7 Tips Ampuh Untuk Menabung Biaya Nikah

Menikah memang impian semua orang. Untuk mencapai pada tahap pernikahan ada banyak yang harus kamu perjuangkan, selain harus mendapat restu orang tua kamu pun juga harus memperisapkan biaya untuk menikah yang tidak sedikit. Sebelum kamu berencana untuk menikah, lihat beberapa tips menabung untuk persiapan biaya nikah, yuk!

Menikah di usia muda juga menjadi hal yang sering diimpikan tiap pasangan. Banyak yang harus disiapkan ketika kamu ingin mempersiapkan pernikahan, salah satunya biaya menikah. Namun, untuk melanjutkan jenjang selanjutnya, kamu wajib siap dari segi materi. Seperti yang kamu ketahui, bahwa mempersiapkan biaya menikah tidak murah.

Nah, kebanyakan pasangan sekarang ini kurang siap dari segi materi. Karena pada masa pacaran biasanya mereka tidak memikirkan untuk menyisihkan untuk biaya pernikahan. Untuk itu, kali ini TimiKimi akan memberikan tips menabung untuk kamu yang ingin melanjutkan hubungan yang lebih serius dengan pasanganmu yaitu pernikahan. Disimak yuk, Sobat!

Tips Menabung Untuk Biaya Nikah

1. Memiliki Komitmen

Source: Google

Komitmen tentu sangat dibutuhkan dalam menjalani hubungan yang serius. Tentu kamu menjalani hubungan dengan pasangan harus butuh komitmen, begitu juga dengan menabung. Untuk itu, pastikan kamu dan pasangan memiliki komitmen yang kuat serta menyiapkan hati dan pikiran. Karena proses untuk menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Intip 4 Hal Mengapa Kamu Harus Tahu Kondisi Keuangan Pasangan, Yuk!

Selain itu, ada beberapa hal juga yang harus siap kamu korbankan. Mulai dari kebiasaan makan di restoran setiap kali kamu kencan dengan pasangan, hingga waktu travellingmu mungkin harus kamu stop dulu dari jadwal liburanmu untuk sementara waktu. Kalau kamu memegang komitmen dengn baik, rintangan yang kamu hadapi akan dengan mudah dilewati dan proses menabung menjadi lebih seru.

2. Buat Anggaran Menikah

Source: Google

Kalau setiap bulannya kamu mempunyai catatan pengeluaran setiap bulannya. Membuat anggaran menikah tentu bukan hal yang sulit untuk kamu dan pasangan lakukan. Mulailah menyusun kebutuhan rincian pengeluaran yang kamu dan pasangan perlukan untuk pernikahan impianmu. Usahakan untuk membuat rincian kebutuhan pernikahan dengan sangat detail.

Kamu jangan hanya berfokus pada budget sewa gedung, gaun dan katering saja. Pastikan budget yang kamu buat sudah mencakup segala hal yang kamu butuhkan untuk pernikahanmu nanti.

3. Siapkan Rekening Khusus

Source: Google

Rekening khusus sangat dibutuhkan untuk kamu dan pasangan. Pasalnya, jika kamu tidak memisahkan rekening khusus untuk biaya menikah yang ada uang yang sudah kamu kumpulkan akan habis terpakai untuk hal yang lain. Untuk itu, pilihlah rekening yang sesuai dengan keburuhan pernikahanmu. Selain mencegah pemakaian uang tanpa sadar, dengan adanya rekening khusus akan selalu meningkatkan pada komitmen dan tujuan awal kamu dan pasangan menabung.

4. Alokasikan Sebagian Pendapatan

Source: Google

Nah, setelah kamu dan pasangan memiliki rekening khusus untuk pernikahan impianmu. Kamu juga harus mulai menyisihan sebagian dari penghasilan perbulan untuk dimasukkan ke dalam tabungan pernikahan. Kamu tidak perlu menyisihkan setengah dari gajimu dan pasangan, cukup 20% hinggan 30% saja. Perlu kamu ingat, bahwa menyisihkan berbeda dengan menyisakan, yuk segera sisihkan sebagian uangmu dan pasangan sebelum menggunakan gaji yang kamu terima. Jika kamu rajin mengalokasikan dana setiap bulannya, kamu akan mengumpulkan nominal uang yang cukup besar dalam waktu tiga tahun.

Baca juga: Keuntungan Dan Kekurangan Nikah Muda Yang Harus Kamu Pertimbangkan!

5. Bawa Bekal Maka Siang

Source: Google

Untuk mencegah kekurangan biaya pernikahanmu nanti, hal yang bisa kamu lakukan berikutnya dengan mengubah gaya hidup. Salah satunya dengan membawa bekal makan siang sendiri. Dengan membawa bekal makan siang kamu dapat menekan biaya pengluaran setiap bulannya bahkan hingga dua kali lipat, lho! Membawa bekal akan menahan kamu dan pasangan untuk jajan dan menghamburkan uang. Selain itu, membawa bekal makan siang sendiri jauh lebih sehat dan higienis.

6. Terapkan Gaya Pacaran Hemat

Source: Google

Tidak hanya biaya makan dan transportasi saat bekerja yang harus kamu perhatikan. Biaya berkencan dengan pasangan saat akhir pekan pun harus diperhatikan juga. Jangan sampai kamu sudah berhemat di tengah minggu dan kembali menghabiskan di akhir minggu. Mulailah untuk membiasakan diri menerapkan gaya pacaran hemat. Karena itu akan sangat menekan biaya pengeluaran untuk kamu lebih hemat dalam mempersiapkan pernikahan impianmu.

7. Menabung dengan Investasi

Source: Google

Selain menabung dalam bentuk simpanan, ada baiknya jika kamu mulai berinvestasi. Kamu dan pasangan dapat membuat tabungan dalam bentuk deposito untuk jangka panjang. Selain bunga yang diberikan lebih besar dari tabungan biasa, deposito memiliki jatuh tempo pengambilan. Sehingga kamu tidak bisa sesuka hati memakai uang tersebut.

Nah, investasi lain yang bisa kamu lakukan yaitu investasi reksadana, meskipun memiliki resiko yang lebih tinggi dari pada deposito. Bunga yang ditawarkan oleh reksadana lebih besar. Selain bunga yang ditawarkan lebih tinggi, nominal yang diperlukan tidak sebesar deposito.

Baca juga: Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Pasangan Muda

Persiapkan Biaya Pernikahan Dari Sekarang

Nah Sobat, untuk kamu pasangan muda yang baru memulai atau berencana untuk untuk menikah, selain mempersiapkan keuangan. Ada baiknya kamu juga harus mempersiapkan mental. Hal ini, jika mental mu sudah siap otomatis kamu juga sudah siap dalam menghadapi masalah-masalah yang akan muncul dikehidupan rumah tanggamu.

Semoga informasi mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga yang TimiKimi berikan dapat membantu dan bermanfaat untuk Sobat dalam mengatur keuangan rumah tanggan khususnya untuk para pasangan muda.