Ini 7 Biaya Liburan yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Traveling

Liburan menjadi hal menyenangkan dan banyak diagendakan oleh orang-orang, terutama mereka yang telah bekerja dan sesekali perlu rehat sejenak dari kesibukan di kantor. Namun, terkadang biaya menjadi halangan untuk berlibur. Nah, agar liburan akhir tahun bisa telaksanan simak ulasan TimiKimi mengenai 7 biaya yang perlu kamu siapkan sebelum traveling yuk!

Traveling merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terkasih seperti keluarga, sahabat atau pasangan. Sebelum melakukan perjalanan, ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan dengan matang. Semua ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup banyak, tergantung fasilitas dan cara kamu menikmati liburan itu sendiri. Ada banyak destinasi liburan indah yang bisa dikunjungi setiap saat, baik itu yang berada di dalam negeri ataupun yang berada di negeri orang.

Ada berbagai kebutuhan dan biaya-biaya yang perlu disiapkan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan traveling. Menyiapkan biaya liburan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berangkat liburan. Jangan sampai karena tidak mempersiapkan biaya liburan dengan matang, liburanmu malah jadi terganggu. Untuk itu, berikut 7 biaya yang harus kamu siapkan sebelum traveling.

Biaya Liburan yang harus Disiapkan

1. Biaya Makan

MA-ri Makan! All You Can Eat Dinner di Kambera Restaurant Aston Pasteur (jabarekspres.com)

Makanan adalah hal yang penting yang perlu kamu pikirkan selama berlibur. Apalagi jika kamu berlibur bersama keluarga, biaya makan ini tentu saja akan menjadi cukup besar sehingga benar-benar harus direncanakan.

Meskipun setiap orang butuh makan dan kamu sedang liburan, perlu diingat bahwa biaya makan yang dipersiapkan tetap harus realistis. Jangan membuat biaya makan yang terlalu besar jika akan menyulitkanmu nantinya. Untuk mengontrol biaya makan, kamu bisa mencari tahu lebih dulu restoran atau tempat makan yang tidak jauh dari lokasi liburanmu dan berapa tarif yang biasa mereka tawarkan.

Dengan mengetahui harga makanan dan minuman di sebuah rumah makan, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan tempat makan yang akan dikunjungi saat liburan. kamu juga bisa membaca berbagai blog yang berisi tentang ulasan sebuah restoran dan pengalaman yang pernah dirasakan oleh pengunjung yang sebelumnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan pilihan rumah makan yang terbaik dan sesuai dengan keinginan.

Baca juga: 7 Perayaan Halloween Paling Unik Di Seluruh Dunia

2. Biaya Transportasi

Biaya selanjutnya yang harus kamu pikirkan selama liburan adalah biaya perjalanan. Biaya transportasi dari daerahmu menuju lokasi liburan harus dipersiapkan dengan baik. Jika kamu melakukan liburan dengan menggunakan pesawat, tentu saja biaya perjalanan yang kamu siapkan akan berbeda dengan biaya perjalanan jika menggunakan kereta atau bus.

Biaya transportasi di sini meliputi biaya tiket pesawat, taksi, bis, kereta api, dan lain sebagainya. Jika kamu berencana untuk menyewa kendaraan, jangan lupa untuk memperkirakan biaya bahan bakar. Periksa juga apakah lokasi wisata yang kamu ingin kunjungi mudah dijangkau oleh layanan transportasi online, sebab jenis transportasi ini akan sangat membantu saat liburan dengan biaya yang cukup terjangkau.

3. Biaya Pengurusan Dokumen

Cara Mudah Mengurus Visa Untuk Liburan Keluar Negeri (www.bobobox.co.id)

Jika kamu berencana liburan ke luar negeri, tentu harus memerlukan beberapa dokumen seperti paspor, visa, dan lain-lain. Untuk mengurus hal ini, biasanya ada biaya-biaya yang perlu kamu bayarkan. Meskipun nilainya tidak terlalu besar, tapi biaya ini tetap perlu disiapkan dalam rencana anggaran liburanmu ya, Sobat.

