Waktu yang Tepat Beli Tiket Pesawat untuk Liburan Akhir Tahun

Sudah merencanakan ingin jalan-jalan ke mana menjelang libur akhir tahun ini, Sobat? Tapi belum kunjung membeli tiket pesawat karena harganya yang mahal? Tenang, TunaiKita punya tips waktu yang tepat membeli tiket pesawat untuk liburanmu di akhir tahun nanti. Simak ulasannya di sini yuk!

Tiket pesawat untuk tujuan ke mana pun memang terhitung mahal. Terkadang rencana liburan hanya menjadi wacana dikarenakan tiket pesawat yang tidak kunjung turun harganya. Nah, agar liburan tidak sekedar jadi wacana, banyak yang khusus berburu tiket saat masa promo agar bisa mendapat harga tiket yang jauh lebih murah.

Libur tahun baru menjadi salah satu high season yang menyebabkan kenaikan harga pesawat sangat drastis. Biasanya, di samping kenaikan harga, masalah yang dikeluhkan oleh penumpang adalah jumlah tiket yang cepat habis, bahkan beberapa hari menuju libur akhir tahun. Jika kamu berencana untuk terbang di akhir tahun nanti, berikut langkah apa yang bisa dilakukan untuk menyiasati masalah kehabisan tiket!

Tiket Pesawat untuk Liburan Akhir Tahun Agar Tidak Kehabisan

1. Pesan Tiga Belas Pekan Sebelumnya

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan (lifestyle.sindonews.com)

Untuk kamu yang tidak ingin kehabisan tiket untuk liburan akhir tahun, kamu bisa mensiasatinya dengan mulai booking tiket penerbangan sejak tiga belas pekan sebelum keberangkatan.

Itu berarti jika kamu akan terbang pada akhir Desember atau sekitar tanggal 25 ke atas, maka pada akhir September tiket sudah harus didapatkan. Dilansir dari situs harga tiket, Skyscanner, tiga belas pekan sebelum keberangkatan liburan akhir tahun adalah saat terbaik di mana kamu bisa menghemat bujet hingga 29 persen lho, Sobat.

Baca juga: Ini 7 Biaya Liburan Yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Traveling

2. Harga Terbaik Tanggal 9 dan 10 Oktober

Di bulan Oktober, ada dua tanggal di mana kamu berkesempatan untuk mendapatkan tiket liburan akhir tahun dengan harga terbaik. Untuk keberangkatan liburan di dekat-dekat perayaan natal, kamu bisa membeli tiket di tanggal 9 Oktober. Sedangkan untuk penerbangan pada malam tahun baru, kamu bisa memesannya di tanggal 10 Oktober.

Pastikan memesan tiket pada jam lima hingga tujuh pagi pada dua tanggal tersebut karena harganya cenderung murah. Bisa juga di malam hari setelah jam delapan malam. Sebaliknya, hindari jam-jam sibuk seperti delapan hingga sepuluh pagi dan lima sore hingga tujuh malam karena harganya cenderung mahal.

3. Minggu Ketiga Bulan November

5 Cara Jitu Berburu Tiket Pesawat dan Hotel Murah untuk Liburan Keluarga (parenting.orami.co.id)

Masih melansir dari Skyscanner, minggu ketiga bulan November juga menjadi saat yang tepat untuk memesan tiket pesawat liburan akhir tahun. Lebih spesifiknya, kamu bisa memesan tiket pesawat pada tanggal 21 November ke atas. Di waktu ini, kamu bisa mendapatkan tiket murah dan berpeluang melakukan penghematan hingga 4.14 persen, lumayan bukan?

Tanggal terbaik untuk keberangkatan liburan akhir tahun adalah 26-31 Desember. Sedangkan, tanggal kepulangan terbaik adalah pada 1-3 Januari. Jadi, kamu bisa memilih tanggal-tanggal tersebut untuk merencanakan liburan akhir tahun.

