Beasiswa LPDP 2019: Cara Mendaftar dan Tips Agar Bisa Lolos

Beasiswa LPDP

Biaya pendidikan memang terbilang cukup mahal. Tapi jangan sampai cita-citamu untuk menempuh pendidikan yang tinggi terhalang oleh kekurangan dana. Bagi yang ingin melanjutkan kuliah hingga ke tingkat magister dan doktoral, kamu bisa ikuti beasiswa LPDP. Simak cara mendaftar berikut dengan tips agar bisa lolos beasiswa LPDP di sini!

Pendidikan sangatlah penting untuk menunjang karir dan masa depan seseorang. Meski saat ini kreativitas lebih diandalkan, tapi tetap saja jenjang pendidikan selalu menjadi syarat utama jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lumayan. Sayangnya untuk dapat meraih pendidikan yang tinggi, kita harus merogoh kocek yang cukup lama karena semakin tinggi tingkat pendidikan, maka semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan untuk meraihnya. Inilah yang membuat pemerintah mengeluarkan program beasiswa bernama beasiswa LPDP.

LPDP merupakan kepanjangan dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah di bawah naungan Kementrian keuangan dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Program beasiswa yang diberikan oleh LPDP adalah beasiswa untuk jenjang pendidikan magister (S2), doktoral (S3), dan riset untuk inovasi, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Setiap tahunnya program ini selalu dibuka pendaftarannya pada awal hingga pertengahan tahun. Sedangkan untuk proses dan pemberitahuan penerima beasiswa LPDP 2019 dilakukan di akhir tahun. Proses untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini memang tergolong sangat lama karena yang mendaftar dari seluruh Indonesia. Sedangkan kuota beasiswa LPDP yang diberikan sangat terbatas. Jadi kamu harus siap untuk bersaing dan menjalani proses seleksi yang sangat ketat.

Pilihan Program Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP (ehef.id)

Untuk program beasiswa LPDP, ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil, yaitu:

  1. Beasiswa Reguler
  2. Beasiswa Disertasi
  3. Beasiswa Dokter Spesialis
  4. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
  5. Program Co-Funding
  6. Beasiswa Afirmasi:
  • Beasiswa Daerah Tertinggal
  • Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi
  • Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera
  • Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan
  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  • Beasiswa Santri
  • Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan

Baca juga: Beasiswa BCA Finance 2019: Syarat Dan Cara Mendaftarnya

Cara Mendaftar dan Syarat Pengajuan Beasiswa LPDP

Beasiswa Lpdp (www.lpdp.kemenkeu.go.id)

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, tentunya ada beberapa persyaratan beasiswa LPDP yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Tapi perlu kamu ketahui kalau syarat yang diberikan berbeda-beda tergantung dari pilihan program beasiswa LPDP yang akan diambil nantinya. Tapi untuk syarat beasiswa program S2 dan S3 regular akan memberikan syarat seperti ini:

  • Berusia maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
  • Memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3.0 pada skala 4.
  • Surat keterangan kesehatan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Jika ingin mengajukan beasiswa ke luar negeri, kamu juga harus menambahkan surat keterangan bebas TBC.
  • Mendapatkan surat rekomendasi dari atasan (bagi yang sudah bekerja) atau surat rekomendasi dari tokoh masyarakat (bagi yang belum bekerja).
  • Memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleg ETS seperti TOEIC dengan skor 600 bagi penerima beasiswa dalam negeri dan TOEIC 750 bagi penerima beasiswa luar negeri.
  • Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan kalau setelah selesai studi, kamu akan kembali ke Indonesia dan tidak akan dalam tindakan yang melanggar hukum.
  • Membuat perjanjian untuk wajib menyelesaikan masa studi dengan ketentuan minimal 11 bulan atau paling lama 24 bulan.

Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, kamu bisa langsung mendaftar melalui situs resminya di alamat www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Tapi jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu supaya bisa login ke dalam.

Kategori dalam Seleksi Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP (tstatic.net)

Dalam seleksi beasiswa LPDP, ada dua kategori yang bisa kamu pilih dan ikuti. Kedua kategori ini sangat berbeda, jadi kamu jangan salah memilihnya ya!

