Bisakah Usaha Modal 1 Juta untuk Buka Bisnis Kue Kering Lebaran? Coba Kita Cek!

Saat datang bulan Ramadhan, banyak ibu rumah tangga yang membuka bisnis kue kering untuk lebaran. Dengan bermodal dana secukupnya, bisakah usaha modal 1 juta ini dijalankan dan mendapat untung banyak? Kita cari tahu bersama yuk jawabannya!

Bukan tanpa alasan kenapa bulan Ramadhan bisa mendapat julukan bulan yang penuh berkah. Hal ini dikarenakan pada saat bulan Ramadhan, para pedagang bisa meraup untung yang berlipat. Mulai dari pedagang pakaian, perlengkapan ibadah, elektronik, dan pastinya pedagang makanan. Para pedagang-pedagang ini bisa meraup keuntungan karena ketika datang bulan Ramadhan, masyarakat pasti akan menambahkan budget khusus. Apalagi untuk lebaran.

Salah satu pedagang yang pastinya mendapatkan untung berlipat adalah pedagang kue kering. Tapi uniknya, bisnis kue kering lebaran ini justru lebih banyak dijalankan oleh para ibu rumah tangga. Meski kue kering yang dijual di toko-toko atau supermarket juga pasti akan laris. Tapi kue kering yang dijual ibu rumah tangga tidak kalah enaknya. Kalau kamu memiliki kemampuan untuk membuat kue kering. Kenapa tidak melakoni bisnis kue kering lebaran ini saja untuk tambahan penghasilan?

Baca juga: 10 Peluang Usaha Rumahan Online Yang Mudah Menjalankannya

7 Kue Kering Terfavorit untuk Lebaran

Bisnis Kue Kering (ramesia.com)

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja kue kering yang biasanya menjadi favorit saat lebaran, yaitu:

  • Nastar

Di urutan pertama sudah pasti ada kue nastar yang tak pernah absen dari daftar kue lebaran yang wajib tersaji di atas meja ruang tamu. Nastar merupakan kue kering yang di dalamnya terdapat selai nanas. Citarasanya manis dan ada rasa asam sedikit. Beberapa orang ada yang membuat kue nastar dengan tambahan keju di dalamnya supaya lebih gurih citarasanya.

  • Kastangel

Kue kering kedua terfavorit adalah kastangel alias kue kering keju yang terbuat dari beberapa jenis keju di dalamnya, mulai dari keju cheddar parut, keju edam, dan lain sebagainya. Citarasanya sudah pasti gurih asin. Kastangel ini kebanyakan memiliki bentuk persegi panjang kecil dengan taburan keju parut di atasnya.

  • Puteri Salju

Kue Puteri Salju (ytimg.com)

Kemudian ada puteri salju yang sering dijuluki dengan nama kue bulan karena bentuknya yang seperti bulan sabit. Kue puteri salju sebenarnya hanya terbuat dari kuning telur, gula, tepung, dan margarin saja. Tapi yang membuatnya unik adalah saat sudah matang, kue kering ini dibalut dengan gula halus yang mirip dengan salju. Sama seperti nastar, kue puteri salju ini juga terkadang diberi tambahan keju di dalamnya.

  • Kue Sagu

Kue sagu merupakan kue yang memiliki tekstur unik yakni ketika digigit pertama kali rasanya sangat renyah, tapi saat sudah masuk mulut, maka kue ini akan langsung lumer seketika. Sesuai dengan namanya, kue sagu menggunakan bahan utama tepung sagu yang dicampur dengan tepung terigu, telur, margarin, dan juga sedikit gula. Citarasanya tidak semanis kue kering lainnya.

  • Kue Semprit

Dari tampilannya, kue semprit ini terlihat sangat cantik karena berbentuk bunga dengan bagian tengahnya terdapat chocochips berwarna-warni atau selai strawberry. Kue semprit terbuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, margarin, gula halus, dan pastinya vanili bubuk supaya aromanya jadi wangi.

