7 Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Bisa Hasilkan Miliaran Per Bulan

Siapa di antara kamu yang bercita-cita ingin menjadi youtuber ternama? Jangan sekali-kali meremehkan profesi youtuber ini karena penghasilannya bisa mencapai miliaran rupiah per bulan. Buat yang ingin menjadi youtuber, simak cara jitunya di bawah ini!

Di era yang sudah serba canggih ini, semua informasi bisa didapat dengan mudah cukup berbekal gadget dan internet saja. Tak hanya dari Google saja, tapi kamu juga mendapatkan beragam informasi dari situs Youtube. Youtube dikenal sebagai salah satu situs gratis untuk berbagi video kepada masyarakat luas. Berhubung situs ini sangat digemari, maka muncullah yang namanya Youtuber. Youtuber merupakan istilah atau sebutan untuk orang yang membuat video lalu mengunggahnya melalui situs Youtube. Video yang diunggah bisa berupa video tentang tutorial, interview, musik, jalan-jalan, unboxing, dan lain sebagainya.

Nantinya jika video yang ditayangkan dilihat banyak orang dan channelmu banyak pengikutnya, maka kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari Youtube. Inilah yang membuat para generasi milenial saat ini banyak yang memiliki cita-cita menjadi Youtuber ketimbang bercita-cita menjadi dokter, arsitek, polisi, dan lain sebagainya. Karena jika kamu perhatikan, penghasilan menjadi Youtuber ini angkanya sangat fantastis. Beberapa di antaranya bahkan ada yang mencapai angka ratusan juta hingga miliaran rupiah lho Sobat.

5 Youtuber Indonesia Ternama dengan Penghasilan yang Bikin Kamu Tercengang

Supaya bisa menginspirasi, bagaimana kalau kamu melihat dulu lima youtuber Indonesia yang penghasilannya bisa mencapai milyaran rupiah per bulan, yaitu:

1. Atta Halilintar

Penghasilan YouTuber Indonesia, Atta Halilintar (tribunnews.com)

Pertama ada raja Youtuber Indonesia yakni Atta Halilintar yang saat ini memiliki subscriber hingga 11.697.365. Dia merupakan anak pertama dari Gen Halilintar yang sosoknya sudah sangat dikenal oleh media massa. Isi konten dari channel Youtube pribadinya ini sangat beragam, mulai dari prank, kehidupan mewahnya, hingga interview. Per bulannya Atta bisa meraup penghasilan antara Rp600 juta-an hingga Rp9,9 miliar per bulan.

2. Ria Ricis

Ada raja Youtuber, pasti ada ratunya. Ria Ricis menjadi ratu Youtuber Indonesia dengan subscriber mencapai 10.628.564. Kemunculan Ricis menjadi Youtuber awalnya hanyalah iseng semata karena ia suka membuat video yang kemudian diunggahnya ke Youtube. Berhubung isi kontennya menarik masyarakat, maka video tersebut berhasil meraih banyak viewer. Konten Ria Ricis ada unboxing, review mainan, mukbang, interview, dan masih banyak lagi. Setiap bulannya penghasilan Ria Ricis antara Rp300 juta-an hingga Rp6 miliar .

3. Raditya Dika

Penghasilan YouTuber Indonesia, Raditya Dika (akamaized.net)

Berikutnya kamu pasti sudah menduga kalau nama Raditya Dika ada dalam daftar Youtuber teratas di Indonesia. Nama Raditya Dika sebagai Youtuber sukses memang sudah melekat sejak lama dan masih berjaya hingga sekarang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya subscriber yang mencapai 6.259.110 orang. Isi kontennya juga tidak kalah menarik dengan raja dan ratu Youtuber Indonesia di atas. Untuk penghasilan yang diraup Raditya Dika bisa mencapai Rp150 juta hingga Rp2 miliar per bulannya.

4. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Pasangan artis ternama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga masuk ke dalam daftar jajaran Youtuber ternama dengan penghasilan fantastis di Indonesia. Lewat channel Youtubenya yang bernama Rans Entertaiment, pasangan Youtuber ini sukses meraih pengikut hingga 5.334.410 subscriber. Kebanyakan isi konten yang disajikan oleh Rans Entertaiment adalah kehidupan keseharian keluarganya. Penghasilan per bulan yang bisa didapat oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina adalah Rp150 juta-an hingga Rp1,5 miliar.

5. Tobias Julian

Selanjutnya Tobias Julian yang terkenal di kalangan gamer karena ia sering menghadirkan konten berupa tips dan trik cara bermain games Mobile Legends. Meski channel yang bernama Jess No Limit baru dibuat pada tahun 2017, dalam kurun waktu 2 tahun subscribernya bisa mencapai 5.009.686 orang. Untuk penghasilan per bulannya yang ia dapatkan dari Youtube adalag Rp100 juta-an hingga Rp1 miliar.

Baca juga: 10 YouTuber Indonesia Berpenghasilan Fantastis, Siapa Saja Kah Mereka?

