Biaya Nikah di Gedung vs di Rumah, Manakah yang Lebih Hemat?

Biaya Nikah

Untuk menggelar pesta pernikahan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kebanyakan orang akan menggelar pesta pernikahan di rumah atau di gedung. Dari keduanya, manakah yang lebih bagus? Mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangan serta simulasi perhitungan biayanya!

Pernikahan merupakan hal yang dinanti-nanti oleh semua pasangan karena menjadi dilakukan satu kali seumur hidup. Menikah tidak hanya menyatukan sepasang manusia saja, tapi juga dua keluarga yang berbeda. Pasangan akan menikah biasanya sudah mantap secara finansial karena untuk menggelar pesta pernikahan ini dibutuhkan biaya nikah yang cukup menguras isi tabungan. Tak heran kalau ada pasangan yang menabung selama berbulan-bulan untuk dapat menggelar pesta pernikahan yang mereka idamkan.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk dapat menggelar pesta pernikahan, mulai dari menentukan tempat, dekorasi ruangan, baju dan makeup yang akan dikenakan, makanan yang akan disajikan kepada para tamu undangan, undangan dan juga suvenir pernikahan. Tapi dari semua persiapan tersebut, menentukan tempat pernikahan adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Biasanya ada dua opsi pilihan tempat yang bisa kamu pilih, yakni menggelar pesta pernikahan di rumah atau di gedung.

Kelebihan dan Kekurangan Menggelar Pesta Pernikahan di Gedung

Biaya Nikah di Gedung (weddingku.com)

Sebelum kamu menentukan pilihan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu apa saja kelebihan dan kekurangan jika kamu menggelar pesta pernikahan di gedung. Mari kita lihat bersama!

  • Kapasitas ruangan lebih luas sehingga bisa menampung banyak undangan.
  • Lahan parkir lebih luas
  • Lokasi cenderung mudah dijangkau para undangan karena letaknya strategis
  • Area yang luas memudahkan tamu untuk bergerak sehingga tidak terlihat ruwet
  • Fotografer dan perekam video pernikahan juga bisa mendapatkan gambar yang bagus
  • Biaya sewa gedung cukup besar dan menguras isi kantong
  • Waktu pesta pernikahan terbatas karena biasanya pihak gedung hanya memberikan batas waktu antara 2-3 jam saja

Baca juga: Paket Pernikahan Murah Di Jakarta Cuma Rp50 Juta, Memangnya Bisa?

Kelebihan dan Kekurangan Menggelar Pesta Pernikahan di Rumah

Biaya Nikah di Rumah (rizqy-agung.com)

Menggelar pesta pernikahan di rumah juga ada kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, kamu harus memahaminya terlebih dulu agar tahu apakah menggelar pesta pernikahan di rumah bisa menguntungkan untukmu dan pasangan atau tidak.

  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah karena tidak perlu sewa tempat
  • Memiliki jam bebas karena tidak ada batasan waktu. Biasanya pasangan yang menggelar pesta pernikahan di rumah melangsungkan pernikahan hingga sore atau malam hari
  • Bisa mendapatkan bala bantuan dari para tetangga
  • Lokasi kurang strategis karena harus masuk komplek atau perumahan
  • Lahan parkir yang terbatas
  • Harus mengurus izin kepada pihak yang berwenang seperti RT atau RW setempat
  • Harus membersihkan rumah selesai pesta pernikahan
  • Area rumah yang terbatas menyulitkan tamu dan juga fotografer untuk mengambil gambar

Simulasi Perhitungan Biaya Nikah Sederhana di Gedung

Biaya Nikah di Gedung (personalbanking.bankofireland.com)

Jika kamu ingin menggelar pesta pernikahan di gedung, coba kita lakukan terlebih dahulu simulasi perhitungannya kasarnya supaya kamu bisa mengira-ngira berapa biaya yang akan dikeluarkan nanti. Kita akan melakukan perhitungan biaya nikah dengan tamu undangan 500 orang.

  • Biaya sewa gedung Rp30 juta
  • Biaya pelaminan dan dekorasi Rp15 juta
  • Biaya paket katering Rp60 ribu per orang x 500 undangan = Rp30 juta
  • Biaya makanan gubukan Rp10 ribu per porsi x 250 undangan x 3 gubukan (siomay, sate, pempek) = Rp7,5 juta
  • Biaya sewa baju pengantin dan baju keluarga Rp10 juta
  • Biaya kartu undangan Rp10 ribu x 500 undangan = Rp5 juta
  • Biaya suvenir Rp10 ribu x 500 undangan = Rp5 juta

Total perhitungan biaya nikah yang akan dikeluarkan menjadi Rp102,5 juta. Jumlah ini hanya kisaran harga saja karena total biaya yang dikeluarkan bisa lebih dan bisa kurang, tergantung dari harga yang ada di pasaran.

Simulasi Perhitungan Biaya Nikah di Rumah

Biaya Nikah di Rumah (amazonaws.com)

Lalu untuk mengadakan pesta pernikahan di rumah, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Biasanya perbedaan biaya nikah di rumah dengan di gedung bisa memiliki selisih antara 30% hingga 40% saja. Untuk memastikannya, mari kita lakukan simulasi perhitungan biaya nikah di rumah terlebih dulu!