1. Kategori Beasiswa Umum

Kategori ini adalah untuk pelamar beasiswa reguler, Afirmasi Daerah 3T, Alumni Bidikmisi Berprestasi, Beasiswa Indonesia Timur, individu Berprestasi dari Keluarga Prasejahtera/ Miskin, dan Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan. Tahapan seleksinya adalah:

  • Pendaftaran melalui website resmi LPDP
  • Seleksi administrasi
  • Seleksi berbasis komputer (assessment online)
  • Seleksi substansi

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Beasiswa Dalam Dan Luar Negeri Agar Kuliah Bisa Gratis

2. Kategori Beasiswa non Umum

Untuk kategori yang satu ini adalah kategori beasiswa untuk PNS/ POLRI/ TNI, Beasiswa Santri, dan Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan. Tahapan seleksi yang diberikan adalah:

  • Pencalonan
  • Seleksi atau pengusulan oleh Kementrian/ Lembaga/ Pemda
  • Pendaftaran melalui website LPDP
  • Seleksi berbasis komputer
  • Seleksi substansi

Tips Agar Bisa Lolos Beasiswa LPDP

Berhubung persaingan untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini sangatlah ketat, maka kamu juga harus membekali diri dengan banyak persiapan yang dilakukan. TimiKimi akan membagi sedikit tips untuk kamu agar bisa lolos beasiswa LPDP tahun ini. Langsung lihat saja yuk tipsnya!

  • Menetapkan Universitas Tujuan

Universitas Tujuan (www.gla.ac.uk)

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan universitas tujuanmu, apakah itu universitas dalam atau luar negeri. Peluang untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri jauh lebih besar dibanding luar negeri, terutama untuk mendapatkan beasiswa di universitas yang ada di negara-negara Eropa dan Amerika. Tetapkan juga jurusan yang aka diambil karena nantinya kamu tidak bisa berubah pikiran setelah mendapatkan beasiswa alias tidak bisa pindah jurusan. Jika kamu pindah jurusan maka daftar beasiswa LPDPmu akan langsung hangus.

  • Memenuhi Syarat Seleksi yang Sudah Ditentukan

Selanjutnya adalah memenuhi syarat seleksi administrasi yang sudah ditentukan. Ingat, jangan sekali-kali menyiapkan dokumen persyaratan secara dadakan. Siapkan dari jauh-jauh hari karena butuh waktu untuk menyiapkan semuanya. Untuk syarat dokumen yang perlu disiapkan adalah ijazah S1, surat keterangan sehat dan bebas narkoba, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), sertifikat tes TOEFL/ IELST, dan esai.

  • Meningkatkan Skor TOEFL/ IELST

TOEFL (anakusu.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, TOEFL/ IELST sangatlah penting untuk bisa meloloskan pengajuan beasiswa LPDP milikmu. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan IELST (International English Language Testing System) merupakan tolak ukur bahasa Inggrismu supaya bisa mengikuti jalannya perkuliahan dengan baik. Jika skor TOEFL/ IELST milikmu masih di bawah rata-rata, maka segera ambil les!

  • Menulis Esai Berkualitas

Untuk dapat lolos beasiswa LPDP, kamu harus memberikan esai dengan minimal kata 500-700. Ada tiga tema yang bisa kamu ambil sebagai bahan esai, yakni kontribusi untuk bangsa, kesuksesan dalam hidup, dan rencana studi apa saja yang akan dilakukan setelah kamu diterima di universitas pilihanmu nanti.

Baca juga: Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia, Cari Tahu Yuk!

  • Menyiapkan Visi dan Misi

Dalam proses seleksi beasiswa LPDP ada yang namanya tahapan wawancara. Dalam sesi wawancara ini kamu akan ditanya mengenai visi dan misi dalam hidupmu. Jadi siapkan terlebih dahulu apa saja visi dan misi yang akan kamu lakukan pada saat mendapatkan beasiswa LPDP dan setelah menyelesaikan studi nantinya. Pihak pewawancara biasanya akan memberikan nilai plus jika kamu memberikan visi dan misi yang berhubungan dengan nasionalisme.

  • Letter of Acceptance Bisa Jadi Tiket Emas

Letter of Acceptance (ctb.ku.edu)

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan letter of acceptance dari universitas yang kamu pilih. Letter of Acceptance ini bisa menjadi tiket emas karena kamu sudah diterima di universitas tujuan, hanya tinggal menunggu beasiswa yang akan membiayai kuliahmu saja. Untuk mendapatkan letter of acceptance ini kamu harus mengirimkan surat pengajuan ke universitas yang kamu tuju terlebih dahulu.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah tekadmu sudah yakin dan bulat untuk mendapatkan beasiswa LPDP? Jika kamu merasa ada informasi yang masih kurang jelas,kamu bisa mengunjungi langsung website resminya di situs www.lpdp.kemenkeu.go.id. Semoga dengan usaha dan perjuangan yang gigih, kamu bisa mendapatkan beasiswa LPDP dan melanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Semangat Sobat!