4. Pesan Tiket Beberapa Hari Terakhir Menjelang Keberangkatan

Banyak yang mengatakan bahwa memesan tiket mendekati waktu terbang akan meningkatkan persentase mendapatkan tiket dengan harga paling mahal. Hal ini memang benar jika kamu memesan tiket liburan akhir tahun, tepat di tanggal 25 Desember. Memesan tiket tepat di hari Natal akan membuat kamu mengeluarkan bdget 24 persen lebih tinggi daripada hari lain di bulan Desember.

Namun, bila memesan tiket liburan akhir tahun di tanggal 26 dan sepanjang pekan terakhir bulan Desember, maka penghematan sebesar 6.72 persen hingga 11 persen bisa dilakukan. Mengapa? Karena pada tanggal tersebut, tingkat permintaan tiket lebih menurun setelah hari Natal lewat. Tapi, tetap pastikan bahwa kamu tidak memesan tiket pada menit atau detik terakhir karena selain harganya lebih mahal, kamu juga berisiko tinggi untuk kehabisan tiket.

Pastikan juga kamu sudah merencanakan dengan matang waktu keberangkatan dan kepulangan liburan akhir tahun sebelum membeli tiket penerbangan. Tentukan juga ada berapa orang yang akan ikut bepergian. Hal ini dilakukan demi meminimalkan kerugian jika kamu tiba-tiba membatalkan penerbangan yang sudah di-booking dengan susah payah. Atau, skenario terburuknya adalah kamu tidak mendapatkan tiket jika tidak merancanakan dengan baik jadwal liburan akhir tahun.

Perlu diingat, meskipun ada beberapa waktu yang disarankan menjadi saat yang tepat bagimu membeli tiket liburan akhir tahun, membandingkan harga di berbagai situs dan maskapai tetap harus dilakukan. Pasalnya, berbagai situs dan maskapai memiliki penawaran yang sudah pasti berbeda satu sama lainnya.

Baca juga: 10 Tempat Romantis Di Jakarta Buat Ajak Pacar Ngedate

5. Gunakan Poin dan Miles

10 Tips Untuk Mendapatkan Upgrade Gratis ke Pesawat Kelas Bisnis (www.skyscanner.co.id)

Jika kamu sudah menjadi pengguna loyal dari suatu maskapai penerbangan, jangan lupa untuk mendaftar keanggotaan frequent flyer. Dengan keanggotaan ini, kalian bisa mendapat poin dan miles yang bisa ditukarkan dengan tiket gratis.

Poin dan miles ini tidak hanya bisa kalian dapat dengan sering-sering terbang, lho. Beberapa maskapai juga bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit dan online shopping yang tiap transaksinya bisa mendapat bonus berupa poin dan miles.

6. Aktifkan Price Alerts

Fitur price alerts akan memberikanmu notifikasi tentang harga dan waktu perjalanan yang paling cocok dengan budget yang sudah disiapkan. Beberapa layanan online seperti Traveloka dan Skyscanner telah memiliki fitur ini. Jadi kamu bisa mengaktifkan price alerts untuk mendapatkan informasi tentang tiket pesawat.

7. Fleksibel soal Destinasi Liburan

Harga Tiket Pesawat Masih Tinggi, Jumlah Penumpang Turun 8,24% (economy.okezone.com)

Jika tidak bisa fleksibel dengan periode liburan, coba lebih fleksibel dalam menentukan destinasi liburan. Saat ini sudah banyak layanan yang bisa membantu kalian mencari destinasi wisata dengan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah, misalnya Google Flights.

Caranya masuk ke situs Google Flights dan klik peta yang ada. Masukkan tanggal dan bandara keberangkatan dan Google akan memperlihatkan kota mana saja yang harga tiket pesawatnya paling murah dan sesuai budget-mu.

Baca juga: 7 Pola Pikir Millennials Yang Salah Tentang Strategi Keuangan Masa Depan

Booking Tiket Liburan Sekarang Juga

Nah, Sobat itu dia beberapa tips waktu terbaik memesan tiket pesawat untuk liburan akhir tahun. Apakah kamu punya perhitungan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat berdasarkan pengalaman pribadi? Yuk, pesan tiket untuk liburan akhir tahun sekarang juga. Jangan sampai kehabisan dan liburanmu hanya akan jadi wacana ya.