Bisakah Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit? Caritahu Jawabannya di Sini!

KTA Tanpa Kartu Kredit

Kartu kredit selalu menjadi salah satu syarat utama untuk mengajukan KTA. Tapi tidak semua orang memiliki kartu kredit. Lantas, apakah kita bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit? Tentu saja bisa, simak tipsnya di sini!

Hampir sebagian besar orang selalu dihadapkan pada situasi terjepit alias sedang dalam keadaan terdesak sehingga butuh dana tunai dengan segera. Keperluan tersebut sebenarnya bisa saja dipenuhi dengan cara meminjam dana dari teman, kantor, hingga saudara dekat. Jika jumlah yang dipinjam tidak terlalu banyak, biasanya mereka bisa membantu. Tapi bagaimana kalau dana yang kamu butuhkan jumlahnya jutaan rupiah, bahkan berada di angka puluhan juta? Pastinya mau tak mau kamu harus mengajukan pinjaman dana tunai melalui bank.

Bank bisa memberikanmu pinjaman dana tunai melalui produknya yang bernama kredit tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama KTA. Jenis pinjaman bank ini bisa memberikanmu dana pinjaman hingga ratusan juta rupiah tanpa perlu mengagunkan atau menjaminkan aset berharga milikmu seperti BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) atau sertifikat rumah. Berhubung tidak adanya agunan dalam pinjaman KTA, maka syarat yang diberikan oleh bank terbilang cukup banyak dan agak rumit. Beberapa persyaratan yang seringkali diberikan adalah kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, rekening koran, hingga kartu kredit.

Apa Kegunaan Kartu Kredit Sebagai Syarat KTA?

Kartu Kredit (upgradedpoints.com)

Kartu kredit memang menjadi salah satu syarat utama untuk dapat mengajukan KTA. Biasanya pihak bank akan menetapkan syarat kepemilikan kartu kredit dengan penggunaan aktif minimal 1 tahun dengan limit tertentu. Ada yang menetapkan limit kartu kredit minimal Rp5 juta hingga Rp10 juta. Kartu kredit menjadi salah satu syarat pengajuan KTA karena dengan adanya kartu kredit, pihak bank bisa melihat bagaimana ketepatanmu dalam membayar cicilan. Apakah cicilan kartu kredit milikmu selalu dibayarkan tepat waktu atau kamu pernah menunggak pembyayaran. Semua itu akan menjadi penentu dalam menentukan apakah kamu bisa diberikan pinjaman dana dalam jumlah yang banyak. Lantas bagaimana kalau tidak memiliki kartu kredit?

Baca juga: Cek Biaya-Biaya Yang Dikenakan Pada Pinjaman KTA, Banyak Tidak Ya?

Tips Mendapatkan KTA Tanpa Kartu Kredit

KTA Tanpa Kartu Kredit (www.icicibank.com)

Tenang saja Sobat karena ternyata sekarang sudah banyak pinjaman KTA tanpa kartu kredit alias kamu tidak perlu memiliki kartu kredit jika ingin mengajukan KTA. Tapi ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika ingin mendapatkan KTA tanpa kartu kredit, yaitu:

  • Memiliki Profesi atau Pekerjaan yang Jelas

Tips yang pertama adalah kamu harys memiliki profesi atau pekerjaan yang jelas. Jika statusmua adalah karyawan, maka kamu haruslah seorang karyawan tetap, bukan karyawan kontrak atau freelancer. Tapi jika kamu adalah seorang wirausahawan atau profesional, maka pastikan kalau praktek atau bisnismu setidaknya sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun.

  • Melampirkan Slip Gaji Asli

Slip Gaji (sunny.co.uk)

Penting untuk melampirkan slip gaji asli pada saat pengajuan pinjaman KTA sebagai tanda bukti kalau kamu memiliki kemampuan untuk membayar cicilan KTA setiap bulannya. Lalu bagaimana jika tidak memiliki slip gaji karena bukan karyawan alias profesional atau wirausahawan? Kamu bisa melampirkan laporan keuangan usahamu selama kurang lebih dua bulan terakhir.

  • Tidak Pernah Memiliki Riwayat Hutang yang Buruk

Tips yang terakhir adalah jangan sampai kamu memiliki riwayat hutang yang buruk. Bukan berarti karena kamu tidak memiliki kartu kredit, lantas bank tidak akan tahu apakah kamu merupakan orang yang selalu membayar cicilan hutang tepat waktu atau tidak. Bank akan tetap bisa melakukan pengecekan histori kredit atau riwayat hutang lewat BI checking. Jadi kalau ada tunggakan yang belum terbayar selama ini, kamu harus segera melunasinya supaya bisa membersihkan riwayat hutang burukmu.

