7 Langkah Awal Agar Bisnis Online yang Menjanjikan Bisa Datangkan Untung

Banyak orang tergiur untuk menjalankan bisnis online yang menjanjikan karena mudah dijalankan. Tapi tidak semua bisnis online bisa dijalankan dengan baik. Jika salah langkah, maka bisnismu bisa gulung tikar. Supaya bisa sukses, TimiKimi punya beberapa langkah awal yang bisa kamu ikuti agar bisnis online berjalan dengan baik. Kita simak bersama yuk!

Di tahun 2019 ini semua hal bisa dilakukan secara online, mulai dari kegiatan perbankan hingga berbelanja. Indonesia tercatat sebagai negara dengan tingkat konsumsi yang cukup tinggi di dunia. Tak heran kalau ada banyak bisnis online yang menjamur, baik itu bisnis online yang dipasarkan lewat sarana website, e-commerce, hingga sosial media. Kemudahan berbelanja online bisa mendatangkan keuntungan bagi penjual dan juga pembeli. Bagi para calon pembeli, dengan berbelanja online mereka bisa menghemat waktu dan tenaga karena belanja online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Sedangkan untuk pelaku bisnis online, pasaran yang dijangkau bisa menjadi lebih luas. Ditambah lagi dana modal yang dikeluarkan bisa lebih hemat karena tidak perlu menyewa ruko atau toko. Inilah yang menjadi alasan kenapa bisnis online menarik banyak minat para calon pengusaha.

Tapi sayangnya, meski terlihat mudah untuk dilakukan, tidak semua pengusaha bisa mempertahankan bisnis onlinenya. Tak jarang mereka mengalami kerugian hingga akhirnya gulung tikar. Ini disebabkan karena persaingan bisnis online sangat ketat. Ditambah lagi jika mereka salah langkah saat memulai bisnis online, maka akan berujung pada kegagalan dalam menjalankannya. Ketika akan memulai, kamu memerlukan strategi supaya bisnis online yang dijalankan bisa bertahan lama. TimiKimi akan memberikanmu delapan langkah awal dalam menjalankan bisnis online yang menjanjikan, yaitu:

1. Pilih Bisnis Online yang Diminati Pasar

Bisnis Online (www2.bac-assets.com)

Langkah yang pertama adalah memilih bisnis online yang diminati pasar. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu harus melakukan riset dan survei terlebih dahulu. Lihatlah apa saja yang diperlukan oleh pasar atau orang-orang yang ada di sekitarmu. Misalkan saja, saat ini ada bisnis online yang menawarkan jasa belanja bulanan. Dengan adanya layanan tersebut, maka orang-orang yang sibuk bisa tetap belanja bulanan tanpa perlu repot-repot datang ke supermarket dan menenteng-nenteng belanjaan.

2. Inovasi Bisa Menjadikan Produkmu Unik

Bisnis Online (www.coxblue.com)

Setelah memilih bisnis online yang diminati pasar, kamu harus menjadikan bisnismu unik sehingga bisa dilirik banyak orang. Seperti yang sudah dikatakan di atas, persaingan bisnis online sangat ketat sehingga kamu harus menawarkan sesuatu yang berbeda agar bisa bersaing. Setelah bisnis online sudah berjalan, kamu juga harus terus melakukan inovasi atau menambahkan produk baru setidaknya satu bulan sekali. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa memiliki pelanggan tetap yang selalu menantikan kehadiran produk barumu.

Baca juga: Tips Menentukan Ide Bisnis Kreatif Yang Prospeknya Besar Di Tahun 2019

3. Tentukan Harga yang Bersaing

Jika diperhatikan, orang yang berbelanja online cenderung lebih pemilih karena mereka bisa membandingkan harga dari produk yang sama di penjual yang berbeda dengan cara yang mudah, cukup dengan berselancar di dunia maya saja. Inilah yang menyebabkan kenapa kamu harus menentukan harga produk yang mampu bersaing. Jika harga yang dipasang terlalu tinggi, meski produkmu memilih kualitas yang jauh lebih tinggi, orang pasti akan memilih produk yang sama dengan harga lebih rendah meski kualitasnya lebih rendah. Kenapa bisa demikian? Namanya juga belanja online, mereka tidak bisa meraba dan melihat langsung barang yang akan dibeli sehingga percaya 100% dengan foto produk dan kebanyakan foto produk sudah diedit sedemikian mungkin sehingga kualitasnya terlihat sama.

