biaya kuliah binus

Universitas Bina Nusantara atau Binus University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta Unggulan yang terletak di Jakarta dan Tangerang. Universitas Bina Nusantara menjadi salah satu perguruan tinggi swasta nasional yang mempunyai kredibilitas sebagai salah satu perguruan tinggi nasional yang terkemuka. Tapi, berapakah biaya kuliah binus 2019/2020?

Untuk Sobat yang baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, tentu memilih universitas terbaik adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dilihat dari kacamata akademis, melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan memang akan sangat bermanfaat untuk mengasah ilmu dan pengetahuan dalam bidang yang akan kamu pelajari baik secara praktik maupun teori. 

Di Jakarta ada salah satu universitas swasta terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menempuh pendidikan yaitu Binus University atau Universitas Bina Nusantara. Terletak di Jakarta dan Tangerang, Binus University memiliki kredibilitas sebagai salah satu perguruan tinggi nasional yang terkemuka. Banyak yang bertanya-tanya mengenai biaya kuliah di Binus University. Untuk itu, TimiKimi punya uraian mengenai biaya kuliah binus untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Binus University, khususnya jurusan IT. Lihat uraiannya di sini ya!

Biaya Kuliah Binus: Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Source: Google

Saat ini Binus University memiliki lima gedung kampus di lokasi yang berbeda-beda. Nah, sebelum kamu mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus ini, cari tahu terlebih dahulu mengenai lokasi kampus Binus University, yuk!

Kampus Binus University yang pertama yaitu Kampus Syahdan yang berlokasi di Palmerah, Jakarta Barat. Kampus Anggrek merupakan kampus kedua dari Binus University yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Berikutnya ada Kampus Kijang, kampus ini berlokasi di Kemanggisan, Jakarta Barat. Keempat ada Kampus Alam Sutera yang terletak di Alam Sutera, Serpong. Dan yang terakhir ada Kampus JWC yang berlokasi di Senayan, Jakarta Selatan. Kampus JWC ini hanya digunakan untuk program kuliah internasional.

Baca juga: Daftar Fakultas Dan Jurusan Di UNPAD Yang Jadi Favorit Para Calon Mahasiswa 2019

1. Program Kuliah Binus University

Source: Google

Binus University menawarkan beberapa pilihan program kuliah yang bisa kamu ambil. Jika kamu ingin mengambil program kuliah strata satu, berikut pilihan fakultas yang bisa kamu ambil pada program kuliah ini, diantaranya:

  1. Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, terdiri dari empat jurusan di Binus yang bisa kamu ambil yaitu, Akuntansi, Keuangan, Komunikasi Pemasaran, dan Manajemen Hotel (D4).
  2. Fakultas Teknik, terdiri dari lima jurusan yang bisa kamu ambil yaitu, Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Komputer, Teknik Sipil, dan Food Technology.
  3. Fakultas Humaniora, terdiri dari enam jurusan yang bisa kamu ambil yaitu, Hubungan Internasional, Hukum Bisnis, Psikologi, Sastra Cina, Sastra Inggris, dan Sastra Jepang.
  4. Sekolah Teknik Informatika, terdiri dari empat jurusan yang bisa kamu ambil yaitu, Tenik Informatika, Teknologi dan Aplikasi Bergerak (Mobile Application and Technology), Teknologi dan Aplikasi Permainan (Game Application and Technology), dan Cyber Security.
  5. Sekolah Desain, terdiri dari empat jurusan yang bisa kamu ambil yaitu, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual Animasi, Desain Komunikasi Visual Media Baru, dan Desain Komunikasi Visual Periklanan Kreatif.
  6. Sekolah Sistem Informasi, yang terdiri dari tiga jurusan yang bisa kamu ambil yaitu, Komputerisasi Akuntansi, Sistem Informasi, dan Sistem Informasi Audit.
  7. Sekolah Bisnis dan Manajemen, terdiri dari tiga jurusan yang bisa kamu ambil, yaitu Bisnis & Manajemen Internasional, Manajemen, dan Pemasaran Internasional.

