Sebagai pengguna jalan raya, baik pengguna kendaraan roda empat ataupun roda dua, mematuhi aturan lalu lintas sudah menjadi kewajiban kita. Hal ini ditujukan tidak lain untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar, yang bisa berujung terjadinya kecelakaan bahkan berurusan dengan aparat hukum.

 

Pemerintah membuat aturan lalu lintas untuk menjamin kamu dan seluruh pengguna jalan lainnya agar selalu disiplin saat berkendara demi keamanan dan kenyamanan bersama. Mulai dari dilarang menerobos lampu merah, tidak boleh parkir di sembarang tempat, harus menggunakan sabuk pengaman dan memiliki surat izin mengemudi.

 

Nah Sobat, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas beberapa aturan lalu lintas yang berbeda dan aneh di dunia. Apa aja sih? Simak ulasan TimiKimi berikut yuk.

 

Eropa

Jika kamu mengunjungi Swedia, beberapa wilayah di sana melarang keras pengendara untuk mematikan lampu sorot. Hal ini juga tetap berlaku meski kamu berkendara di siang hari. Kamu akan tetap dikenakan sanksi hukum jika melakukan hal ini Sobat. Selain itu, di Rusia kamu tidak boleh mengendarai mobil dalam keadaan kotor.  Jadi, jika kamu mengunjungi negara yang satu ini, pastikan mobilmu tetap dalam keadaan bersih ya Sobat!

Jerman juga memiliki aturan lalu lintas yang cukup aneh. Untuk kamu yang belum tahu, Jerman merupakan surganya pecinta kecepatan. Autobahn yang merupakan sistem jalan nasional di sana tak memberlakukan batas kecepatan. Akan tetapi, memasuki Autobahn juga tak boleh sembarangan. Kamu harus mempersiapkan kondisi bahan bakar. Apabila ada mobil menepi dan ketahuan mogok karena kehabisan bahan bakar, sudah pasti akan ditilang.

Mengecek kondisi kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum berkendara di Denmark. Atas dasar itu, pengendara di Denmark wajib melakukan ritual pengecekan seperti fungsi lampu sein, ban, dan mengecek kolong mobil.

 

Amerika Utara dan Selatan

Portrait of a lovely woman wearing sunglasses enjoying in a car ride.

Tentu kamu pernah mendengar negara Alabama, bukan? Di negara ini juga terdapat aturan lalu lintas yang cukup aneh dan tidak biasa. Pengendara dilarang menggunakan kacamata hitam selama berkendara di seluruh wilayah Alabama. Selain itu, Kosta Rika juga memiliki aturan lalu lintasnya sendiri. Pengendara yang mengendarai kendaraan dengan kadar alkohol darah sebesar 0.75 dianggap sudah melanggar hukum.

 

Asia

Jika kamu berniat berlibur ke Singapura dan akan mengendarai kendaraan pribadi, maka pastikan kamu tidak menyetir lebih dekat dari 50 meter dengan pejalan kaki. Jepang juga memiliki aturan lalu lintas yang lucu Sobat. Kamu akan melanggar hukum jika menyemprot pejalan kaki dengan genangan air. Selain itu, di Manilla, Filipina, pengendara dengan plat mobil tertentu tidak boleh menggunakan mobilnya di hari tertentu. Misalnya, mobil dengan plat nomor ujung 1 atau 2 tidak boleh ada di jalanan pada Senin. Dan aturan paling nyeleneh terakhir ada di Thailand. Jika kamu berkendara di negara ini, pastikan kamu mengenakan baju karena kamu akan ditilang jika berkendara dengan bertelanjang dada.

 

Nah Sobat, itu dia beberapa aturan lalu lintas yang kocak dan aneh di dunia. Yang jelas, sebagai pengguna jalan umum, kita harus disiplin dan menaati aturan demi menjaga keselamatan bersama.

 

Penulis: Indah Sari