Thanksgiving atau Hari Pengucapan Syukur merupakan hari libur di Amerika Utara yang dirayakan sebagai bentuk rasa syukur di akhir musim panen. Hari perayaan ini jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Akan tetapi, di Kanada Thanksgiving jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober.

 

Bagi masyarakat Amerika, perayaan ini merupakan tradisi yang sudah ada sejak lama dan dirayakan sebulan sebelum hari Natal. Thanksgiving identik sekali dengan pesta makan malam keluarga dengan hidangan utama kalkun panggang.

 

Di artikel kali ini, TimiKimi ingin membahas seputar Thanksgiving dan hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui mengenai hari libur yang satu ini. Apa aja sih? Simak ulasan TimiKimi berikut yuk.

 

Asal-usul Thanksgiving

Dalam sejarahnya, Thanksgiving merupakan hari khusus untuk menyampaikan rasa terima kasih atas berkat dan anugerah yang diterima oleh seseorang. Perayaan ini pertama kali dilakukan oleh Pastor Juan de Padilla pada tahun 1541 di Canyon, Texas. Pada tahun 1565, perayaan ini mulai ikut dirayakan oleh para pengungsi di St Augustine, Florida. Hal ini menjadi pertanda sejarah peringatan kedatangan gelombang pertama imigran Eropa ke Amerika Utara.

 

Dikenal Juga Sebagai Parade Natal

Meskipun tidak berkaitan dengan Natal, namun Thanksgiving juga sering disebut-sebut sebagai Macy Day Parade atau disebut juga parade Natal. Sebutan ini mulai populer sejak tahun 1924 silam.

 

Menu Pada Hari Perayaan Thanksgiving

Dalam perayaan Thanksgiving seluruh anggota keluarga di Amerika akan berkumpul untuk menyantap makan malam bersama. Hidangan yang disediakan biasanya tidak pernah absen dari menu utama seperti kalkun, saus cranberry, dan pumpkin pie. Hidangan lain yang juga menghiasi meja adalah sayuran hasil kebun lokal seperti kentang, labu pie, bawang, bayam, kubis, wortel dan kacang polong.

 

Sebagai Hari Ucapan Syukur Nasional di Amerika

Pada saat Perang Saudara di Amerika, banyak sekali pertempuran dan konflik yang menyebabkan penderitaan bagi warga Amerika. Pada tahun 1863 Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan surat resmi agar setiap minggu ke-4 di bulan November menjadi Hari Ucapan Syukur Nasional. Sejak penetapan itu, Lincoln mengajak seluruh warga Amerika untuk bersyukur atas segala hal yang telah dilalui oleh warga Amerika, baik penderitaan maupun luka-luka yang dialami seluruh warga akibat konflik dan perang.

 

Disebut Sebagai Hari Kalkun

Berdasarkan hasil penelitian oleh Yayasan Kalkun Nasional, diperoleh data bahwa dalam satu tahun warga Amerika mengkonsumsi sekitar 46 juta kalkun yang dimana jumlah ini mencapai seperlima dari total seluruh kalkun di Amerika. Selain itu kalkun juga merupakan menu makanan yang banyak dikonsumsi di libur panjang, seperti pada akhir tahun. Tidak heran apabila Thanksgiving menjadi bentuk rasa syukur atas tersedianya bahan makanan dari menu favorit warga Amerika ini. Itu kenapa, Thanksgiving juga sering disebut sebagai Hari Kalkun.

 

Nah Sobat, itu dia ulasan singkat dan hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang Thanksgiving. Thanksgiving memang tidak dirayakan di Indonesia, akan tetapi kita bisa mengambil hal positif dari perayaan ini Sobat. Thanksgiving mengajarkan kita untuk terus bersyukur akan nikmat dan hal-hal positif yang selalu kita terima setiap harinya.

 

Penulis: Indah Sari