  • Kue Kacang

Kue Kacang (www.ainurskitchen.com)

Di daerah yang ada di pulau Jawa, kue kacang sangat sering disajikan saat lebaran. Sesuai dengan namanya, kue ini memiliki campuran kacang. Jenis kacang yang digunakan kebanyakan adalah kacang tanah, tapi ada beberapa yang menggunakan kacang mede atau kacang almond. Citarasanya manis dan gurih dengan tekstur yang renyah.

  • Lidah Kucing

Terakhir ada lidah kucing yang juga sangat populer saat lebaran. Kue ini dinamakan lidah kucing karena tampilannya yang mirip dengan lidah kucing. Kue lidah kucing tadinya hanya berjenis satu saja yakni polos. Tapi sekarang ada banyak varian lidah kucing, yakni lidah kucing red velvet yang berwarna merah, lidah kucing pelangi yang warnanya beragam, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

Usaha Modal 1 Juta untuk Buka Bisnis Kue Kering Lebaran

Menghitung Pinjaman (Sumber: www.creditcardscanada.ca)

Sekarang saatnya menjawab pertanyaan apakah usaha modal 1 juta bisa digunakan untuk membuka bisnis kue kering lebaran. Jawabannya adalah bisa. Loh, bukannya untuk membuka  bisnis kue kering dibutuhkan modal yang sangat banyak. Jangan berpikiran seperti itu Sobat, karena dari usaha modal 1 juta, kamu bisa kok membuka bisnis kue kering lebaran. Coba kamu lirik perhitungan modalnya dari TimiKimi berikut ini:

  • Beli oven kompor Rp250 ribu
  • Beli mixer tangan Rp150 ribu
  • Beli loyang kue 5 buah x Rp10 ribu = Rp50 ribu
  • Beli kuas dan cetakan kue Rp30 ribu
  • Beli toples kue kering 1 lusin Rp50 ribu
  • Isi ulang gas Rp50 ribu

Total keseluruhan untuk membeli peralatan menjadi Rp580 ribu

Sisa Rp420 ribu dari usaha modal 1 juta milikmu ini bisa kamu pergunakan untuk membeli bahan baku seperti tepung, gula bubuk, telur, margarin, dan lain sebagainya. Disarankan untuk membeli bahan baku di pasar tradisional agar harganya jauh lebih murah. Lantas apakah cukup sisa Rp420 ribu untuk membeli semua bahan baku kue kering? Tenang saja sobat, biaya bahan baku ini ditujukan untuk membeli bahan baku untuk sampel kue kering yang akan dipasarkan.

Supaya usaha modal 1 juta milikmu bisa cukup, maka terapkanlah sistem pre order dengan DP (down payment) alias uang muka sekitar 70-80%. Dengan begitu, kamu bisa berbelanja bahan baku kue kering dengan menggunakan uang muka tersebut sehingga tak perlu keluar modal lagi. Hal ini juga bisa menghindari adanya orang-orang yang membatalkan pesanan, memesan tapi tidak membayar atau berhutang kepadamu terlebih dahulu. Dengan adanya DP, maka pesanan yang mereka pesan akan menjadi pesanan pasti karena sebagian besar dananya sudah kamu terima. Jangan lupa juga untuk memasarkan usaha modal 1 juta milikmu ini melalui sosial media mulai dari sekarang supaya bisa menarik banyak pelanggan karena biasanya orang-orang akan mulai memesan kue kering lebaran mulai dari minggu kedua hingga bulan ketiga bulan Ramadhan.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Tempat Mendapatkan Pinjaman Modal 1 Juta untuk Bisnis Kue Kering

Tunai Kita (Sumber: tunaikita.com)

Jika dana untuk usaha modal 1 juta tidak dimiliki, maka kamu bisa langsung mengajukan pinjaman melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan jenis pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman dan terpercaya. Nominal pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp1 juta hingga maksimum Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran cicilan paling lambat 180 hari. Untuk syarat peminjamannya, kamu cukup menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Mandiri). Lalu bagaimana cara mengajukannya?

Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita juga sangat mudah. Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya.

Jika nantinya sudah ada pembeli kue keringmu yang membayar, maka segera bayar cicilan hutangmu secepatnya supaya tidak ada beban hutang lagi sehingga keuntungan dari usaha kue kering bisa langsung dirasakan. Selamat membuka usaha modal 1 juta usaha dan semoga kue keringmu laris manis!