7 Wanita Hebat Asal Indonesia Ini Benar-benar Membanggakan Bangsa!

Indonesia memilki banyak sosok wanita hebat yang sukses diberbagai bidang. Siapa saja dan apa saja inspirasi yang bisa kamu dapatkan dari kesuksesan para Kartini masa kini tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya!

21 April menjadi tanggal bersejarah untuk bangsa Indonesia, khususnya kaum perempuan. Tanggal tersebut merupakan Hari Kartini, dimana kita memperingati jasa pahlawan wanita Indonesia yaitu R.A Kartini sebagai pelopor kebangkitan para perempuan di Indonesia. Selain itu, Raden Ajeng Kartini memperjuangkan hak perempuan atas hak mendapat pendidikan dan berpartisipasi dalam kegiatan publik menjadi pintu gerbang kesuksesan perempuan hingga sekarang ini.

Kini, sudah sekian abad kemudian, mimpi besar Kartini akan terciptanya kesetaraan hak tanpa mengenal jenis kelamin sebagian besar sudah terwujud. Di sekitar kita ada banyak sosok Kartini masa kini yang hebat dan menginspirasi kita untuk menjadi perempuan sukses seperti Ibu Kartini. Sebagian berasal dari latar belakang sebagai atlet, penyanyi, hingga pejabat negara. Yang dapat memberikan teladan yang baik untuk kita semua. Siapa saja kah mereka? Berikut ulasannya untuk kamu.

Wanita Hebat Indonesia, Kartini Masa Kini

1. Sri Mulyani

Source: Google

Wanita hebat Indonesia yang pertama yaitu Sri Mulyani Indrawati. Wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, kini menjabat sebagai Menteri Keuangan. Prestasi besar sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) periode Juni 2010 hingga Juli 2016. Sebelumnya, Sri Mulyani menjabat sebagai menteri keuangan di tahun 2005 pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama Sri Mulyani mencuat karena pemikiran dan strategi ekonominya mampu membawa perekonomian Indonesia tetap stabil, walaupun pada saat ini dunia sedang mengalami krisis ekonomi berat pada tahun 2008. Dengan apa yang ia lakukan, menjadikan Sri Mulyani sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes dan Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi majalah Emerging Markets pada tahun 2008.

Pada saat pemerintah Indonesia tidak dipercaya pemerintah Indonesia, Sri Mulyani malah ditawarkan dan menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia (World Bank). Ia menggantikan Juan Jose Daboub, yang menyelesaikan empat tahun masa jabatannya. Hal ini menjadikan beliau sebagai wanita pertama dari Indonesia dan dunia yang menjabat sebagai posisi di World Bank. Ia pun berhasil menjadi wanita paling berpengaruh di dunia ke-38 pada tahun 2014 versi majalah Forbes.

Baca juga: Ibu Kita Kartini, Putri Sejati! Yuk Kita Kenang Sosok R.A Kartini

2. Susi Pudjiastuti

Source: Google

Susi Pudjiastuti merupakan wanita kelahiran 15 Januari 1965, adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikana dari Kabinet Kerja 2014-2019. Ia juga merupakan seorang pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, perusahaan ekspottir hasil-hasil perikanan dan PT. ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Masa lalunya bisa dibilang berbeda, saat kelas 2 Sekolah Menengah Pertama, Susi dikeluarkan dari sekolah karena keaktifannya di gerakan golput. Sejak saat itu, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan sekolah dan memilih untuk berbisnis. Susi berusaha mengumpulkan modal bisnis sendiri sebesar Rp750.000 dengan cara menjual seluruh perhiasan yang ia miliki untuk menjadi pengepul ikan di daerah tempat tinggalnya.

Untuk menjalankan tugasnya dengan baik sebagai menteri, wanita yang terkenal dengan gaya dan prilakunya yang cukup nyentrik, ia harus rela melepas semua jabatan sebagai presdir di perusahaannya sendiri. Tidak mudah menjabat sebagai seorang Menteri, karena gayanya yang unik dan nyentrik pun menjadi sorotan kritikan publik.

Namun, ia adalah sosok wanita yang berkarakter tegas dan berani. Gaya kepemimpinannya tidak ragu dalam mengambil langkah ekstrim demi menjaga dan melindungi sumber daya laut di Indonesia. Hal heroik yang pernah dilakukan olehnya yaitu meledakan kapal-kapal negara lain yang secara ilegal memancing di perairan Indonesia. Itulah mengapa Susi Pudjiastuti menjadi salah satu Kartini masa kini Indonesia.

3. Tri Rismaharini

Source: Google

Wanita yang biasa dikenal dengan sebutan Ibu Risma, menjabat sebagai Wali Kota Surabaya sejak 17 Februari 2016. Wanita yang lahir di Kediri, 20 November 1961, merupakan sosok yang tegas, rendah hati dan merakyat menjadikan pemimpin perempuan teladan bagi banyak orang. Gaya kepemimpinannya yang jujur dan transparan membuat banyak pihak merasa dirugikan.

