biaya bangun rumah

Rumah merupakan bagian dari kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Tentu semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri yang nyaman dan aman untuk keluarga, kan. Sayangnya, biaya bangun rumah yang lumayan tinggi membuat banyak orang belum sanggup untuk membangun sendiri. Apalagi disaat bersamaan kebutuhan sehari-hari tetap harus kamu penuhi.

Mempunyai rumah sendiri memang menjadi impian semua orang. Karena tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dengan adanya tempat tinggal, kamu dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian beraktivitas di luar. Membangun rumah memang tidak semudah yang dibayangkan dan biaya yang dibutuhkan pun tidak murah. Kamu harus menyiapkan budget khsus untuk biaya bangun rumah ini. Impian mempunyai rumah idaman tidak harus buat kamu merasa tertekan kok.

Untuk membangun rumah impian, kamu bisa mulai menghitung kemampuan keuangan pribadi yang disesuaikan dengan jenis rumah yang ingin dibangun. Jika dana yang kamu miliki terbatas, kamu tidak perlu membangun rumah yang mewah dan megah. Kamu bisa memilih rumah bergaya minimalis untuk jadi rumah idamanmu. Nah, kalau kamu tahu strategi untuk menekan biaya bangun rumah, kamu bisa menghemat banyak rupiah. Untuk Sobat TimiKimi yang masih ragu dengan permasalahan biaya bangun rumah per meter, simak  cara hemat bangun rumah yang di bawah ini!

Biaya Bangun Rumah, Ini 6 Cara Hemat Bangun Rumah yang Bisa Kamu Terapkan

Source: Pinterest

Biaya bangung rumah memang masih menjadi permasalahan yang dihadapi orang banyak saat ini. Mahalnya biaya bangun rumah membuat kita harus cermat dan hemat dalam menyiapkan dana tersebut. Berikut ini TimiKimi punya cara hemat bangun rumah untuk kamu.

1. Buat anggaran kebutuhan bahan secara rinci

Source: Pinterest

Sobat, kamu bisa merencanakan pembangunan rumah secara jelas dan detail, agar kamu dapat mengetahui dengan jelas dana yang kamu keluarkan dihabiskan untuk apa saja. Jika kamu sudah mengetahui ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan. Mulai lah untuk membuat anggaran secara rinci. Karena anggaran kebutuhan ini akan menjadi acuan tiap kali akan membayar segala kebutuhan pembangunan nantinya.

Baca Juga : Biaya Nikah Di Gedung Vs Di Rumah, Manakah Yang Lebih Hemat?

2. Gunakan desain rumah minimalis

Source: Pinterest

Seperti yang sudah TimiKimi bahas di atas. Kamu tidak perlu bangun rumah mewah dan megah, jika dana yang kamu miliki tidak terlalu banyak. Kamu bisa membangun rumah dengan gaya minimalis, Sobat. Selain gaya rumah minimalis sedang tren sekarang ini, tapi rumah minimalis juga mempunyai banyak kelebihan. Sobat tahu nggak? Salah satu ciri konsep rumah minimalis adalah membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Kamu bisa memanfaatkan ruang dapur sekaligus menjadi ruang makanmu.

Tanpa banyak ruangan, konsep gaya minimalis ini tentu menekan jumlah serta biaya penggunaan bahan bangunan. Selain itu, Sobat yang tidak memakai jasa arsitek tidak perlu khawatir, kamu bisa mencontek banyak desain rumah minimalis melalui internet.

3. Lakukan survey harga material

Source: Google

Biaya bahan bangunan menjadi salah satu faktor yang bikin biaya bangun rumah 2 lantai kamu membengkak, lho. Biasanya toko-toko bangunan punya harga material yang sangat bervariatif. Untuk itu, sebelum kamu mulai membeli bahan bangunan untuk membangun rumah impianmu, luangkan lah waktu khusus untuk riset harga bahan-bahan bangunan.

