Baru Lulus Kuliah? 5 Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu, Sobat!

Setiap orang pasti mendambakan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Tetapi, mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan, karena banyaknya lulusan-lulusan baru yang juga ingin bekerja, namun berbading terbalik dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Belum lagi, kamu juga harus bersaing dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dibidangnya yang juga mencari pekerjaan. Fresh graduate biasanya belum punya banyak pengalaman di dunia kerja, apalagi jika kamu tidak aktif dibanyak kegiatan organisasi, dan lain sebagainya.

Kebanyakan fresh graduate asal memilih pekerjaan tanpa melihat atau mencari tahu lebih jauh tentang perusahaan yang dilamar. Ada banyak pertimbangan yang harus kamu cari tahu sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Jangan sampai kamu merasa terjebak nantinya, karena salah pilih pekerjaan atau pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minatmu. Memang, setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang diambil pada masa kuliah dulu. Jangan sampai kamu membuang-buang waktu untuk bekerja di perusahaan yang salah. Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan pastikan perushaan yang kamu lamar memiliki beberapa kriteria. Berikut TimiKimi punya informasinya untuk kamu, simak ya!

Baca juga: 8 Orang Indonesia Yang Berhasil Mengharumkan Nama Bangsa Di Luar Negeri

Cermat Memilih Tempat Kerja

Source: Google

Banyak fresh graduate yang asal lamar pekerjaan, tanpa tahu lebih jauh mengenai profil perusahaan yang dilamar. Padahal, hal ini penting untuk kamu lho, Perushaan yang kamu pilih harus memeliki beberapa kriteria berikut:

1. Teliti dengan Baik

Diterima kerja untuk pertama kali memang sesuatu yang menyenangkan, apalagi kamu sudah melalui banyak tes dan wawancara di berbagai perusahaan. Banyak rencana yang terpikirkan, termasuk dalam hal keuangan karena kamu akan segera mendapatkan penghasilan. Tetapi, jangan sampai kamu bekerja pada sebuah perusahaan yang tidak memiliki kredibilitas yang baik, dan juga tidak mempunyai perkembangan karir dan masa depan.

Banyak sekali perusahaan yang tidak memiliki kredibilitas yang baik, untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawannya. Nah, untuk itu sangat penting memastikan bahwa tempat kerja kamu nanti adalah sebuah perusahaan yang tepat dan bisa menjadi sarana yang baik dalam perkembangan karirmu di masa depan.

2. Gaji yang Sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR)

Perusahaan yang bagus, akan memberikan hak karyawan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satu hal yang wajib dipenuhi perusahaan yaitu sistem pembayaran gaji yang layak dan sesuai dengan UMR yang berlaku. Besaran gaji telah disesuaikan dengan kebutuhan hidup di daerah tersebut, sesuai dengan kebijakan pemerintah mengenai UMR.

3. Sistem Rekrutmen yang Jelas

Kamu harus cari tahu bagaimana perusahaan tersebut melakukan perekrutan terhadap tenaga kerja mereka. Perusahaan yang baik tentu akan memiliki sistem perekrutan yang baik pula. Kamu akan mendapatkan kejelasan mengenai tahapan seleksi yang harus dilalui.

4. Jenjang Karir

Carilah perusahaan yang memiliki jenjang karir yang jelas untuk karyawannya. Jika perusahaan yang akan kamu lamar tidak memiliki kejelasan karir, maka sudah pasti kamu juga tidak akan memiliki kejelasan karir di perusahaan tersebut. Tentu kamu ingin bukan memiliki karir yang baik kedepannya?

Baca juga: Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia, Cari Tahu Yuk!

5. Budaya Kerja yang Sehat dan Terbuka

Ini juga salah satu yang menjadi pertimbangan dalam memilih perusahaan yang akan kamu lamar. Ketahui dengan baik mengenai budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut. Sebab, itu akan berpengaruh terhadap kenyamanan kamu dalam bekerja.

