Bulan Desember menjadi bulan yang paling ditunggu. Setelah bulan November berakhir, kini bulan Desember masuk untuk menemani kita mengakhiri tahun 2019. Selain karena menjadi bulan terakhir di tahun 2019, ada banyak hari-hari penting lainnya. Bulan Desember ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan lho. Berikut usaha menguntungkan bulan Desember, simak ulasannya berikut ini ya. 

Banyak peluang usaha yang menguntungkan di bulan Desember. Tentu saja memanfaatkan momen-momen berbahagia di pengujung tahun. Di akhir tahun, ada momen Natal dan Tahun Baru. Bagi kamu yang jeli melihat peluang, bisa memanfaatkannya untuk meraup keuntungan besar dari usaha yang menguntungkan.

Selain itu, momen akhir tahun juga biasa digunakan untuk menghabiskan masa cuti. Banyak karyawan yang sengaja mengambil cuti untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri. Lalu, usaha menguntungkan bulan Desember apa saja yang bisa kamu manfaatkan?

Usaha Menguntungkan Bulan Desember yang Bisa Kamu Manfaatkan

1. Jual Penak-Pernik Natal

Bukan Sekadar Hiasan, Inilah Makna di Balik 9 Hiasan dan Pernak-pernik Natal, Nomor 9 Jadi Tradisi Setiap Tahun! (www.grid.id)

Natal merupakan momen sukacita bagi masyarakat pemeluk agama Nasrani. Umat nasrani merayakannya dengan beribadah, kumpul bersama keluarga, bertemu teman, dan bersenang-senang menikmati momen bersama keluarga.

Di momen ini, pernak-pernik Natal mulai diburu, mulai dari pohon natal, lampu-lampu hias, baju santa, topi santa, dan masih banyak lagi. Karena itu, berjualan pernak-pernik tersebut sangat menguntungkan. Kalau kamu tertarik, bisa membuatnya sendiri atau membelinya langsung dari distributor, lalu menjualnya via toko online!

Baca juga: 5 Bisnis Dengan Modal Kurang Dari 1 Juta Yang Cocok Untuk Pemula. Coba Yuk!

2. Jual Aneka Kue

Resep Kue Kering Khas Natal Mudah dan Praktis (www.tokopedia.com)

Dalam dua momen tersebut pastilah akan digunakan untuk berkumpul dengan keluarga besar. Untuk memenuhi kebutuhan makanan, kamu bisa berjualan aneka kue, baik kue basah atau kue kering. Selain itu, kamu juga bisa mulai mempromosikan bisnis kateringmu karena biasanya banyak yang tidak sempat mempersiapkan masakan untuk menyambut keluarga besar atau kerabat yang datang.

3. Jual Bouquet Bunga

6 Jenis Bunga untuk Hadiah Hari Ibu (outerbloom.com)

Selain perayaan Natal dan Tahun Baru, bulan Desember juga identik dengan perayaan Hari Ibu. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Ibu Nasional diperingati pada tanggal 22 Desember. Berjualan Bouquet Bunga bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan di bulan Desember. Ini karena Banyak orang akan akan memberikan hadiah untuk ibu tercinta. Bouquet adalah salah satu pilihan kado yang bisa diperikan kepada ibu di Hari Ibu. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan bisnis bouquet bunga, lumayan untuk uang tambahan akhir tahun, bukan?

4. Rental Kendaraan

Tips Liburan Menggunakan Rental Mobil (adipurarent.com)

Menjelang akhir tahun, bisnis yang berhubungan dengan travelling akan sangat menguntungkan. Ini karena banyak orang akan pergi berlibur entah bersama keluarga atau sahabat-sahabat. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa sewa kendaraan.

Kamu bisa menyewakan kendaraan berupa mobil atau motor. Selain itu jangan lupa juga sediakan jasa sopir yang akan mengantar para turis untuk berwisata. Bisnis kamu akan sangat laris karena pada musim liburan seperti akhir tahun akan lebih banyak turis yang datang ke tempat wisata.

Kamu juga harus mengetahui jalur menuju setiap tempat wisata di kotamu. Bekali juga dirimu dengan pengetahuan tentang harga tiket masuk (HTM) setiap wisata sekitarmu. Selain itu perlu juga untuk kamu ketahui tempat-tempat untuk membeli oleh-oleh karena kebanyakan turis akan membeli oleh-oleh khas daerah untuk dibawa pulang.

5. Jasa Tour Guide

Tips Terbaik Wisata di Saitama (www.jalan2kejepang.com)

Ada satu ide bisnis yang bisa kamu coba di bidang travelling yaitu menjadi tour guide. Agar bisa menjadi tour guide, kamu perlu belajar sejarah dan kebudayaan tempat-tempat wisata dan lingkungan sekitar tempat wisata tersebut. Kamu memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi tour guide untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ini merupakan bisnis yang menjanjikan sebab di musim liburan akhir tahun, volume wisatawan akan meningkat. Jika kamu berminat menjadi seorang tour guide untuk wisatawan mancanegara, kamu bisa harus mempersiapkan diri untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lancar.

6. Jual Pernak Pernik Tahun Baru

Malam Tahun Baru: Peluang Bisnis yang Dijamin Untung (www.rapikan.com)

Momen pergantian tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu masyarakat seluruh dunia. Mereka merayakannya dengan penuh suka cita, berkumpul bersama kerabat terdekat, sambil memandangi jam pergantian tahun.

Sama halnya dengan di luar negeri, di Indonesia sendiri momen Tahun Baru juga sangat meriah. Pesta kembang api di setiap sudut kota, bunyi terompet terdengar dari berbagai arah. Di momen yang spesial dan satu tahun sekali ini, kamu bisa melihat peluang usaha yang menguntungkan, yaitu menjual pernak-pernik tahun baru.

Kamu bisa menjajakan kembang api dan terompet sebelum pergantian tahun. Bisa dibikin sendiri atau membeli ke produsen lainnya. Setelah mendapatkan barangnya, kamu bisa menjual di sekitaran rumahmu.

Baca juga: Intip Peluang Usaha Rumahan Yang Bisa Dijalankan Sambil Menjadi Karyawan

Mau Usaha Tapi Gak Ada Biaya? TunaiKita Siap Bantu

TunaiKita

TunaiKita bisa menjadi pilihan sebagai solusi kebutuhan keuanganmu, terutama untuk kamu yang sedang bingung untuk mencari modal usaha. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor yang diberikan hingga 6 bulan. Proses pinjaman di TunaiKita pun cukup mudah dan cepat. Kamu hanya butuh mengupload foto diri langsung, Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, serta surat penghasilan atau slip gaji.

TunaiKita menyediakan beberapa produk pinjaman yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ada dua jenis pinjaman yang ada di TunaiKita yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis pinjaman jangka pendek dan cicilan terbagi lagi dari beberapa produk. Untuk pinjaman jangka pendek terdiri dari:

  • Pinjaman Jangka Pendek

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman jangka pendek, TunaiKita mempunyai pilihan pinjaman sesuai kebutuhan kamu. Untuk besaran nominal pinjamannya sendiri, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp400 ribu hingga Rp5 juta. Dengan tenor mulai dari 10 hari hingga 30 hari.

  • Pinjaman Jangka Panjang

Sedangkan pinjaman jangka panjang, TunaiKita mempunyai dua produk pinjaman yang bisa kamu pilih, di antaranya:

1. Sakti+

Jumlah pengajuan yang bisa kamu ajukan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Biaya jasa harian yang dikenakan 2,75% hingga 7,75%. Sama dengan produk jangka pendek kamu juga bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 2% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

2.  Premiere+

Produk berikutnya, jumlah pengajuan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Dengan biaya jasa harian yang dikenakan sebesar 3% hingga 8%. Dan kamu akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 3% yang berlaku untuk peminjaman selanjutnya.

Baca juga: Ide Bisnis Modal 5 Juta Untuk Kamu Fresh Graduate

Itulah 6 ide bisnis akhir tahun yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat menginspirasi Sobat untuk berbisnis. Selamat mencoba!