4. Biaya Internet dan Paket Data

Terkadang, ada beberapa lokasi yang tidak menyediakan akses internet gratis. Karena itu, biaya internet atau paket data juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri, pertimbangkan juga apakah ingin menggunakan paket data dengan nomor lokal, atau dengan menyewa wifi dari Indonesia. Paket data ini nantinya akan sangat membantumu untuk mencari info terkait tempat wisata atau mengakses peta daerah. Kamu juga bisa tetap berbagi pengalaman atau momen liburan dengan teman-teman di sosial media.

5. Biaya Selama Liburan

Selama berlibur, pasti banyak aktivitas dan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi bukan? Kegiatan dan lokasi wisata yang dikunjungi selama liburan akan sangat mempengaruhi biaya liburan yang perlu disiapkan, Sobat.

Untuk itu, kamu perlu merencanakan hal itu dengan baik dan persiapkan berapa anggaran yang mungkin dibutuhkan. Jangan sampai liburanmu jadi terganggu karena biaya aktivitas ini melebihi anggaran yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Baca juga: 7 Tips Ini Bisa Kembalikan Semangat Kamu Setelah Libur Panjang

6. Biaya Lain-Lain

9 Destinasi Liburan Musim Semi Terbaik paling Indah (www.tokopedia.com)

Biaya lain-lain yang dimaksud adalah berbagai biaya dengan nominal kecil yang akan kamu habiskan selama liburan. Misalnya biaya tarik tunai ATM, biaya parkir, uang tip, dan lain-lain. Meskipun nominalnya tidak terlalu besar, tapi kalau cukup sering dilakukan biaya ini akan cukup besar juga.

7. Biaya Oleh-Oleh

Berlibur rasanya kurang lengkap, jika tidak membagi kebahagiaan dengan keluarga lain yang tidak ikut serta. Penting untuk menganggarkan biaya membeli oleh-oleh, saat kamu akan pergi berlibur dengan keluarga besar. Tidak perlu yang berharga mahal dan menghabiskan banyak uang, cukup beli barang yang menjadi daya tarik dan menjadi ciri khas di tempat yang kamu kunjungi.

Ingin Liburan tapi Belum Gajian Untuk Beli Tiket Pesawat? TunaiKita Siap Bantu Kamu!

TunaiKita

TunaiKita bisa menjadi pilihan sebagai solusi kebutuhan keuanganmu, terutama untuk kamu yang sedang bingung menyiapkan biaya untuk liburan. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor yang diberikan hingga 6 bulan. Proses pinjaman di TunaiKita pun cukup mudah dan cepat. Kamu hanya butuh mengupload foto diri langsung, Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, serta surat penghasilan atau slip gaji.

TunaiKita menyediakan beberapa produk pinjaman yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ada dua jenis pinjaman yang ada di TunaiKita yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis pinjaman jangka pendek dan cicilan terbagi lagi dari beberapa produk. Untuk pinjaman jangka pendek terdiri dari:

  • Pinjaman Jangka Pendek

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman jangka pendek, TunaiKita mempunyai pilihan pinjaman sesuai kebutuhan kamu. Untuk besaran nominal pinjamannya sendiri, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp400 ribu hingga Rp5 juta. Dengan tenor mulai dari 10 hari hingga 30 hari.

  • Pinjaman Jangka Panjang

Sedangkan pinjaman jangka panjang, TunaiKita mempunyai dua produk pinjaman yang bisa kamu pilih, di antaranya:

1. Sakti+

Jumlah pengajuan yang bisa kamu ajukan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Biaya jasa harian yang dikenakan 2,75% hingga 7,75%. Sama dengan produk jangka pendek kamu juga bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 2% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

2.  Premiere+

Produk berikutnya, jumlah pengajuan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Dengan biaya jasa harian yang dikenakan sebesar 3% hingga 8%. Dan kamu akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 3% yang berlaku untuk peminjaman selanjutnya.

Baca juga: Jika Mengalami Hal Ini, Berarti Tanda-Tanda Kamu Butuh Piknik!

Liburan selalu identik dengan senang-senang dan biaya yang kerap tak terkendali, terutama bagi mereka yang tidak merencanakannya dengan baik. Hal ini tentu patut untuk kamu hindari, agar masalah keuangan tidak muncul setelah liburan usai. Rencanakan dan jalani liburanmu dengan hemat dan menyenangkan, sehingga berbagai beban dan masalah keuangan pasca liburan bisa dihindari dengan baik sejak awal.