6 Hal Boros yang Selalu dilakukan Millennials Setelah Gajian

Generasi Millennials dikenal dengan karakteristik yang unik sekaligus menantang. Tapi dibalik keunikan orang-orang yang menjadi bagian dari generasi millennials ini, ada kekurangan yang saat ini masih banyak dari mereka yang masih sulit dihilangkan yakni boros. Apa penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini ya! 

Sejumlah riset membuktikan bahwa orang-orang pada tahun ini berusia 20 tahun hingga 30 tahun sulit untuk berhemat atau boros, mengapa? Banyak generasi millennials yang rela menghabiskan uang mereka untuk memenuhi kebutuhan dari gaya hidupnya. Kebanyakan generasi millennials, masih memiliki gaya hidup yang boros dengan gengsi yang cukup tinggi, seperti nongkrong di cafe kekinian atau membeli gadget baru. 

Melihat fenomena ini, penasaran kan berapa biaya yang harus para generasi millennials habiskan dalam sebulan untuk memenuhi kebutuhan lifestyle mereka? Nah, selain nongkrong di cafe, berikut ini TunaiKita akan membahas hal-hal yang menjadi penyebab utama gaji bulananmu cepat habis. 

6 Hal Boros Saat Gajian yang Sering Millennials Lakukan

1. Kebiasaan Minum Kopi di Coffee Shop

Source: The Ultimate Cafe Opening Checklist (upserve.com)

Hal yang membuat boros saat gajian yang pertama yaitu kebiasan minum kopi. Kebanyakan millennials tidak bisa hidup tanpa kopi, tidak membeli kopi sehari saja rasanya hidup ada yang kurang. Nggak sadar kan bahwa kebiasaan membeli kopi membuat kamu boros. Hampir semua generasi millennials menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli kopi dari pada untuk menabung. 

Tuntutan kerja atau gaya hidup yang dihadapi para millennials mungkin membuat mereka sering membeli minuman di gerai kopi kesayangan. Sayangnya, hal tersebut membuat mereka mengesampingkan kebutuhan lain seperti tabungan pensiun. Padahal menurut penelitian tersebut, 41% millennial berusia 24 hingga 35 tahun merasa tidak yakin punya keuangan stabil saat di atas usia 65 tahun. 

Bayangkan saja, kamu harus keluar uang sekitar Rp15 ribu sampai Rp50 ribu setiap harinya untuk secangkir kopi. Kalau kamu coba kalikan 7 hari dalam seminggu, sudah berapa uang kamu yang keluar untuk membeli secangkir kopi? Lumayan banget kan hasilnya. Untuk menyiasati rutinitas beli kopi di Coffee shop kamu harus membiasakan diri untuk membuat kopi sendiri di kantor, pastinya akan jauh lebih hemat, bukan?

Baca juga: Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Pasangan Muda

2. Tergiur Promo

Source: Kumpulan Diskon dan Promo 17 Agustus 2019 (www.woke.id)

Belanja dengan promo atau diskon boleh saja, namun kamu harus sadar apakah yang kamu beli benar-benar kamu butuhkan atau hanya tergiur promo semata tanpa memiliki manfaat tersendiri. Tergiur dengan promo atau diskon ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang tidak disadari yang membuat kamu boros saat gajian apalagi hal ini sering dilakukan. Ada baiknya jika kamu ingin berhemat gunakan promo sesuai dengan kebutuhan baik itu promo makanan, minuman, promo belanja barang atau transportasi. 

3. Make Up dan Skin Care

Source: The Best Natural Skincare for Men (www.birchbox.com)

Tidak bisa dipungkiri bahwa wanita tidak bisa lepas dari yang namanya make up dan skin care. Banyaknya produk-produk kecantikan baru yang bertebaran saat ini sering kali membuat orang-orang khususnya wanita susah menahan nafsu mereka dalam berbelanja. Banyaknya inovasi produk kecantikan membuat orang-orang seakan-akan harus membeli dan mencobanya dan ujung-ujungnya menjadi ketergantungan.

Contohnya adalah banyaknya masker wajah yang menjadi tren saat ini, dengan berbagai feedback positif dari jenis skin care seperti kandungannya yang alami, mampu mencerahkan wajah secara cepat dan lain sebagainya membuat skin care satu ini tidak sulit meraih kepopuleran dikalangan wanita dari remaja sampai dewasa. Belum lagi berbagai macam produk make up dengan formula yang berbeda-beda, tentunya membuat para wanita penasaran ingin mencoba formula yang ditawarkan. Belum lagi harga make up dan skin care tidak bisa dikatakan murah, inilah salah satu penyebab kamu tidak bisa menghemat, Sobat. Untuk itu, belilah produk make up dan skin care yang kamu butuhkan saja, jangan boros saat gajian, ya!

