7 Tips Ampuh Supaya Tetap Segar Bugar Jalani Puasa

Sehat selama berpuasa penting untuk kamu yang menjalani puasa selama sebulan penuh. Sebagai seorang muslim, berpuasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan pada saat bulan ramadhan. Agar kamu tetap sehat dan bugar selama bulan puasa ini, intip tips ampuh agar tetap bugar selama menjalani puasa yuk! 

Selama sebulan penuh kamu diwajibkan untuk menjalankan puasa dengan menahan lapar dan haus. Sering kali, dengan menahan lapar dan haus pada saat berbuka puasa kamu pasti menginginkan menu berbuka puasa yang kamu inginkan. Namun, apakah menu yang kamu pilih sehat untuk tubuhmu? Jangan sampai asupan yang kamu makan selama puasa justru malah membuatmu sakit, kamu tentu tidak mau kalau puasamu terganggu kan.

Nah, untuk menghindari semua itu tentu kamu harus menjaga asupan yang kamu makan selama berpuasa. Bagaimana cara menjaganya dan asupan apa saja yang bisa kamu konsumsi selama bulan ramadhan? TimiKimi akan berikan ulasannya untuk kamu berikut ini. Simak ya!

Sehat Selama Puasa agar Tetap Bugar

1. Konsumsi Serat dan Protein saat Sahur

Source: Google

Selama menjalani ibadah puasa pola makan dan waktu makan kamu tentu akan berubah. Untuk itu, agar sehat selama puasa konsumsi makanan yang berserat dan kaya akan protein. Waktu yang diizinkan untuk makan saat berpuasa yaitu pada saat sahur sebelum fajar dan berbuka puasa saat matahari mulai terbenam. Saat makan sahur, ini tentu akan jadi penentu kamu kuat atau tidaknya menjalankan puasa. Nah, agar kamu kuat menjalankan puasa sampai waktu adzan magrib tiba, konsumsilah menu makanan yang berserat dan protein.

Kamu bisa memilih menu yang berserat seperti buah, sayur-sayuran, serta biji-bijian. Sedangkan menu protein yang bisa kamu pilih seperti telur, yoghurt, keju, dan sejenisnya. Jika kamu mengkonsumsi makanan yang berserat dan protein selama berpuasa, dijamin kamu akan tetap bugar selama berpuasa.

Baca juga: Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

2. Hindari Makan Berlebihan

Source: Google

Tips sehat selama puasa yang bisa kamu jalani berikutnya yaitu hindari makan yang berlebihan. Ketika waktu berbuka puasa wajar jika kamu tergiur untuk makan dalam porsi besar, pasalnya kamu selama seharian menahan lapar dan haus. Agar kamu merasa cepat kenyang, cobalah mengkonsumsi salad atau sup sehat sebelum kamu menyantap makanan yang berkalori.

Tidak lupa juga seimbangkan dengan menu makanan yang berserat dan ada proteinnya ya, Sobat. Selama ramadhan sangat penting untuk menghindari kalori kosong dan junk food. Untuk itu, konsumsilah  satu porsi buah dan sayuran agar kamu tetap bugar selama puasa.

3. Konsumsi Kurma Selama Puasa

Source: Google

Puasa akan berdampak negatif untuk kesehatan tubuhmu jika kamu tidak menjaga asupan makananmu. Menjaga makanan selama berpuasa penting karena jam makan yang berganti menjadi malam hari akan mempengaruhi metabolismu tubuh, sehingga meningkatkan kenaikan berat badan. Berpuasa juga meningkatkan keinginan mengkonsumsi gula dan lemak yang berpotensi pada kenaikan berat badan. Untuk itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma selama bulan puasa. Selain baik untuk kesehatan, buah kurma juga salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW dan menjadi makanan wajib saat berbuka.

Baca juga: Cara Rawat Tubuh Agar Tetap Bugar Hadapi Hari Senin Jadi Menyenangkan

Setelah seharian kamu menahan lapar dan haus, tubuhmu tentu memerlukan asupan gula. Gula merupakan sumber energi utama, dengan berbuka puasa dengan kurma, manisnya kurma bisa menjadi asupan gula pertama untuk tubuhmu, Sobat. Selain itu, buah kurma sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin yang penting untuk tubuh diantaranya vitamin A, E, C, B dan asam folat yang berfungsi menguatkan sistem imun tubuh.

4. Jaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi

Source: Google

Agar tetap bugar selama puasa, kamu bisa menghindari kulitmu dari sinar matahari. Mengkonsumsi buah adalah hal yang tepat untuk menjaga asupan air dalam tubuh. Air yang terkandung dalam buah dapat membantu menghidrasi tubuh di siang hati. Namun, kita juga tidak bileh meminum banyak air sekaligus, termasuk teh dan kopi juga harus kamu hindari, Sobat. Karena minuman berkafein hanya meningkatkan rasa haus dan dehidrasi. Kamu bisa minum smoothies atau jus buah sebagai energi tambaha selama berpuasa.

5. Sesuaikan Kondisi Tubuh saat Berpuasa

Source: Google

Kamu bisa berkonsultasi ke dokter jika menderita masalah kesehatan tertentu atau lambung. Berkonsultasi ke dokter mengenai kesehatanmu sangat penting, agar ketika kamu menjalani puasa tidak terjadi keluhan sehingga puasamu lancar dan kamu pun bisa menjalani puasa dengan aman dan nyaman tanpa adanya rasa sakit.

Baca juga: Hikmah Di Bulan Suci Ramadhan Yang Harus Kita Maksimalkan

Jaga Kesehatan Agar Puasa Tetap Lancar

Nah, Sobat fokus berpuasa memang penting tapi jangan sampai kamu melupakan menu sehat dan bergizi untuk berbuka puasa dan sahur ya. Sehingga kamu dapat menjalankan puasa dengan lancar dan nyaman. Ayo, sudah kepikiran nanti mau berbuka puasa makan apa? Sabar dulu ya! Masih beberapa jam lagi. Semangat berpuasa, Sobat TimiKimi!