4. Lakukan Promosi yang Menarik

Bisnis Online (balboacapital.com)

Salah satu cara menarik calon pelanggan adalah dengan melakukan promosi yang menarik. Beberapa metode promosi yang sering digunakan dalam bisnis online adalah dengan menggunakan Google AdWords untuk memasang iklan. Tapi jika dana yang dimiliki sangat terbatas, maka kamu bisa melakukan promosi dengan cara memberikan promo seperti buy 1 get 1cashback, hingga potongan diskon pada momen-momen tertentu seperti pada saat hari raya dan tanggal merah.

5. Pergunakan Semua Media Sosial

Sosial Media (www.lyfemarketing.com)

Namanya juga bisnis online, kamu wajib memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produkmu. Pastikan untuk memposting di jam-jam yang tepat supaya tepat sasaran. Biasanya waktu yang tepat untuk memposting atau memasarkan produk media sosialmu adalah pada jam makan siang yakni pukul 12.00-13.00, jam pulang kantor 17.00-16.00, dan pada malam hari di pukul 20.00-22.00 karena pada jam-jam tersebut masyarakat lebih banyak yang menggunakan media sosial. Jadi jangan update di jam yang salah ya Sobat!

Baca juga: 10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!

6. Kerjasama dengan e-Commerce

Mengandalkan media sosial untuk memasarkan produk tidaklah cukup, kamu harus bekerjasama dengan e-Commerce. Ada banyak e-Commerce yang bisa kamu tuju seperti BliBli.com, Lazada.co.id, BukaLapak.com, Tokopedia.com, Shopee.co.id, dan lain sebagainya. Biasanya ada komisi yang harus kamu berikan kepada e-Commerce tersebut. Rata-rata komisi yang diberikan berkisar antara 10%-20%. Tapi saat bekerjasama dengan e-Commerce, baca dengan teliti ketentuan yang terdapat dalam perjanjian kerjasamanya.

7. Pelayanan yang Baik Bisa Menarik Pelanggan Tetap

Bisnis Online (www.fuzebranding.com)

Langkah terakhir adalah memberikan pelayanan yang baik kepada semua pelanggan. Pelayanan menjadi hal penting dalam berbisnis online karena jika pelanggan merasa pelayanan yang diberikan buruk, mereka bisa meninggalkan komentar tidak baik yang bisa membuat calon pembeli lainnya merasa enggan membeli produkatau menggunakan jasamu. Selalu balas chat calon pembeli dengan cepat dan berikan penjelasan yang jelas. Ingat, pembeli adalah raja! Jadi jangan bersikap kurang mengenakkan kepada calon pembelimu.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Pinjaman Online Bisa Jadi Solusi Modal Bisnis Online yang Menjanjikan

Bisnis Online (www.tangerine.ca)

Salah satu kendala utama ketika akan berbinis online adalah modal. Meski bisnis online yang menjanjikan tidak terlihat membutuhkan dana modal yang banyak, tapi tetap saja kamu harus menyiapkan sejumlah dana untuk membeli bahan baku, pulsa, dan pastinya gadget yang mumpuni supaya dapat menjalankan bisnis dengan baik. Disarankan untuk memiliki gadget dengan nomor yang berbeda untuk bisnis online supaya keperluan bisnis bisa dipisahkan dengan keperluan pribadi. Berhubung modal yang dibutuhkan jumlahnya cukup banyak, kamu bisa mengandalkan pinjaman online untuk tambahan modal bisnis online yang menjanjikan.

Di Indonesia ada banyak penyedia pinjaman online, tapi tidak semuanya bisa kamu pilih karena pinjaman online sangat rentan dengan resiko penipuan. Pilih pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman dan terpercaya. Salah satu penyedia pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah TunaiKita. TunaiKita ini bisa menyediakan pinjaman untuk modal bisnis online yang menjanjikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran cicilan paling lambat 180 hari. Syarat mengajukannya sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Mandiri).

Tunai Kita (Sumber: tunaikita.com)

Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita juga sangat mudah. Pertama-tama, kamu harus mendownloadaplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tidak ribet bukan?

Sebelum mengajukan pinjaman online untuk modal bisnis online yang menjanjikan, kamu harus melakukan perhitungan terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan finansialmu untuk membayar hutang pinjaman online sehingga cicilan bisa dibayar tepat waktu. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untukmu dalam menjalankan bisnis online yang menjanjikan. Selamat berbisnis online Sobat!