Beasiswa BCA Finance 2019: Syarat dan Cara Mendaftarnya

Biaya kuliah semakin mahal. Jangan sampai ketika sudah kuliah, kamu kekurangan dana sehingga putus kuliah. Ajukan saja beasiswa BCA Finance yang diadakan setiap tahunnya. Simak cara lengkap berikut persyaratan mengajukannya di sini!

Siapa di antara kamu yang saat ini sedang menjalani kuliah? Pendidikan memang sangat penting, apalagi di jaman yang penuh persaingan seperti saat ini. Titel S1 rasanya sudah seperti kacang goreng saja. Dengan memiliki pendidikan yang tinggi, maka peluang untuk memiliki karir yang tinggi juga semakin terbuka lebar. Ibaratnya, saat melamar pekerjaan, kamu sudah memiliki bekal sendiri. Tapi untuk bisa meraih gelar sarjana tidaklah mudah karena dibutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Coba saja kamu perhatikan kalau ada banyak sekali orang yang pada akhirnya harus putus kuliah atau tidak bisa meneruskan kuliah karena terkendala masalah dana.

Biaya kuliah yang harus dikeluarkan per semesternya bisa mencapai jutaan bahkan ada yang hingga puluhan juta. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk ongkos dan membeli buku kuliah. Dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan, tak heran kalau ada banyak mahasiswa yang putus kuliah karena ingin mencari kerja dulu supaya dapat melanjutkan kuliah mereka. Tapi daripada putus kuliah sementara, ada solusi lain yang bisa kamu ambil, yakni dengan cara mengajukan beasiswa. Salah satu beasiswa yang bisa kamu lamar adalah beasiswa BCA Finance.

Mengenal Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance (blog.galedu.com)

Beasiswa BCA Finance merupakan beasiswa yang diberikan oleh BCA Finance bagi mahasiswa supaya bisa menamatkan kuliahnya hingga selesai. Pendaftaran untuk beasiswa BCA Finance biasanya dibuka pada awal bulan Mei setiap tahunnya dan ditutup satu bulan kemudian. Jadi jangan sampai ketinggalan infonya ya! Dana beasiswa BCA Finance yang akan diberikan kepada penerima beasiswa berkisar hingga Rp3 juta per semesternya. Jadi kamu tidak hanya mendapatkan beasiswa selama satu semester saja karena beasiswa akan diberikan hingga kamu lulus kuliah atau hingga semester 8.

Jika setelah semester 8 kamu belum lulus juga, maka mau tak mau kamu harus membayar uang kuliah sendiri di semester 9. Selain itu ada syarat minimal IPK yang juga harus kamu pertahankan di setiap semesternya. Untuk perguruan tinggi negeri, syarat IPKnya minimal 3.2. Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta minimal IPK minimal 3.4. Jadi, jangan mentang-mentang mendapatkan beasiswa BCA Finance lantas kamu malas-malasan belajar ya! Karena kalau nilaimu turun, pasti beasiswa BCA Financemu akan dicabut.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2019: Cara Mendaftar dan Tips Agar Bisa Lolos

Syarat Penerima Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance (huffpost.com)

Untuk mengajukan beasiswa BCA Finance, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi dulu, yaitu:

  • Mahasiswa/ mahasiswi program Strata 1 (S1) dari perguruan tinggi negeri maupun swasta
  • Minimal sudah semester 2 atau tidak lebih dari semester 8
  • IPK minimal 3,2 untuk perguruan tinggi negeri atau 3,4 untuk perguruan tinggi swasta
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari manapun
  • Aktif dalam kegiatan organisasi di kampus
  • Tidak pernah terlibat kasus pidana/ perdata
  • Tidak menggunakan narkoba atau zat adiktif lainnya
  • Melakukan pendaftaran beasiswa BCA Finance secara online

Tahapan Seleksi Beasiswa BCA Finance 2019

Beasiswa BCA Finance (www.aacc.edu)

Untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance, kamu harus melalui beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu, yaitu:

  • Tahap 1

Tahapan yang pertama adalah tahapan penentuan awal. Biasanya pihak pemberi beasiswa BCA Finance akan melakukan penyaringan hingga 150 calon penerima beasiswa. Nantinya jika namamu lolos dalam tahapan seleksi beasiswa BCA Finance, maka kamu harus mempersiapkan persyaratan lainnya seperti kartu mahasiswa, surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat, Kartu Keluarga, bukti rekening listrik, surat ketua organisasi atau surat keterangan yang ditandatangani.

  • Tahap 2

Di tahapan kedua nantinya seleksi beasiswa BCA Finance akan lebih ketat lagi karena calon penerima akan berkurang lagi menjadi 100 orang saja. Jika sudah masuk tahapan kedua ini, peluang kamu mendapatkan beasiswa BCA Finance akan semakin besar. Tapi bukan berarti tidak ada penyaringan lagi. Justru di tahap ini, kamu akan bersaing dengan banyak pelamar beasiswa BCA Finance.

