Seorang pengguna kartu kredit, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cashback, bukan? Cashback merupakan benefit yang bisa dikatakan cukup menggiurkan bagi para pengguna kartu kredit. Pada umumnya, cashback berlaku untuk produk yang baru diluncurkan oleh perusahaan tertentu dimana perusahaan tersebut bekerja sama dengan bank yang meluncurkan kartu kredit yang digunakan.

 

Untuk kamu yang belum tahu, cashback adalah penawaran di mana konsumen diberikan persentase pengembalian uang tunai/virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback.

 

Kebanyakan promosi cashback yang ada saat ini biasanya tidak benar-benar berupa pengembalian uang tunai langsung ke tangan konsumen melainkan pihak merchant biasanya memberikan cashback ke dalam bentuk deposit. Cara ini digunakan agar konsumen di lain waktu akan melakukan pembelian kembali menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo cashback. Akan tetapi, tidak jarang juga pihak merchant memberikan pengembalian dana Sobat.

 

Jika kamu seorang pengguna baru dan belum memahami bagaimana caranya mendapatkan cashback kartu kredit, kamu harus baca ulasan TimiKimi di bawah ini Sobat.

 

TunaiKita

 

Gunakan Kartu Kredit pada Setiap Transaksi Belanja


Jika ingin mendapatkan cashback, usahakan sebisa mungkin menggunakan kartu kredit saat melakukan transaksi belanja. Mulai dari belanja bulanan di supermarket, makan di restoran, membeli pakaian, alat elektronik dan transaksi-transaksi lainnya. Semakin sering kamu menggunakan kartu kredit, maka semakin besar pula peluangmu mendapatkan benefit ini. Selain itu, kamu juga bisa mencari merchant dan store yang sedang memiliki program cashback

 

Gunakan Kartu Kredit untuk Nominal Belanja Besar

            Jika kamu melakukan transaksi belanja dengan jumlah nominal yang besar seperti membeli smartphone hingga elektronik rumah tangga, akan lebih baik jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit karena jenis pembelanjaan seperti ini sangat berpotensi untuk mendapatkan cashback. Terlebih untuk jenis gadget atau produk elektronik terbaru, banyak program cashback dengan nominal yang cukup besar sampai 25 persen dari total belanja.

 

Gunakan Kartu Kredit untuk Membayar Cicilan

            Jika kamu sedang mencicil rumah, apartemen, mobil atau motor, gunakan kartu kredit untuk membayar angsurannya. Program cash back biasanya diberlakukan untuk masa awal cicilan atau 3 bulan pertama cicilan. Atau bisa juga saat melakukan down payment atau DP dengan nominal tertentu dimana kamu bisa mendapatkan cashback.

 

Gunakan Kartu Kredit untuk Persiapan Liburan

            Jika kamu memiliki rencana berlibur bersama keluarga atau teman-teman, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai sarana pembayaran untuk membeli tiket pesawat dan reservasi hotel. Biasanya, salah satu jenis program reward cashback untuk kartu kredit paling sering adalah pembelian tiket pesawat dan hotel.

 

Pastikan Kartu Kredit yang Dipilih Memiliki Program Cashback

            Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk menikmati benefit yang satu ini, maka hal yang harus dipastikan adalah, apakah kartu kredit yang kamu pilih sering memberikan fasilitas cashback kepada penggunanya. Jangan sampai kamu memilih kartu kredit yang jarang memberikan cashback. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu agar fungsi dan penggunaanya sesuai dengan tujuanmu.

 

Nah itu dia Sobat, cara-cara untuk mendapatkan cashback kartu kredit. Dengan adanya benefit seperti ini, sebagai seorang pengguna kartu kredit kamu juga harus berhati-hati lho Sobat. Kamu harus cermat dalam menggunakannya agar perencanaan keuangan-mu tidak berantakan. Jangan lupa juga, program cashback seperti ini pasti memiliki syarat dan ketentuan yang harus kamu cari tahu terlebih dulu ya Sobat.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari