8 Orang Indonesia yang Berhasil Mengharumkan Nama Bangsa di Luar Negeri

Sebagai generasi muda, kita harus selalu memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dengan mengharumkan nama bangsa seperti beberapa pemuda pemudi yang bisa kamu jadikan panutan di bawah ini!

Indonesia bukan hanya kaya akan sumber daya alamnya, namun juga sumber daya manusianya. Prestasi yang capai anak muda Indonesia juga patut diakui keberandaannya. Sudah tidak terhitung berapa banyak anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Berbanding terbalik dengan apa yang sudah dilakukan mereka, justru karya mereka lebih banyak diapresiasi di luar negeri dari pada di negeri sendiri.

Nama-nama yang mengharumkan nama bangsa tidak hanya pada satu bidang saja, terdapat berbagai bidang mulai dari ilmu pengetahuan, seni, olahraga, bisnis, sampai dunia hiburan. Dalam rangka Hari Pekerja Nasional, berikut ini TimiKimi punya ulasannya siapa saja kah orang Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, simak ya, Sobat!

Baca juga: Perpanjang SIM Online Tanpa Antri Dan Gak Pakai Ribet, Ini Lho Caranya!

Pemuda Indonesia yang Mengharumkan Nama Bangsa

Banyaknya pemuda-pemuda Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dari berbagai sektor, patut diacungi jempol. Pasalnya mereka menciptakan karya-karya yang luar biasa mewakili Indonesia. Belum lama ini misalnya, dalam ajang olahraga yakni ASEAN Games banyak atlet-atlet perwakilan dari Indonesia berhasil mengibarkan namanya mewakili Indonesia, sehingga Indonesia meraih urutan ke 4 dalam ajang tersebut. Nah, Sobat selain dalam sektor olahraga masih ada lagi orang-orang Indonesia yang berprestasi, lho.

1. Rich Brian

Source: Google

Dalam dunia musik anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia adalah Rich Brian. Di usianya yang masih 19 tahun, Rich Brian sudah masuk dalam daftar “30 Under 30 Asia 2018” dalam bidang hiburang dan olahraga di majalah Forbes. Untuk Sobat yang belum tahu, Rich Brian merupakan seorang rapper sekaligus produser dan penulis lagu. Rich Brian yang mempunyai nama asli Brian Imanuel Soemarno, merupakan pemuda kelahiran Jakarta. Memulai debutnya sebagai rapper pada 2014, dengan lagu berjudul Dat $tick yang diunggah ke akun YouTubenya pada Februari 2016.

Sobat tahu tidak? Rich Brian yang lahir dan besar di Jakarta, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Ia melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara otodidak dengan menonton video-video YouTube, dan mendengarkan lagu-lagu rap dunia. Di usianya yang masih sangat muda Brian berhasil menciptakan lagu diantaranya berjudul Dat $tick, Who Dat Be, Watch Out, Chaos, Glow Like That, dan Crisis ft 21 Savage. Pada 2017, Brian masuk nominasi dan memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of The Year pada Indonesian Choice Award. Rich Brian juga sudah berkolaborasi dengan musisi dunia sekelas Skrillex, Zhu, bahkan diundang oleh Pharell Williams.

2. Demian Aditya

Source: Google

Nama Demian Aditya sudah tidak asing lagi di dunia sulap Indonesia. Namun, karirnya di dunia sulap tidak begitu bersinar di dalam negeri sendiri. Sampai akhirnya Demian mengikuti ajang pencarian bakat America’s Got Talent, dan berhasil memukau Simon Cowell, Howie Mandel, Heidi Klum, dan Mel B yang merupakan juri di ajang tersebut. Orang-orang memberi respon positif terhadap Demian. Sayangnya langkah Demian di America’s Got Talent harus terhenti di perempat final. Meskipun begitu, Demian diakui sebagai anak bangsa yang membanggakan.

3. Joey Alexander

Source: Google

Pianis asal Indonesia ini berhasil tampil di panggung utama acara penghargaan Grammy di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Bersama puluhan musisi terkenal lainnya. Joey yang berumur kini berusia 15 tahun, sudah tercatat rekor melalui lagu berjudul Giant Steps dan album yang bertajuk My Favorite Things. Joey menjadi musisi termuda yang masuk nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album pada tahun 2016.

Baca juga: Kamu Single? Siapa Bilang Kamu Tidak Bisa Merayakan Hari Valentine?

4. Pierre Coffin

Source: Google

Siapa yang tidak mengenal Minions? Karakter kuning lucu yang filmnya booming di tahun 2010 dan 2013 ini. Bahkan sampai saat ini kita bisa menemukan figur karakter ini dimanapun, mulai dari boneka, tas, gantungan kunci dan lain lain. Mungkin Sobat belum mengetahui bahwa arsitek dibalik kelahiran Minions merupakan seorang pria berdarah Indonesia, Pierre Coffin. Ia merupakan putra dari penulis ternama Indonesia, N.H Dini.

Kesuksesannya membawanya bekerja sama dengan banyak selebriti Hollywood. Jika kalian tahu, pada film Minions banyak menggunakan campuran berbagai bahasa termasuk Indonesia. Dalam film tersebut terselip kata “Terima Kasih”.

5. Griselda Sastrawinata

Source: Google

Masih dibidang yang sama, Griselda Sastrawinata merupakan wanita asal Indonesia yang sukses menjadi animator. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah karakter hijau yang besar dengan teling yang unik, Shrek. Griselda terlibat dalam penciptaan beberapa tokoh karakter dalam film Shrek ini. Setelah sebelumnya bekerja untuk Dreamworks, ia saat ini sukses menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Walt Disney Studios. Griseda juga dipercaya sebagai salah satu Visual Development Artist dalam film animasi Disney yang berjudul Moana.

6. Chris Lesmana

Source: Google

Sosok berikutnya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia yaitu Chris Lesmana. Sobat tahu mobil Volkswagen atau VW? Merek mobil asal Jerman ini ternyata mempercayakan desain VW New Beetle, yang biasa dikenal dengan mobil kodok kepada salah satu anak muda Indonesia berbakat. Desain mobil VW lainnya yang dibuat oleh Chris adalah VW Up!, atas karya ini Chris meraih penghargaan World Car of The Year pada tahun 2012 dan VW Golf. Desain yang Chris ciptakan juga sudah terdaftar dalam lembaga paten Amerika Serikat pada tahun 2008. Saat ini Chris menduduki posisi sebagai Desainer Senior di Volkswagen AG, Jerman.

7. Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad

Source: Google

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai orang-orang yang mengharumkan nama Indonesia di bidang olahraga. Siapa yang tidak kenal duo Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad? Mendengar dua nama tersebut sudah pasti kamu mengenal mereka bukan? Ya, mereka berjasa dalam bidang olahraga yakni bulutangkis. Hampir selalu menang disetiap pertandingan kelas dunia, menjadikan unggulan ganda campuran Indonesia ini pernah menduduki peringkat 1 dunia.

Duo ganda campuran ini pernah menyabet tiga tahun berturut-turut di All England 2012, 2013, dan 2014. Mereka juga meraih medali emas di Olimpiade Rio tahun 2016, dan berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya sehingga didengar seluruh dunia yang menyaksikan. Namun, pertandingan di ajang Fuzhou China Open 2018 menjadi pertandingan terakhir untuk Liliyana Natsir. Liliyana memutuskan untuk gantung raket baru-baru ini. Membuat Tantowi harus mencari partner baru untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Baca juga: Manjakan Diri Setelah Gajian Dengan Santap Di Restoran All You Can Eat Jakarta Terbaik

8. Muhammad Zohri

Source: Google

Masih dalam bidang olahraga, sosok Zohri menjadi sensasional setelah berita tentang dirinya yang meraih medali emas di perlombaan lari jarak pendek di Finlandia. Ia disorot merayakan sendiri kemenangannya, bahkan harus meminjam bendera negara lain karena tidak ada yang memberikannya ketika dia akan merayakan kemenangan di podium sebagai juara pertama. Zohri yang sudah mencintai dunia olahraga lari ini mengaku sering berlari di pinggir pantai. Berkat berita atas pencapaian prestasinya yang dihiraukan oleh pemerintah sehingga sangat inspiratif, dan berhasil viral diseluruh media. Prestasi terbaru yang diraih Zohri dalah ia berhasil membawa harum nama Indonesia karena berhasil merebut medali perak untuk kategori lomba jarak pendek di Asean Games 2018.

Nah Sobat, itu dia 8 anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Apapun pekerjaan atau profesi yang dilakoni, jika kita memberikan usaha yang maksimal, maka tentu saja kita juga akan memperoleh hasil yang memuaskan.