Nantinya jika kamu berhasil lolos, maka namamu akan ada di dalam pengumuman yang diunggah oleh BCA Finance melalui website resminya di alamat www.bcafinance.co.id.

Cara Mendaftar Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance (squarespace.com)

Setelah persiapan syarat sudah dipenuhi, kamu tinggal mendaftar beasiswa BCA Finance. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi website www.bcafinance.co.id/beasiswa
  • Klik menu pendaftaran beasiswa BCA Finance
  • Isi form data diri atau biodata dengan lengkap dan benar
  • Upload persyaratan dokumen yang diperlukan

Setelah itu, kamu tinggal mengikuti prosedur yang diminta oleh BCA Finance dan melakukan proses seleksi supaya bisa lolos dan mendapatkan beasiswa.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Agar Kuliah Bisa Gratis

Tips Supaya Bisa Lolos Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance (www.debt.org)

Berhubung jatah beasiswa yang diberikan oleh BCA Finance sangat terbatas, maka persaingan untuk mendapatkannya juga tergolong ketat. Supaya kamu bisa lolos seleksi dan menerima beasiswa BCA Finance, ada baiknya kalau kamu membaca beberapa tips yang diberikan oleh TimiKimi, yaitu:

  • Miliki Nilai di Atas Rata-rata

Tips yang pertama adalah kamu harus memiliki nilai yang di atas rata-rata. Jika minimal IPK yang disyaratkan adalah 3,2 untuk perguruan tinggi negeri dan 3,4 untuk perguruan tinggi swasta, maka usahakan untuk melebihi angka tersebut karena bagaimanapun juga pihak BCA Finance pasti akan memprioritaskan mahasiswa yang nilainya lebih tinggi dari patokan nilai angka tersebut.

  • Perdalam Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah memperdalam bahasa Inggris. Kenapa harus bahasa Inggris? Karena kemampuan bahasa asing juga diperhitungkan ketika melamar beasiswa. Tidak harus menguasai banyak bahasa asing, cukup satu bahasa asing saja yang harus kamu kuasai, yakni bahasa Inggris. Kalau perlu lakukan tes TOEFL terlebih dahulu supaya hasilnya bisa kamu lampirkan saat mengajukan beasiswa BCA Finance.

  • Perbanyak Portofolio

Beasiswa BCA Finance (thingscareerrelated.wordpress.com)

Memperbanyak portofolio adalah salah satu cara supaya kamu bisa mendapatkan beasiswa BCA Finance. Portofolio yang ada bisa berupa sertifikat saat mengikuti lomba atau penghargaan karena sudah berpartisipasi dalam kegiataan tertentu. Ibaratnya portofolio merupakan bukti dari prestasi yang selama ini telah kamu raih selain nilai IPK yang tinggi. Kalau kamu punya keahlian lain seperti fotografer, menulis, debat, dan lain sebagainya, daftarkan dirimu untuk mengikuti lomba tersebut.

  • Selalu Aktif Berorganisasi

Selain memperbanyak portofolio, kamu juga bisa selalu aktif mengikuti organisasi yang ada di kampus maupun lingkungan luar kampus. Misalkanya dengan menjadi anggota senat atau BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), himpunan mahasiswa, hingga UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Dengan begitu, pihak pemberi beasiswa akan menganggap kalau kamu adalah orang yang pintar bersosialisasi dengan banyak orang. Ditambah lagi jika  aktif berorganisasi, maka kamu juga bisa menambah banyak pengalaman.

  • Jangan Pantang Menyerah Jika Gagal

Beasiswa BCA Finance (www.lookingglassbc.com)

Tips selanjutnya adalah jangan mudah menyerah jika gagal mendapatkan beasiswa BCA Finance karena kamu bisa mencobanya tahun depan. Jika pada tahun ini, kamu masuk tahun kedua kuliah, masih ada dua kali kesempatan untukmu mendapatkan beasiswa BCA Finance. Oleh karena itu, selama menunggu beasiswa BCA Finance dibuka, mulai sekarang kamu sudah harus mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Ingat selalu kalau selama ada kemauan, pasti di situ akan ada jalan untukmu. Jadi, jangan mudah menyerah ya Sobat!

Jika kamu sedang dalam keadaan terdesak dan harus segera membayar uang kuliah, kamu bisa memanfaatkan pinjaman online dari TunaiKita. Ajukan dengan cara mendownload aplikasinya melalui PlayStore atau AppStore. Dana pinjaman yang bisa diberikan kepadamu mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor mencapai 180 hari. Syarat yang perlu dilengkapi hanyalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega). Tapi sebelum mengajukan pinjaman online, lakukan perhitungan dengan matang supaya nantinya cicilan bisa terbayarkan tepat waktu hingga lunas.

Selamat mengajukan beasiswa BCA Finance dan semoga pengajuanmu diterima ya Sobat!