Beasiswa Pertamina 2019: Cara Mengajukan, Syarat, dan Trik Supaya Bisa Lolos

beasiswa pertamina

Setiap tahunnya Pertamina selalu memberikan beasiswa bagi para calon sarjana Indonesia. Pelajari dulu syarat pendaftaran, universitas yang bisa dituju, dan juga trik supaya bisa lolos dan mendapatkan beasiswa Pertamina dengan mudah.

Meraih pendidikan hingga setinggi langit sudah menjadi impian banyak anak muda. Tapi untuk bisa mewujudkan impian tersebut pastinya dibutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang akan diraih, maka semakin besar pula biaya yang harus kamu keluarkan. Salah satu solusi yang bisa menyelesaikan permasalanmu ini adalah dengan cara mengajukan beasiswa seperti beasiswa Pertamina. Setiap tahun Pertamina selalu menggelontorkan sejumlah dana untuk beasiswa para calon sarjana muda Indonesia.

Beasiswa Pertamina tentu saja diperuntukkan kepada anak-anak yang kurang mampu tetapi cerdas dan memiliki kepedulian serta kontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial kemasyarakatan. Nantinya setiap semester kamu akan dibantu biaya uang semester maksimal Rp5 juta per semester dan bantuan biaya hidup sebesar Rp600 ribu per bulannya. Inilah yang membuat para calon sarjana tertarik untuk mengajukan beasiswa Pertamina karena ada penanggungan biata hidup atau uang saku yang didapat setiap bulannya.

Daftar Universitas yang Bermitra dengan Beasiswa Pertamina

Beasiswa Pertamina 2019 (tstatic.net)

Tidak seperti beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang bisa diapply di semua universitas, baik itu dalam dan luar negeri, PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maupun PTS (Perguruan Tinggi Swasta), beasiswa Pertamina ini hanya bisa diapply di universitas negeri saja alias PTN dan itupun hanya ada 18 PTN yang menerima beasiswa Pertamina. Coba kita lihat saja daftarnya!

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universiras Indonesia
  3. Universitas Teknologi Bandung
  4. Universitas Airlangga
  5. Institur Teknologi Sepuluh November
  6. Universiras Mulawarman
  7. Universitas Teknologi Kalimantan
  8. Universitas Sumatera Utara
  9. Universitas Syiah Kuala
  10. Universitas Sriwijaya
  11. Universitas Jenderal Soedirman
  12. Institute Pertanian Bogor
  13. Universitas Brawijaya
  14. Universitas Diponegoro
  15. Universitas Hassanudin
  16. Universitas Cenderawasih
  17. Universitas Pattimura Ambon
  18. Universitas Teknologi Sumbawa

Baca juga: Beasiswa BCA Finance 2019: Syarat Dan Cara Mendaftarnya

Syarat untuk Mendaftar Beasiswa Pertamina

Beasiswa Pertamina (www.pertamina.com)

Supaya bisa mendaftar beasiswa Pertamina, pastinya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Tapi sebenarnya syarat yang harus dipenuhi ini terbagi menjadi dua, yakni:

1. Syarat Pendaftaran Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Terdaftar menjadi mahasiswa aktif atau tidak sedang dalam masa cuti dari perguruan tinggi yang bisa dibutikan dengan scan atau foto kartu mahasiswa
  • Mahasiswa S1 semester lima atau mahasiswa semester 3 (untuk perguruan tinggi di daerah timur)
  • Memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) pada saat pendaftaran 3.00 (skala 4.00) yang dibuktikan dengan scan atau foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak fakultas
  • Bagi mahasiswa di perguruan tinggi daerah timur harus memiliki IPK minimal 2.75 (skala 4.00) yang dibuktikan dengan scan arau foto dokumen dari pihak fakultas
  • Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang atau narkoba dan tidak terlibat kasus kriminal yang didukung dengan surat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari kepolisian setempat
  • Mengisi formulir pendaftaran yang ada di website beasiswa.pertaminafoundation.org

2. Syarat Pendaftaran Khusus

  • Menulis dan mengirimkan karya tulis berbentuk essai dengan ketentuan ditulis di atas kertas A4 sebanyak 4 lembar, jarak spasi 1,5 spasi, dan disertai dengan foto kegiatan minimal 2 foto
  • Menulis essai berdasarkan tema yang sudah ditentukan oleh panitia
  • Substansi essai harus mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal yang berkontribusi positif terhadap lingkungan dan mempunyai dampak meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan atau organisasi lain yang dibuktikan dengan mengirimkan surat pernyataan diri tidak menerima beasiswa lain yang sudah ditandatangani oleh kepala jurusan atau bagian akademik kampus
  • Aktif dalam berorganisasi, baik itu aksi sosial atau lingkungan yang bisa dibuktikan dengan melampirkan scan atau fotokopi dari surat rekomendasi dari tokoh atau pengurus organisasi kemasyarakatan tersebut
  • Melampirkan scan atau foto surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa setempat
  • Melampirkan scan atau foto Kartu Keluarga (KK)

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Beasiswa Dalam Dan Luar Negeri Agar Kuliah Bisa Gratis

