5 Tempat Pinjaman Mudah yang Bisa Jadi Andalan Saat Terdesak Butuh Dana

pinjaman mudah

Saat butuh dana mendadak, kita pasti dipusingkan dengan mencari pinjaman mudah dan cepat. Tak perlu khawatir, TimiKimi punya beberapa rekomendasinya untuk kamu. Mari cek sama-sama yuk!

Siapapun pasti pernah merasakan sulitnya hidup ketika sedang membutuhkan dana. Biasanya ketika sedang butuh dana, tabungan menjadi salah satu andalan utama yang  bisa menolong. Tapi pada kenyataannya masyarakat Indonesia sangat jarang yang memiliki tabungan karena penghasilan yang didapat pas-pasan untuk mencukupi hidup. Kalau sudah begini pastinya kamu mau tak mau harus mengajukan pinjaman mudah.

Pinjaman mudah merupakan jenis pinjaman dana tunai yang bisa dengan cepat didapat dan bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja. Pinjaman mudah ini bisa kamu dapatkan di lima tempat yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Pinjaman Mudah KTA dari Bank

Jenis pinjaman mudah yang pertama adalah pinjaman tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama kredit tanpa agunan (KTA) yang diberikan oleh bank. Sesuai dengan namanya, jenis pinjaman ini tidak mensyaratkan agunan atau jaminan jika ingin mengajukan pinjaman sehingga kamu bisa tidak perlu repot-repot mencari aset yang bisa diagunkan secepatnya. Berhubung tidak ada agunan, maka proses pinjaman ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Rata-rata prosesnya hingga dana bisa cair berkisar antara 1-14 hari kerja, tergantung dari nominal pinjaman yang diajukan. Jika dana yang diajukan sedikit dan dokumen persyaratan sudah lengkap, maka dana bisa segera dicairkan.

Pinjaman mudah KTA bisa kamu dapatkan dari bank karena hanya bank yang menyediakan jenis pinjaman ini. Untuk syarat mengajukannya terbilang cukup banyak seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, rekening koran selama 3 bulan terakhir, dan kartu kredit aktif minimal 1 tahun penggunaan.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa BI Checking, Memangnya Ada?

2. Pinjaman Mudah KMG dari Bank

Mobil (www.thebalance.com)

Jenis pinjaman mudah berikutnya adalah pinjaman dengan agunan yang dinamakan kredit multiguna atau KMG yang dimiliki oleh bank. Berbeda dengan jenis pinjaman sebelumnya, pinjaman dana tunai dengan agunan ini mengharuskan kamu untuk memberikan agunan atau jaminan jika ingin mengajukan. Jenis agunan yang bisa diberikan berupa sertifikat rumah dan bangunan, sertifikat tanah, hingga BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor).

Plafon pinjaman yang bisa didapat rata-rata 70-80% dari nilai jual aset. Jadi misalkan saja nilai jual aset rumahmu adalah Rp300 juta, maka jumlah maksimal dana pinjaman yang bisa kamu peroleh adalah Rp210 juta hingga Rp240 juta.. Semakin tinggi nilai jual aset, maka semakin tinggi plafon pinjaman yang bisa kamu dapatkan. Sama seperti jenis pinjaman tanpa agunan, jenis pinjaman dengan agunan ini disediakan oleh bank. Untuk syarat-syaratnya tidaklah jauh berbeda. Hanya saja pada pinjaman dengan agunan, kamu membutuhkan syarat jaminan. Selain bank, ada penyedia pinjaman dengan agunan lain seperti Pegadaian.