Cara Menjadi Youtuber Ternama

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube (behappytips.com)

Supaya bisa menjadi Youtuber dengan penghasilan fantastis seperti di atas, pastinya kamu harus memiliki banyak pengikut alias subscriber terlebih dahulu. Youtube memiliki syarat minimal minimal 1.000 dalam satu akun. Tak hanya itu saja, video yang kamu unggah harus memiliki setidaknya 12.000 penonton. Nah, untuk mendapatkan banyak pengikut yang menonton video-videomu, kamu harus menerapkan beberapa cara menjadi Youtuber yang ada di bawah ini:

1. Buat Akun Youtube yang Namanya Unik

Cara menjadi Youtuber yang pertama adalah membuat akun Youtube yang namanya sangat unik sehingga bisa menarik perhatian masyarakat. Berhubung kita bukanlah public figure yang namanya sudah terkenal, maka kamu perlu membuat nama akun channel Youtube yang menarik. Kamu bisa membuat nama akun berdasarkan mayoritas konten yang akan kamu buat. Dengan begitu, orang yang mengetahui channelmu akan langsung tahu konten video-video apa yang ada di dalamnya.

2. Membuat Akun Google AdSense

Cara menjadi Youtuber selanjutnya adalah membuat akun Google AdSense. Percuma saja kamu membuat akun Youtube dengan nama unik, tapi kalau kamu tidak membuat akun Google AdSense, maka tidak ada pundi-pundi uang yang masuk ke rekeningmu.Google AdSense memiliki peran untuk menyalurkan iklan-iklan dalam videomu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan bayaran atas iklan yang ditayangkan dalam videomu. Untuk bisa mengaitkan videomu dengan Google AdSense, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu dalam channelmu harus ada setidaknya tiga video original yang telah kamu upload.

3. Menentukan Target Penonton

Tentukan Target Penonton (www.thatchristianvlogger.com)

Selanjutnya adalah kamu harus menentukan target penonton yang akan dituju. Kita tidak bisa menyasar semua kalangan masyarakat karena nanti bisa membuat kita tidak fokus dalam membuat konten video. Misalkan saja kamu ingin membuat tutorial untuk menata rumah serta DIY membuat perabotan rumah, maka target penontonmu sudah pasti ibu muda atau generasi muda. Dengan menentukan target penonton juga bisa mempermudahmu menentukan gaya bahasa yang akan diambil. Misalkan penggunaan kata ‘aku’ atau ‘saya’ atau ‘gue’ dalam videomu.

4. Membuat Konten Video yang Berkualitas

Cara menjadi Youtuber adalah dengan membuat konten video yang berkualitas. Ada banyak Youtuber gagal yang diakibatkan karena mereka membuat video yang asal alias tidak berkualitas sama sekali sehingga membuat penonton malas menontonnya. TimiKimi akan memberikan beberapa konten video yang disukai oleh masyarakat seperti video tutorial, video list top 10 atau top5, video unboxing, video makan, video parodi, dan video tentang pengalaman alias experience.

5. Upload Video di Saat yang Tepat

Upload Di Saat yang Tepat (itspossible.gr)

Untuk menjadi Youtuber yang sukses, kamu harus memperhatikan momen alias waktu mengupload video sehingga banyak penonton yang menontonnya. Biasanya orang akan cenderung membuka Youtube pada saat jam makan siang, sore menjelang jam pulang kantor, dan malam hari. Waktu-waktu tersebut sangat cocok untuk mengupload videomu di Youtube.

6. Perhatikan Video yang Diupload

Tidak hanya waktu upload saja yang harus diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan video yang kamu upload. Apa empat hal yang wajib diperhatikan selain isi konten video, yakni judul video yang harus dibuat sesuai dengan SEO (Search Engine Optimization), gambar thumbnail yang menarik dan mewakili keseluruhan isi konten, deskripsi video yang singkat tapi memiliki keyword di dalamnya, dan yang terakhir adalah tag yang relevan dengan video. Jika keempat hal tersebut sudah kamu penuhi, maka video yang kamu unggah pasti akan cepat dilirik orang banyak.

Baca juga: Cicilan HP Tanpa Kartu Kredit Dengan TunaiKita, Simak Caranya!

7. Promosikan Video dengan Baik

Melihat Komentar di Youtube (Oketekno.com)

Cara menjadi Youtuber yang terakhir adalah dengan mempromosikan video yang sudah kamu unggah dengan baik. Bagi Youtuber pemula yang masih belum ada nama, untuk memberitahu masyarakat luas kalau ada video milikmu memang haruslah dengan cara mempromosikannya. Jadi rajin-rajinlah membagikan link ke berbagai sosial media milikmu. Tapi ingat, jangan terlalu sering melakukannya karena bisa dianggap spam di sosial media sehingga videomu bisa dibanned alias diblokir.

Itulah beberapa cara menjadi Youtuber yang bisa kamu tiru. Satu lagi nih Sobat, jangan lupa untuk selalu membaca dan membalas komentar dari penonton supaya kamu bisa lebih akrab dan dekat sehingga mereka bisa mengklik tombol subscribe. Selamat menerapkan cara-cara di atas dan semoga kamu sukses menjadi Youtuber ya Sobat!