Cara Mendaftar Beasiswa Pertamina

Beasiswa Pertamina (vibizmedia.com)

Jika kamu sudah menyiapkan syarat pendaftaran beasiswa Pertamina, sekarang tinggal melakukan pendaftaran. Cara mendaftar beasiswa Pertamina tidaklah sulit, kamu cukup mengikuti cara-caranya di bawah ini:

  • Buka situs beasiswa.pertaminafoundation.org
  • Klik tombol registrasi di bagian atas atau tombol daftar di bagian bawah
  • Isi formulir pendaftaran yang lengkap lalu klik sumbmit
  • Tunggu konfirmasi yang akan dikirimkan melalui email yang di dalamnya berisi username dan password
  • Login ke dalam situs dengan menggunakan username dan password yang sudah diberikan
  • Lengkapi formulir yang diberikan dan dokumen pendaftaran lalu rubah profil dengan benar kemudian klik save
  • Nantinya akan ada email pemberitahuan untuk mengikuti seleksi selanjutnya berikut syarat apa saja yang harus dibawa

Tahapan Seleksi Beasiswa Pertamina

Beasiswa Pertamina (news.psu.edu)

Beasiswa Pertamina memiliki beberapan tahapan seleksi yang perlu kamu lewati, yakni:

1. Tahapan Pertama

Tahapan pertama ada tahapan seleksi administrasi yang berupa seleksi kelengkapan serta validasi berkas pendaftar beasiswa Pertamina. Berkas yang dinyatakan lolos seleksi oleh panitia akan diikutsertakan pada tahaoan selanjutnya. Pemberitahuan lolos atau tidaknya biasanya diberitahu melalui email.

2. Tahapan Kedua

Tahapan kedua adalah seleksi substansi yang ditahapan ini semua berkas-berkasmu akan dikirimkan, dilihat, dan dinilai sesuai bobot penilaian yang sudah ditetapkan oleh panitia.Jika berkasmu mendapat nilai yang tinggi, maka kamu akan lolos ke tahap yang terakhir.

3. Tahapan Ketiga

Terakhir ada tes wawancara. Jika kamu lolos sampai tahapan ini, maka kamu benar-benar harus mempersiapkan diri untuk diwawancarai dan berhadapan langsung dengan panitia yang terdiri dari yakni perwakilan dari Pertamina Foundation, pejabat PT Pertamina, dan perguruan tinggi setempat di mana kamu menimba ilmu.

Setelah melalui ketiga tahapan di atas, kamu tinggal menunggu pengumuman terakhir yang akan dipublikasikan di situs resmi beasiswa.pertaminafoundation.org.

Trik Supaya Bisa Lolos Beasiswa Pertamina 2019

Beasiswa Pertamina (dagelan.co)

Berhubung beasiswa Pertamina ini memiliki banyak sekali pelamar sehingga kamu harus bersaing dengan ratusan orang yang ada di seluruh Indonesia, TimiKimi akan memberikan beberapa trik yang bisa kamu terapkan agar bisa lolos beasiswa Pertamina 2019, yaitu:

Baca juga: Beasiswa LPDP 2019: Cara Mendaftar Dan Tips Agar Bisa Lolos

  • Membuat Riset Tentang Lingkungan Hidup

Trik yang pertama adalah membuat riset khusus tentang lingkungan hidup karena beasiswa Pertamina memang dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki keprihatinan terhadap masalah lingkungan hidup setempat. Kamu juga bisa menambahkan unsur bagaimana cara kita supaya bisa menjaga bumi ini dengan baik. Kaitkan kasus-kasus yang saat ini sedang terjadi seperti pencemaran sungai akibat limbah pabrik, menumpuknya sampah plastik di lautan, dan lain sebagainya.

  • Aktif Bergabung dalam Organisasi Pecinta Lingkungan Hidup

Trik lainnya adalah dengan aktif bergabung dalam organisasi pecinta lingkungan hidup. Panitia penyelenggara beasiswa Pertamina pasti akan melirik para mahasiswa yang bergabung dalam sebuah organisasi atau aktivitas lingkungan hidup. Tapi ingat ya, kamu harus menjadi anggota aktif, bukan anggota pasif yang hanya terdaftar saja. Kamu harus mengikuti beragam kegiatan lingkungan hidup yang digelar oleh organisasi tersebut.

  • Penuhi Syarat Dokumen dengan Benar dan Lakukan Pengecekan

Tak sedikit mahasiswa yang gugur di tahapan pertama hanya karena tidak memenuhi syarat atau ada dokumen yang kurang sehingga menggugurkan kamu di tahap penyaringan awal. Jadi sebelum mendaftar, lebih baik penuhi syarat dan dokumen dengan baik dan lakukan pengecekan dengan teliti supaya tidak ada yang tertinggal.

Dengan adanya informasi yang lengkap di atas, setelah membaca artikel ini, sebaiknya kamu langsung menyiapkan apa saja yang diperlukan supaya bisa mendapatkan beasiswa Pertamina 2019. Semoga Sobat bisa lolos beasiswa Pertamina 2019. Semangat ya Sobat!