Selain itu, Binus University juga menyediakan program kuliah ganda atau double degree dengan beberapa pilihan program kuliah yang bisa kamu ambil, diantaranya:

  1. Teknik Industri dan Manajemen
  2. Sistem Informasi dan Akuntansi
  3. Sistem Informasi dan Manajemen
  4. Sistem Informasi dan Teknik Industri
  5. Teknik Informatika dan Matematika
  6. Teknik Informatika dan Statiska

Sedangkan untuk program internasional, Binus University memperoleh gelar dari universitas rekanan Binus University di luar negeri. Berikut beberapa program kuliah yang tersedia, diantaranya:

  1. Accounting
  2. Communication
  3. Computer Science
  4. Fashion Design
  5. Fashion Management
  6. Film
  7. Graphic and New Media
  8. Hospitality and Tourism Management
  9. Information System
  10. International Business
  11. Marketing
  12. Automotive & Robotics Engineering
  13. Product Design Engineering

Baca juga: Peringkat Universitas Negeri Di Indonesia, Mana Yang Terbaik?

Cara Pendaftaran Binus University

Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di Binus University, kamu tentu harus memenuhi berbagai persyaratan terlebih dahulu. Nantinya, pendaftaran online Binus University akan dibuka melalui beberapa gelombang. Berikut ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi dan sudah ditentukan oleh pihak Binus University, yaitu:

  1. Membeli dan mengisi formulit pendaftaran
  2. Mempersiapkan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  3. Persiapkan Materai 6000 sebanyak 2 lembar
  4. Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit atau Klinik (khusus pendaftar program Hotel Management)
  5. Surat keterangan tidak buta warna dari Dokter Spesialis Mata (khusus pendaftar Arsitektur, Desain Interior, DKV Animasi, DKV Creative Advertising, DKV Digital Interactive Design, DKV New Media, Food Technology, Furniture Design)

Binus University sendiri memiliki banyak student conselor, yang nantinya student conselor ini akan berfungsi sebagai orang yang akan membantu kamu memasuki kampus binus seperti masalah pembayaran, masalah pertanyaan mengenai jurusan, dan lain-lain.

Cara Pembayaran Binus University

Source: Google

Terakhir, untuk sistem pembayaran biaya kuliah Binus University mempunyai tiga opsi yakni, kamu bisa membayar melalui cash, membayar cicilan, dan beasiswa (dengan syarat dan ketentuan berlaku). Biaya kuliah Binus University dapat dicicil per bulan dengan memergunakan fasilitas cicilan perbankan yakni :

  • BCA: Cicilan dengan bunga 0% untukjangka waktu 3 bulan
  • CIMB Niaga : Cicilan dengan bunga 0% untukjangka waktu 3 dan 6 bulan
  • BNI: Cicilan dengan bunga 0% untukjangka waktu 3,6, dan 9 bulan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan atau masih ada yang belum jekas mengenai informasi biaya kuliah binus,kamu bisa langsung menghubungi pihak Binus University atau kamu bisa membuka website resmi untuk mengetahui informasi mengenai biaya dan program perkuliahan www.binus.ac.id

Biaya Kuliah di Binus

Perlu diketahui bahwa biaya kuliah Binus University setiap Tahun Ajaran Baru mengalami kenaikan. Kenaikan tertinggi untuk jurusan double programs dengan persentase 35%, program atau jurusan lainnya beriksar antara 4% – 10%. Berikut informasi biaya semua program kuliah di Binus University.

Source: binus.ac.id

Pilih Program Kuliah yang Sesuai dengan Minat

Sobat, jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, pilihlah program kuliah dan jurusan sesuai dengan minat atau passion. Jangan sampai ketika kamu memulai perkuliahan dengan terpaksa karena salah pilih jurusan. Untuk itu, ada baiknya kamu cermati kembali kampus terbaik dan jurusan yang sesuai dengan minat kamu.

Semoga ulasan yang TimiKimi mengenai biaya kuliah di Binus University dapat membantumu memberikan gambaran untuk Sobat semua. Semangat terus untuk cari kampus terbaik ya, Sobat!