Bank Penyedia KTA Tanpa Kartu Kredit

Ingin mengajukan KTA proses cepat tanpa kartu kredit tapi bingung di mana tempat penyedia yang aman dan terpercaya? TimiKimi punya tiga rekomendasi bank-bank penyedia KTA tanpa kartu kredit yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Amar Bank

Amar Bank (Sumber: amarbank.co.id)

Bank penyedia KTA tanpa kartu kredit yang pertama adalah Amar Bank. Melalui produk pinjaman Tunaiku Amar Bank, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tunai mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta. Jangka waktu peminjaman yang diberikan adalah 12 bulan dengan bunga pinjaman tetap 3% per bulan. Untuk mendapatkan pinjaman KTA tanpa kartu kredit dari Amar Bank, kamu memerlukan KTP, NPWP, dan slip gaji. Sayangnya KTA tanpa kartu kredit dari Amar Bank hanya menjangkau kawasan Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, dan Denpasar saja.

Baca juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Dengan KTA Terbaik, Begini Lho Caranya!

2. KEB Hana Bank

Selanjutnya ada KEB Hana Bank yang bisa memberikan pinjaman KTA tanpa kartu kredit dengan limit mulai dari Rp5 juta hingga mencapai Rp200 juta. Untuk jangka waktu peminjamannya bisa mencapai 36 bulan. Syarat mengajukannya hanya KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, dan memiliki pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun.

3. DBS Indonesia

Terakhir ada DBS Indonesia yang juga bisa memberikan pinjaman KTA online tanpa kartu kredit dengan maksimal plafon pinjaman hingga Rp200 juta. Pilihan jangka waktu pinjamannya maksimum 36 bulan. Sedangkan syarat yang diajukan oleh DBS Indonesia adalah KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, dan melampirkan nama serta nomor telepon kantor tempat kamu bekerja.

Pinjaman Online Jadi Solusi Jika KTA Tanpa Kartu Kredit Tidak Didapat

Source: TunaiKita

Berhubung pinjaman KTA tanpa kartu kredit ini memiliki persyaratan dan proses seleksi yang cukup ketat, maka tidak semua pengajuan bisa diterima oleh pihak bank begitu saja. Tak sedikit orang yang pengajuan KTA tanpa kartu kreditnya ditolak bank karena alasan-alasan tertentu. Mulai dari data yang tidak bisa diverifikasi, dokumen yang tidak lengkap, dan lain sebagainya. Kalau pinjaman KTA tanpa kartu kreditmu ditolak, jangan berkecil hati dulu Sobat, karena masih ada pilihan pinjaman jenis lain yaitu pinjaman online yang juga sama-sama tidak memerlukan agunan dan kartu kredit saat pengajuannya.

Pinjaman online merupakan salah satu jenis pinjaman yang kebanyakan diberikan oleh perusahaan fintech berbasis P2P lending. Salah satu penyedia pinjaman online yang bisa kamu andalkan adalah TunaiKita. Nominal pinjaman dana tunai yang bisa diberikan oleh TunaiKita mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu peminjaman maksimal 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuannya sangatlah mudah karena cuma butuh tiga syarat utama saja yakni KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata.

Baca Juga : Mengenal KTA DBS, Mulai Dari Kelebihan, Syarat, Hingga Cara Pengajuannya

Untuk cara mengajukannya sangatlah mudah. Coba ikuti saja langkah-langkah di bawah ini!

  • Download aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data diri
  • Setelah itu baru lakukan login ke dalam aplikasi dengan memasukkan username dan password
  • Lengkapi dokumen persyaratan
  • Isi nominal pinjaman yang diinginkan dan jangka waktu peminjaman yang disanggupi
  • Setelah itu kamu tinggal mengklik ajukan

Tunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi dan memproses pengajuan pinjaman. Jika diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari dana akan langsung cair melalui rekening tabungan bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tidak sulit bukan cara pengajuannya?

Ingat untuk selalu melakukan perhitungan yang matang sebelum mengajukan pinjaman. Baik itu pinjaman KTA tanpa kartu kredit maupun pinjaman online supaya nantinya kamu tidak akan menyesal di kemudian hari. Semoga kamu cepat mendapatkan pinjaman untuk keperluan mendesakmu ya Sobat!