Baca Juga : Menggelar Pesta Pernikahan Tanpa Bikin Kantong Jebol Di Masa Depan

  • Biaya sewa tenda, pelaminan, dan dekorasi Rp20 juta
  • Biaya katering Rp30.000 per orang x 500 undangan = Rp15 juta
  • Biaya makanan gubukan Rp10 ribu per porsi x 250 undangan x 3 gubukan (siomay, sate, pempek) = Rp7,5 juta
  • Biaya sewa baju pengantin dan baju keluarga Rp10 juta
  • Biaya kartu undangan Rp10 ribu x 500 undangan = Rp5 juta
  • Biaya suvenir Rp10 ribu x 500 undangan = Rp5 juta

Total biaya nikah yang akan dikeluarkan jika kamu menggelar pesta pernikahan di rumah adalah Rp62,5 juta. Terlihat sekali bukan perbedaan keduanya. Ada selisih biaya yang sangat besar jika kamu menggelar pesta pernikahan di rumah dengan di gedung.

Baca juga: Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Bisa Dimanfaatkan Untuk 7 Hal Ini

Tips Menghemat Biaya Nikah di Gedung atau di Rumah

Sebenarnya kamu bisa menghemat biaya nikah di gedung atau di rumah jika menerapkan beberapa tips dari TimiKimi nih Sobat. Coba langsung kita lihat apa saja tips yang bisa kamu terapkan!

  • Membatasi Jumlah Tamu Undangan

Membatasi Jumlah Tamu Undangan (jonawo.blogspot.com)

Dengan membatasi jumlah tamu undangan yang hadir, kamu akan bisa menghemat biaya nikah, baik itu di gedung atau di rumah. Keluarga memang ingin menggelar pesta pernikahan yang disaksikan banyak orang, tapi lebih baik jika kamu mengundang orang-orang dekat saja, seperti keluarga besar, sahabat, dan rekan kerja. Dengan begitu, orang-orang dekat yang hadir bisa lebih mudah berinteraksi denganmu dan merasakan suasana pesta pernikahan dengan baik.

  • Cari Vendor Pernikahan Rekanan

Tips kedua untuk menghemat biaya nikah adalah dengan cara mencari vendor pernikahan rekanan gedung. Biasanya pihak gedung sudah memiliki rekanan vendor pernikahan sendiri sehingga harganya bisa menjadi lebih murah. Tapi jika kamu menggelar pesta pernikahan di rumah, sebaiknya cari vendor pernikahan rekanan atau yang sudah pernah digunakan oleh teman.

  • Ambil Paket Katering Makanan Indonesia

Katering Pernikahan (www.goodnewsfromindonesia.id)

Bagi anak muda jaman sekarang, makanan barat seringkali menjadi favorit saat pesta pernikahan. Tapi ternyata harga katering untuk makanan barat ini lebih mahal dibanding makanan Indonesia karena bahan bakunya yang sulit didapat. Jadi lebih baik kamu memiliki paket katering makanan Indonesia supaya harganya lebih murah.

  • Menyewa Baju Pengantin di Vendor Pernikahan yang Sama

Menjadi raja dan ratu dalam satu hari. Itulah julukan untuk pasangan yang menggelar pesta pernikahan. Berhubung menjadi raja dan ratu dalam satu hari, maka pakaian yang dikenakan pasti menjadi sorotan. Beberapa orang justru ada yang memesan atau membuat baju pengantin khusus di desainer kenamaan. Untuk menghemat biaya nikah, lebih baik kamu menyewa baju pengantin di vendor pengantin yang sama supaya harganya bisa masuk ke dalam harga paket pernikahan.

  • Buat Undangan Pernikahan dalam Bentuk Digital

Untuk menghemat biaya nikah, kamu bisa membuat undangan pernikahan dalam bentuk digital. Kamu bisa membuat kartu undangan pernikahan ini sendiri alias tidak perlu menggunakan jasa percetakan dalam mendesain dan mencetak kartu karena saat ini sudah banyak aplikasi web desain grafis yang gratis kamu gunakan seperti www.canva.com. Kamu cukup memasukkan foto dan kata-kata yang akan digunakan.

Baca Juga : Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

  • Beli Suvenir Langsung di Pengrajin

Membeli Kerajinan di Pengrajin (hello-pet.com)

Tips yang terakhir adalah dengan membeli suvenir langsung di pengrajinnya. Cobalah untuk searching pengrajin untuk suvenir yang bisa digunakan untuk suvenir pernikahan. Biasanya pengrajin suvenir bisa kamu temukan di daerah Bogor, Bandung, dan juga Yogyakarta. Kamu bisa membeli satu buah suvenir terlebih dahulu, jangan membelinya sekaligus supaya kamu bisa mengetahui bentuk fisiknya seperti apa. Jika sudah melihat sendiri bentuk asli dari suvenir tersebut dan merasa cocok, maka kamu bisa langsung memesannya dalam jumlah banyak.

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kamu jadi tahu kalau menggelar pesta pernikahan di rumah atau di gedung memiliki keuntungan masing-masing. Tapi apapun pilihanmu, tetap sesuaikan dengan budget biaya nikah supaya tidak perlu berhutang. Meskipun terpaksa harus mengutang karena budget dirasa masih kurang sedikit, kamu bisa mengajukan pinjaman online melalui TunaiKita yang aman dan terpercaya.

Semoga kamu bisa mempersiapkan pesta pernikahan dengan lancar Sobat!