Ibu Risma mendapat tekanan dimana-mana di pemerintahan yang memaksanya untuk mengundurkan diri. Namun, beliau tidak peduli dan yakin pada pendiriannya untuk tetap menjalani tanggung jawabnya sebagai walikota. Puncaknya, pada tanggal 31 Januari 2011, DPRD Surabaya melaporkan walikota Surabaya ini ke Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk menurunkan Ibu Risma dari jabatannya. Dengan alasan melanggar peraturan dari Permendagri dan menyalahgunakan kekuasaanya. Namun, usulah tersebut ditolak karena tidak cukup bukti dan data yang kuat.

Selama kepimpinan beliau, kota Surabaya banyak mengalami perubahan yang positif. Tata lingkungan yang lebih rapi dan bersih. Membuat Ibu Risma berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Adipura 4 thun berturut-turut dari tahun 2011-2014. Tidak hanya itu, beliau juga menempati posisi ketiga sebagai walikota terbaik di dunia oleh The City Mayor Foundation melalui website resminya pada tahun 2014.

Baca juga: Tokoh Inspirasi Indonesia Yang Berprestasi Di Bidang Akademis

4. AgnezMo

Source: Google

Agnes Monica Muljoto, merupakan penyanyi wanita asal Indonesia lainnya yang berhasil go internasional. Atas kegigihan dan kerja kerasnya sebagai penyanyi membuatnya meraih mimpi sebagai penyanyi go internasional. Agnez Mo memulai karirnya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik. Selain menjadi penyanyi, penyanyi berusia 32 tahun ini juga sukses di dunia akting. Aktingnya tidak diragukan lagi, ia membintangi beberapa judul sinetron, salah satunya yang terkenal yakni Penikahan Dini (2001).

Pada 2010 Agnez Mo didaulat menjadi Host dalam dalam acara red carpet American Music Awards di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada tahun itu juga Agnez menjadi salah satu juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Seiring dengan melesatnya puncak popularitas Agnez Mo, membuatnya merilis beberapa album internasional dan berkolaborasi dengan beberapa musisi dunia diantaranya Christian Chavez, Michael Bolton, Timbaland, hingga Chris Brown.

5. Anggun

Source: Google

Penyanyi wanita Indonesia kelahiran 29 April 1974 merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu. Karyanya tidak hanya dinikmati masyarakat Indonesia saja. Bahkan, sampai go internasional. Awal mulai karir penyanyi berusia 44 tahun ini, pada tahun 1994 Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan mimpinya untuk go internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser asal Prancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya bertajuk Snow on the Sahara (1997).

Album tersebut dirilis di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat yang merupakan kiblat musik dunia. Sejak saat itulah Anggun mulai meraih kesuksesannya. Ia bahkan sudah menghasilkan sebanyak tujuh album studio dan satu album soundtrack untuk film Denmark yang berjudul Open Hearts (2002). Anggun juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dunia diantaranya Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), II Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls). Selain sukses menjadi penyanyi, Anggun juga didaulat menjadi salah satu juri untuk Asia’s Got Talent, ajang ini diikuti oleh pesera dari 27 negara di Benua Asia.

Kesuksesannya sebagai penyanyi membawanya meraih berbagai penghargaan bergengsi di beberapa negara Eropa, diantaranya anugerah prestisius “Chevalier des Arts et Letters” yang didapat dari pemerintah Prancis dan “World’s Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Awards. Anggun juga menjadi wanita Indonesia pertama yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. Anggun saat ini menetap dan sudah menjadi warga negara Prancis. Meskipun begitu, Anggun tidak melupakan negaranya yaitu Indonesia.

6. Sri Wahyuni Agustiani

Source: Google

Sri Wahyuni Agustiani yang lebih dikenal dengan Yuni merupakan atlet wanita kelahiran Bandung, 13 Agustus 1994 yang berhasil memenangkan medali perak pada Olimpiade Musim Panas tahun 2016 di Brasil. Ini merupakan kedua kalinya Sri Wahyuni berhasil membawa medali perak di Olimpiade Internasional. Yang lebih membanggakannya lagi, Yuni adalah atlet wanita angkat beban pertama yang berhasil memberikan medali perak untuk Indonesia dalam cabang olahraga angkat beban. Keren ya, Sobat?

Baca juga: Memperingati Hari Musik Nasional. Ini Lho Musisi Indonesia Yang Sukses Di Luar Negeri!

Yuk Menjadi Kartini untuk Dirimu Sendiri!

Tanamkan sifat teladan, cerdas, dan rendah hati dalam diri kamu dan yakin apapun yang kamu lakukan menjadi hal positif yang bisa dicontoh. Apapun profesi yang kamu lakukan saat ini, lakukan dengan kerja keras dan pantang menyerah. Yakinlah kerja keras yang kamu lakukan akan membuahkan hasil jika kamu sungguh-sungguh melakukannya.