Biasakan Menggunakan Transportasi Umum, Ini Manfaat dan Keuntungannya

Biasakan Gunakan Transportasi Umum

Tidak bisa dipungkiri, kondisi lalu lintas Ibu Kota Jakarta semakin hari semakin menjadi. Kemacetan sukses menguras banyak waktu warga Jakarta setiap jam berangkat dan pulang kerja. Bisa diperkirakan kita sudah menyia-nyiakan sekitar 8 hingga 22 hari setiap tahunnya hanya untuk menikmati pemandangan semraut dan polusi udara. Hal ini tentu saja tidak beranjak dari masyarakat yang enggan untuk menggunakan transportasi umum. Padahal jika kita biasakan menggunakan transportasi umum, setidaknya kita bisa membantu mengurangi tingkat kemacetan.

Biasakan Menggunakan Transportasi Umum

source: Google

Semuanya diawali oleh sebuah kebiasaan. Menggunakan transportasi umum, khususnya untuk kamu yang memiliki kapasitas yang cukup untuk menggunakan kendaraan pribadi, mungkin akan cenderung terasa sangat melelahkan. Akan tetapi, tanpa kamu sadari ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan lho Sobat.

Nah, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas tentang manfaat dan keuntungan jika kita menggunakan angkutan umum sebagai sarana transportasi setiap harinya. Apa aja sih? Simak di bawah ini ya.

Baca juga: Liburan Low Budget Cuman 3 Juta Rupiah

  • Menghemat Pengeluaran

Manfaat pertama dan yang paling memberikan impact kepada kita sebagai pengguna transportasi umum adalah menghemat pengeluaran. Bayangkan saja, jika kamu menggunakan kendaraan bermotor, kamu diharuskan mengeluarkan biaya untuk bahan bakar dan biaya parkir. Jika kita perkirakan, untuk kedua hal ini saja kamu sudah menghabiskan setidaknya Rp 450 ribu untuk bahan bakar dan Rp 100 ribu untuk biaya parkir. Jika dikalkulasikan angka pengeluaranmu untuk biaya transportasi mencapai Rp 550 ribu setiap bulannya. Bisa dibayangkan jika kamu seorang pengguna kendaraan roda empat? Tentu saja pengeluaranmu akan lebih dari para pengguna kendaraan roda dua.

Mari kita bandingkan jika kamu beralih menggunakan transportasi umum. Kita ambil contoh tarif Transjakarta. Satu kali perjalanan, kamu hanya dikenakan biaya Rp 3.500 dan Rp 105 ribu jika kita hitung untuk 30 hari. Kamu juga tidak perlu membayar biaya parkir Sobat. Bukankah lebih hemat?

  • Lebih Praktis

Manfaat dan keuntungan yang kedua jika kamu menggunakan transportasi umum adalah lebih praktis. Mungkin pada poin ini akan banyak pro dan kontra. Untuk para kontra, mungkin akan merasa jauh lebih praktis jika mereka mengendarai kendaraan pribadi. Tidak harus berdesak-desakkan atau mengantri panjang. Padahal, jika kamu menaiki angkutan umum, kamu tidak perlu kesal karena menghadapi jalanan yang padat, berlomba-lomba mendapatkan lahan parkir dan belum lagi berdebat dengan sesama pengguna jalan yang lalai saat berkendara. Kamu bisa menikmati perjalanan sambil mendengarkan musik atau membaca buku di atas kereta api, jika kamu memilih untuk menggunakan fasilitas ini.

Baca Juga: Bingung Kenapa Bensin Kendaraanmu Sangat Boros? Ternyata Ini Lho Penyebabnya

  • Melatih Disiplin

Biasakan menggunakan transportasi umum, itu artinya kamu juga membiasakan diri untuk lebih disiplin. Hal ini akan membuatmu terdorong untuk bangun lebih pagi dan berangkat kerja lebih awal. Atasan mana yang tidak akan senang jika kamu selalu sampai di tempat kerja tepat waktu. Selain itu, kamu juga akan melalui harimu dengan suasana hati yang lebih terkontrol karena tidak mengawali pagi dengan terburu-buru dan menghadapi kacaunya lalu lintas Ibu Kota.

  • Mengasah Toleransi

Toleransi akan kamu pelajari jika kamu menaiki transportasi umum setiap harinya. Kamu akan belajar memprioritaskan orang yang lebih tua, memberi tempat duduk untuk wanita hamil atau membiarkan teman-teman yang memiliki kebutuhan khusus untuk memiliki ruang lebih. Transportasi umum akan membantu dan memfasilitasi kamu untuk mengasah rasa toleransimu Sobat.

  • Meningkatkan Kesabaran

Tidak jarang kamu akan menemukan orang-orang yang menyebalkan. Tidak tahu aturan, ingin menang sendiri atau lebih parahnya membahayakan orang lain. Jika kamu menaiki transportasi umum, kamu akan terbiasa menghadapi hal-hal seperti ini yang output-nya akan membantu meningkatkan kesabaranmu. Kamu akan menjadi pribadi yang tahan banting dan sabar dalam menghadapi berbagai macam situasi. Tidak menutup kemungkinan, ini akan memberikan dampak yang bagus di lingkungan kerjamu.

  • Membangun Relasi

Kamu bisa bertemu dengan siapa saja saat menempuh perjalanan di atas transportasi umum. Mulai dari calon client, calon rekan kerja, atau sesederhana mendapatkan teman baru. Kamu bisa menyapa orang-orang di sekitarmu dan membicarakan banyak hal. Selain membangun relasi, kamu juga bisa mempelajari hal-hal baru lho.

Siapa yang tahu, kamu bisa saja menemukan jodohmu saat sedang duduk manis di perjalanan pulang.

  • Mengurangi Polusi

Manfaat dan keuntungan yang terakhir jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu akan membantu mengurangi polusi udara. Asap kendaraan bermotor sangat mempengaruhi kesehatan bumi lho Sobat. Jika kita turut berpartisipasi menjaganya, tentu saja kita akan memberikan kehidupan yang lebih baik untuk generasi penerus di masa yang akan datang. Yang paling penting, kita juga akan turut merasakan manfaatnya. Siapa yang tidak mau menghirup udara yang bersih dan bebas polusi?

Baca juga: 5 Merek Kosmetik Lokal Terbaik Untuk Kamu Girls

Jika Tidak Dimulai, Bagaimana Akan Terbiasa?

Nah Sobat, itu dia manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu biasakan menggunakan transportasi umum. Lagi-lagi semuanya diawali dengan kebiasaan. Jika bukan dimulai dari diri sendiri, bagaimana bisa kita mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama?

Jadi, masih enggan menggunakan transportasi umum?

 

Penulis: Indah Sari