3. Pegadaian

Gadai Emas di Pegadaian (klimg.com)

Pegadaian menjadi salah satu pinjaman mudah yang bisa kamu pilih. Untuk mengajukan pinjaman mudah di Pegadaian, kamu harus menggadaikan aset milikmu, baik itu berupa emas, sertifikat rumah atau tanah, BPKB, dan lain sebagainya. Untuk nominal pinjaman yang bisa diberikan tergantung dari nilai aset yang kamu miliki. Tapi biasanya nominal yang bisa dipinjamkan berkisar antara 70-80% dari nilai jual aset. Berbeda dengan produk kredit multiguna yang dimiliki oleh bank, pinjaman mudah dari Pegadaian ini prosesnya terbilang cukup cepat. Kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dalam jangka waktu 1-3 hari kerja saja.

4. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi (Sumber: Tribunnews.com)

Pinjaman koperasi seringkali menjadi tujuan masyarakat jika tidak bisa mendapatkan dana pinjaman dari bank. Jika kamu mengajukan pinjaman koperasi, tidak ada agunan yang perlu kamu berikan, tapi syarat utamanya adalah kamu harus terdaftar dulu menjadi anggota koperasi karena hanya anggota sajalah yang bisa mengajukan pinjaman di koperasi. Bunga yang diberikan pinjaman koperasi tergolong lebih rendah dibanding jenis pinjaman lainnya. Hanya saja, dana pinjaman yang bisa didapat tidak sebanyak jenis pinjaman lainnya karena sumber dana koperasi hanya berasal dari iuran anggotanya saja.

Syarat lainnya untuk mengajukan pinjaman koperasi adalah KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, kartu keluarga, dan rekening listrik atau PDAM sebagai tanda bukti tempat tinggal. Kamu bisa mengajukan pinjaman koperasi secara offline dengan datang langsung atau mengajukannya secara online. 

Baca juga: Ketahui 7 Kelebihan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair Sebelum Mengajukan

5. TunaiKita

Source: TunaiKita

Pilihan Pinjaman mudah yang terakhir adalah TunaiKita yang merupakan salah jenis pinjaman online yang berbasis aplikasi. TunaiKita sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga semua prosesnya diawasi. Plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan masa tenornya hingga 180 hari (6 bulan). Syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI.

Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita juga sangat mudah. Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tidak sulit bukan caranya?

Perhatikan Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Mudah!

Mendapatkan Pinjaman (medium.com)

Tapi sebelum kamu mengajukan pinjaman mudah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

1. Ajukan Pinjaman Seperlunya

Meskipun penyedia pinjaman mudah memberikan maksimum nilai pinjaman hingga puluhan dan ratusan juta, tapi bukan berarti kamu bisa mengajukan pinjaman sesukamu. Ajukan pinjaman uang seperlunya saja alias sesuai dengan kebutuhan. Mengajukan pinjaman yang berlebihan bisa menambah beban hutangmu jadi lebih berat.

2. Ambil Jangka Waktu Cicilan Semampunya

Jangka Waktu Panjang (www.myjewishlearning.com)

Hal berikutnya yang wajib diperhatikan adalah pengambilan jangka waktu cicilan. Semakin lama kamu mengambil jangka waktu, maka semakin sedikit ringan cicilan yang harus dibayarkan per bulan, tapi bunga yang dibayar semakin besar. Begitu pula kebalikannya. Jadi pikirkan dengan baik-baik jika kamu ingin mengajukan pinjaman mudah. Jika kondisi keuanganmu saat ini pas-pasan, maka lebih baik ambil jangka waktu cicilan yang agak lama supaya cicilan bisa dilunasi tepat waktu hingga selesai.

Baca juga: Jangan Ajukan Pinjaman Online Pribadi Sebelum Kamu Tahu Plus Minusnya

3. Lalukan Simulasi Perhitungan

Melakukan Perhitungan (www.thoughtco.com)

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan simulasi perhitungan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui sejauh mana kemampuan finansialmu untuk membayar hutang cicilan per bulannya. Jika merasa kesulitan melakukan perhitungan, kamu bisa menggunakan kalkulator perhitungan online.

Sekarang sudah tahu khan di mana saja tempat pinjaman mudah yang bisa kamu tuju dan apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukannya. Jadi, jangan sampai salah pilih pinjaman mudah ya!