Biasanya harga satu toko dengan yang lainnya berbeda-beda, kamu bisa mulai untuk mengecek harga bahan bangunan. Bisa jadi harga semen di toko A lebih murah dari toko B. tapi harga paku di toko B masih lebih murah dibandingkan toko A. Kamu tidak perlu sungkan untuk keluar masuk toko bangunan dan melakukan riset harga, Sobat. Kamu bisa membuat catatan daftar perbandingan harga ddengan mempertimbangkan biaya transportasi menuju toko bangunan tersebut.

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan

4. Pilih bahan bangunan lokal berkualitas

Kamu tentu ingin menggunakan bahan-bahan yang berkualitas ketika membangun rumah idamanmu, kan? Sobat tahu nggak? Sekarang sudah banyak bahan bangunan lokal yang tak kalah berkualitas. Jadi, kamu tidak perlu memakai semua material produksi luar negeri yang harganya tidak terjangkau. Bahan bangunan lokal biasanya mempunyai harga yang cukup terjangkau dibandingkan produk luar negeri. Jadi, kamu bisa menghemat biaya yang lumayan bukan?.

5. Pakai jasa tukang bangunan borongan, bukan harian

Sobat, salah satu hal penting dalam membangun rumah idaman yaitu tukang bangunan, tanpa adanya tukang bangunan rumah yang akan kamu bangun tidak akan selesai. Nggak mungkin kan kamu bangun rumah sendirian?  Biaya untuk membayar jasa merekalah yang paling menyita anggaran cukup besar. Karena dana yang kamu punya tidak banyak untuk membangun rumah idamanmu, pilihlah tukang yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang baik.

Ada dua cara pembayaran upah jasa tukang bangunan, yaitu sistem harian dan borongan. Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Sitem tukang harian biasanya dinilai memiliki kualitas kerja yang lebih baik dibanding sistem borongan, karena sistem borongan mendorong tukang untuk segera menyelesaikan pekerjaannya agar cepat selesai.

Pada sistem borongan ini kamu juga dapat memprediksi total biaya pekerjaan dengan lebih pasti daripada sistem harian. Pekerjaan dengan sistem borongan biasanya juga lebih cepat daripada sistem harian, sehingga lebih dapat menekan biaya dan kamu juga bisa lebih cepat menempati rumah idamanmu.

6. Membuat rumah secara bertahap

Karena dana yang kamu miliki masih terbatas, namun bukan berarti kamu harus menunda proses pembangunan rumah. Kamu bisa membangunnya secara bertahap, Sobat. Misalnya mulai dari pondasi, pendirian bangunan, pemasangan atap, hingga tahap finishing atau penyelesaian.

Baca Juga : Ingin Cicil Rumah Tanpa Bunga? Coba Ajukan KPR Mandiri Syariah!

Biaya yang kamu keluarkan pun sesuai dengan bujetmu saat ini untuk pembangunan tahap awal, kemudian kamu bisa menabung lagi untuk tahap berikutnya. Cara ini ampuh untuk menahan biaya, sehingga uang yang kamu keluarkan tidak langsung membuat kantong jebol. Kelebihan lainnya, yaitu kamu membeli dan menggunakan material secara efisien, sehingga menghindari ada material yang tak terpakai dan terbuang. Sayang kan kalau ada yang tersisa atau terbuang begitu saja?.

Pentingnya Penekanan Biaya Agar Hemat

Penghematan biaya sangatlah penting untuk kamu yang memiliki dana yang terbatas. Kamu harus pintar menyiasati agar bisa menekan biaya lebih hemat lagi. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan buatan luar negeri, bahan lokal pun tak kalah berkualitasnya. Rumah dengan desain minimalis pun bisa kamu jadikan pilihan. Tak perlu mewah dan megah, selama rumah itu membuat kamu nyaman, aman, dan yang paling penting kamu tinggal bersama keluarga yang kamu sayangi itu akan sangat membahagiakan, bukan? Jika nantinya kamu masih kekurangan dana untuk membangun atau merenovasi rumah, manfaatkan pinjaman online dari TunaiKita yang bisa memberikanmu plafon pinjaman hingga Rp20 juta dengan masa tenor pinjaman hingga 180 hari. Untuk syarat yang perlu dipenuhi cukup KTP, NPWP, dan rekening bank lokal. Cara pengajuannya sangat mudah karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi TunaiKita.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kamu yang ingin membangun rumah idaman.