6. Jaminan Kesehatan yang Memadai

Jaminan kesehatan untuk karyawan salah satu yang tepenting jika kamu ingin bekerja di suatu perusahaan. Kamu tidak akan tahun kapan kamu akan jatuh sakit, kan? Kamu harus pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki jaminan kesehatan, seperti BPJS Kesehatan atau yang lainnya.

7. Aturan Kerja yang Sesuai dengan Undang-undang

Salah satu cara untuk mengetahui sebuah perusahaan baik atau tidaknya adalah perushaan beroperasi sesuai dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku. Jika perusahaan tersebut berjalan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, maka hak dan kewajibanmu akan diperhatikan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Nah, Sobat setelah kamu mengetahui mengenai kriteria perusahaan yang baik, TimiKimi punya informasi pekerjaan apa saja yang cocok untuk kamu yang baru lulus atau fresh graduate? Simak yuk!

1. Agen Asuransi

Source: Google

Ada banyak sekali lowongan agen asuransi di situs-situs pencari kerja. Rata-rata mereka menerima fresh graduate, lho. Nah, untuk kamu yang baru lulus pekerjaan ini cocok untukmu yang ingin mencoba. Meski agen asuransi masih sering dipandang sebelah mata, padahal prospek dan pendapatannya lumayan, lho Sobat.

2. Jurnalis

Source: Google

Banyaknya media-media baru yang bermunculan, tentu membutuhkan tenaga kerja yang masih fresh dan energik. Nah, jurnalis ini sangat cocok untuk kamu para fresh graduate yang suka menulis. Pekerjaan ini akan sangat menyenangkan, karena kamu akan banyak mewawancarai tokoh-tokoh besar dari mulai pejabat maupun selebriti. Kamu akan mengenal banyak orang dari hasil kamu mencari berita, relasi itu menjadi nilai tambah untuk kamu dalam mengembangkan karir kedepannya.

Baca juga: Perpanjang SIM Online Tanpa Antri Dan Gak Pakai Ribet, Ini Lho Caranya!

3. Account Executive

Source: Google

Pekerjaan ini juga banyak muncul di situs pencari kerja dan mulai menjamur belakangan ini. Untuk para fresh graduate yang tertarik dengan pekerjaan ini. Anda akan banyak melakukan pertemuan dengan klien di luar kantor, dan berpenampilan menarik menjadi salah satu syarat untuk menjadi account executive. Sebenarnya, tugas dan fungsi profesi ini tidak jauh berbeda dengan sales pada tim marketing. Kamu harus melakukan pendekatan dengan perusahaan-perusahaan untuk menjalin kerja sama.

4. Management Trainee

Source: Google

Program ini diperuntukan untuk kamu yang baru lulus. Kamu akan dibekali sejumlah pelatihan untuk menduduki posisi top atau strategis. Program ini rata-rata memakan waktu selama 2 tahun. Kamu juga akan diberikan bekal materi mengenai seluk beluk perusahaan. Program ini sangat menguntungkan untuk kamu lho Sobat, karena kamu akan dibentuk sesuai dengan ekspektasi perusahaan, sehingga perusahaan tersebut yakin dengan kinerjamu. Tetapi proses seleksi untuk program ini tidak mudah, Anda harus mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan banyak kandidat.

5. Customer Service

Source: Google

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yangmembutuhkan layanan customer service (CS), karena customer service merupakan layanan yang diberikan perusahaan untuk dapat menghadapi pelanggan dengan baik. Untuk kamu yang ingin melamar sebagai customer service, kamu diwajibkan murah senyum serta penuh kesabaran.

Baca juga: Manjakan Diri Setelah Gajian Dengan Santap Di Restoran All You Can Eat Jakarta Terbaik

Cari dan Temukan yang Terbaik

Semua keputusan ada ditangan kamu, pilihlah perusahaan dan pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu. Jangan sampai karena terlalu banyak memilih sehingga kamu lama untuk mendapatkan pekerjaan. Memang mencari pekerjaan bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih untuk kamu yang baru saja lulus. Carilah perusahaan dengan kredibilitas yang baik sehinggan nantinya kamu akan terjamin sebagai karyawan.