjang maupun di area wilayah Jakarta lainnya, pasar kaget ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari menu takjil.

Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam  takjil, seperti gorengan, kue-kue basah, kolak, es, dan juga lauk pauk. Sebagian besar pengunjung di sini memang membeli makanan ringan, namun sebagian ada juga yang membeli lauk pauk, seperti pepes ikan, sambal goreng ati, ikan peda, oseng cumi-cumi, bandeng presto, ayam bakar, dan sate. Meskipun terletak di wilayah pinggiran Jakarta, pasar kaget Jalan Soka cenderung tampak rapi.

Baca juga: Rekomendasi Restoran Untuk Berbuka Bersama Keluarga Yang Bisa Menjadi Pilihan Kamu!

Berburu Takjil Lezat untuk Berbuka Puasa

Takjil tentu menjadi menu favorit banyak orang di bulan Ramadhan ini. Ada banyak tempat yang meyediakan takjil lezat yang bisa kamu pilih. Kira-kira apa takjil favorit Sobat TimiKimi? Jangan lupa mampir ke tempat-tempat yang sudah TimiKimi rekomendasikan ya. Selamat berpuasa!