Baca juga: Ingin Cepat Punya Rumah? Millennials Wajib Baca!

4. Belanja Barang Branded

Source: Top 7 Websites to Get Designer Brands for Less Onine (carmensluxurytravel.com)

Setiap orang pasti mempunya goal sendiri yang ingin dicapainya dengan penghasilan sendiri. Hal itu tentunya sangat wajar dan bisa menjadi positif jika tujuan hidup kamu itu bisa membuat kamu termotivasi untuk bekerja lebih keras lagi. Mulai dari keinginan untuk berlibur ke luar negeri, membeli mobil, atau bahkan salah satunya membeli barang-barang branded. Ini tentu membuat para millennials boros saat gajian. 

Mampu membeli barang branded setidaknya satu saja dari sekian merk yang ada dengan uang sendiri ternyata merupakan salah satu keinginan dari banyak orang yang telah berpenghasilan, lho! Boleh kok memiliki keinginan tersebut, kamu bisa memberikan reward untuk kerja keras kamu selama ini kedalam bentuk apapun. Tapi ingat ya, Sobat! Semua harus disesuaikan dengan budget dan jangan berlebihan. Boleh sekali-sekali kamu membeli barang dengan brand mahal baik itu pakaian atau makeup tapi bukan berarti kamu menjadikan itu kebiasaan bahkan menjadi kecanduan apalagi jika brand yang kamu maksud terbilang sangat mahal dan tidak sesuai dengan penghasilan bulanan kamu.

5. Selalu Ada Uang Cash Di Dompet

Source: Cek isi Dompet Anda, Pastikan Benda-Benda Berikut Ini Tidak Perlu Ikut Dibawa (www.harianaceh.co.id)

Hal yang membuat kamu boros berikutnya yaitu selalu menyiapkan uang cash di dompet. Nah, untuk menyiasatinya dan penting kamu lakukan terutama bagi yang kerap boros mengeluarkan uang. Biasakan membawa uang secukup di dalam dompet jangan terlalu berlebihan atau juga terlalu pas-pasan. Perhitungkan berapa banyak jumlah uang yang perlu kamu bawa di dalam dompet. Biasanya kalau kamu terlalu banyak membawa uang tunai di dalam dompet yang namanya nafsu buat belanja ada aja dan ini sering banget bikin kamu terlalu boros dalam mengeluarkan uang. 

6. Liburan/Travelling

Source: Travelling (www.hearinglink.org)

Liburan tentu penting untuk kamu lakukan untuk menyegarkan pikiran kembali dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Namun, jika kamu melakukannya secara berlebihan tentunya malah akan membuatmu jadi boros. Liburan atau travelling menjadi populer dikalangan para generasi millenial kebanyakan karena sosial media. Penggunaan sosial media yang tinggi membuat orang-orang tidak hanya menjadi lebih banyak tahu tapi juga menjadi lebih banyak ingin mencoba. Hobi travelling pun tumbuh di banyak orang karena melihat keseruan dan keindahan dari travelling yang banyak dibagikan melalui sosial media.

Tidak apa menjadikan travelling sebagai hobi, bahkan travelling pun sering disebut sebagai kegiatan yang positif terutama untuk menghilangkan stress. Tapi hobi travelling bisa menjadi negatif kalo kamu terlalu berlebihan. Kamu pasti sadar untuk travelling membutuhkan uang yang tidak sedikit dan terlalu sering melakukannya bisa menyebabkan pemborosan besar-besaran untuk penghasilan kamu.

Perilaku berlebihan dalam travelling ini bisa saja disebabkan bukan karena kamu stress bekerja lagi dan butuh hiburan tapi bisa jadi sudah mengarah ke arah ingin pamer karena terlalu adiktif dengan efek sosial media sehingga hobi pun sudah bukan menjadi alat untuk menghilangkan stress tapi malah menambah stress karena perilaku yang tidak sehat.

Baca juga: Budayakan Hidup Minimalis. Millennials Wajib Tahu 7 Keuntungannya

Jangan Boros, Sobat!

Nah Sobat, yuk mulai hidup hemat jangan sampai boros saat gajian menjadi karakter para generasi millennials. Atur keuanganmu agar lebih terkontrol jangan mudah tergiur dengan diskon apapun ya!