7 Pola Pikir Millennials Yang Salah Tentang Strategi Keuangan Masa Depan

Memiliki pekerjaan mapan dan tabungan yang lebih di usia muda, pasti kamu ingin kan? Namun kenyataannya hal ini susah diwujudkan secara bersama. Walaupun punya pekerjaan dengan gaji besar, belum tentu berbanding lurus dengan jumlah tabungan. 

Di zaman yang semakin banyak dimudahkan dengan kemajuan teknologi dan informasi yang ada. Hanya berbekal smartphone atau laptop saja, millennials sudah bisa melakukan apapun dari mana saja. Mulai dari membeli barang melalui market place, memesan makanan dan minuman, menggunakan jasa transportasi, dan lain sebagainya. Dengan kemudahan ini millennials bisa dengan mudah mengeluarkan uang untuk berbagai hal.

Generasi millennials memang masih ingin eksplor banyak hal yang kadang sulit unutk dikendalikan. Untuk itu, menjadi kaya di usia muda akan hanya menjadi mimpi jika kamu masih memiliki pola pikir yang salah mengenai strategi keuangan. Nah, agar tidak salah langkah lihat pola pikir millennials yang salah tentang strategi keuangan yuk!

Kesalahan Pola Pikir Millennials dalam Mengatur Strategi Keuangan

1. Selalu Menunda untuk Menabung

Source: Google

Gajian memang hal yang paling ditunggu semua orang, kamu pasti akan sangat senang ketika baru menerima gaji kan? Bahkan beberapa hari sebelumnya, kamu mungkin sudah membuat rencana akan digunakan untuk apa saja gaji bulananmu. Perencanaanmu yang kamu buat sudah termasuk menyisihkan untuk menabung juga.

Namun, dipertengahan bulan biasanya niatmu untuk menabung mulai goyah. Keinginan untuk membeli ini-itu dan kebutuhan tidak terduga membuat renana menabungmu jadi tertunda. Yang ada kamu akan berpikir masih bisa menabung di bulan depan. Memang ini kelihatannya sepele, tapi bulan depan akan terulang lagi. Kamu akan terbiasa menunda rencana untuk menabung. Untuk itu, bersikap tegaslah dengan diri sendiri ya, Sobat!

Baca juga: Tips Kelola Gaji Pertama Untuk Kamu Para Pekerja Baru

2. Mumpung Lagi Promo

Source: Google

Tergiur dengan harga promo tidak terjadi pada kaum hawa aja kok, cowok pun juga mudah tergoa dengan harga promo jika sudah punya penghasilan sendiri. Jangan kamu biasakan ya, Sobat! Melihat harga promo memang menggiurkan apalagi kalau harganya turun jauh dari biasanya kan. Padahal, setiap harinya akan selalu bermunculan promo baru, untuk meningkatkan minat pembeli.

Nah, Sobat bijak-bijaklah dalam membelanjakan gaji bulananmu, jangan sampai lupa prioritas. Beli lah barang yang sesuai dengan kebutuhanmu, jika memang ada promo beli barang yang memang kamu butuhkan.

3. Sering Belanja sebagai Hadiah Diri Sendiri

Source: Google

Berbelanja dengan alasal ingin memberi hadiah untuk diri sendiri, hampir setiap millennials pasti pernah melakukannya. Memang membeli hadiah untuk diri sendiri penting untuk kamu karena kamu sudah berjuang hingga sampai titik ini. Tetapi jangan terlalu sering juga, Sobat. Ini tentu akan membuat jebol gaji bulananmu. Untuk itu, ubah pola pikirmu yuk! Memberi hadiah terbaik untuk diri sendiri tidak harus berupa barang kok. Dengan bersantai menikmati waktu liburmu, sudah cukup untuk membuat dirimu merasa berharga.

4. Tidak Berani Berinvestasi

Source: Google

Masih banyak generasi millennials yang salah arti dengan istilah investasi. Mereka berpikir investasi adalah soal membelanjakan uang berjumlah besar dalam bentuk properti, saham, emas, atau reksadana. Jika kamu masih awam dengah hal-hal tersebut, kamu bisa memcoba investasi kecil-kecilan. Beli barang yang fungsinya bersifat jangka panjang. Bisa juga dengan mengikuti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan lainnya.

Baca juga: Lebih Mapan Di Tahun 2019, Yuk Coba Cara-Cara Berikut!

5. Merasa Bisa Mengelola Uang Tanpa Perencanaan

Source: Google

Banyak anak mudah yang sering melakukan hal ini, merasa bisa melakukan apa saja tanpa perlu perencanaan yang detil, termasuk mengelola keuangan. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu jujur pada diri sendiri, apakah kamu termasuk orang yang mudah berkomitmen pada rencana awal? Jika tidak, jangan ragu selalu membuat rencana keuangan setiap bulannya. Ini akan melatihmu jadi lebih disiplin dan kamu juga bisa tahu kemana gaji bulananmu dihabiskan.

6. Tidak Hidup Sederhana

Source: Google

Akan lebih baik jika kamu menerapkan hidup sederhana untuk bisa lebih berhemat. Memang, setiap kali mendapat gaji bulanan ingin rasanya selalu makan-makanan enak, membeli barang yang diinginkan, dan lain sebagainya. Namun, akan lebih baik jika kamu berhemat dan menyisihkan uangmu untuk ditabungkan. Kamu bisa mulai melakukannya dengan membawa bekal makan siang dari rumah, selain bisa berhemat makanan yang kamu bawa pun jauh lebih higienis. 

7. Hanya Punya Satu Rekening

Source: Google

Kamu bisa menggunakan dua rekening bank yang berbeda. Hal ini dilakukan karena bisa membantumu mengelola uang bulanan. Kamu bisa menggunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan rekening lain bisa kamu gunakan khusus untuk menabung, sehingga jika kamu hanya mempunyai satu rekening. Rekeningmu khusus untuk menabung tidak akan terganggu.

Baca juga: 7 Hal Produktif Yang Bisa Kamu Lakukan Di Hari Minggu

Ubah Pemikiran untuk Jadi Lebih Baik

Nah, Sobat supaya kamu terlepas dari pemikiran yang salah mengenai strategi keuangan, yuk ubah pemikiranmu untuk menjadi yang lebih baik. Jika kamu tidak memulainya, maka kondisi keuanganmu tidak akan berubah. Bijaklah dalam menggunakan uangmu dan mulailah berhemat.