Bokek Pasca Lebaran? 8 Tips Ini Wajib Kamu Coba

Lebaran telah usai, tentunya ada banyak cerita menyenangkan saat libur lebaran. Terlebih lagi untuk kamu yang menghabiskan libur lebaran di kampung halaman. Namun, dibalik cerita-cerita menyenangkan tidak terasa kita sudah menghabiskan banyak uang. Bagaimana tips atur keuangan setelah lebaran?

Untuk para perantau yang merayakan lebaran di kampung halaman, sudah pasti menghabiskan banyak uang. Mulai dari tiket mudik yang mahal, belum lagi membagikan hadiah lebaran kepada keponakan dan seluruh keluarga di kampung halaman. Namun, hal ini bukan jadi masalah karena momen lebaran adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Walaupun menghabiskan banyak uang, rasanya sebanding dengan kebahagiaan dan pahala yang kamu dapatkan.

Kehabisan uang pasca lebaran tentu akan dirasakan setiap orang, karena banyaknya pengeluaran yang kamu habiskan saat momen lebaran. Lalu, bagaimanakah caranya agar kamu tidak bokek setelah lebaran? Ikuti tips berikut ini yuk, Sobat!

Tips Atur Keuangan Setelah Lebaran

1. Cek Pengeluaran Selama Lebaran

Source: Google

Walaupun lebaran sudah selesai, kamu harus tetap mengecek arus pengeluaran ketika lebaran dengan teliti. Kamu bisa mengecek pada bagian manakah pengeluaran terbesar yang kamu habiskan. Dengan begitu kamu dapat mengevaluasi kembali agar di tahun depan kamu bisa lebih hemat lagi.

Baca juga: Butuh Pinjaman Aman Tanpa Ribet? Coba Pinjaman Syariah Online Yuk!

2. Susun Rencana Keuangan

Source: Google

Dalam menyusun rencana keuangan, kamu harus mengutamakan kebutuhan bukan keinginan. Hal ini bertujuan untuk memperkecil pemborosan, apalagi pasca Lebaran kan. Kamu bisa memulainya dengan membeli barang yang memang kamu butuhkan. Jika kamu ingin membeli perlengkapan rumah tangga, kamu bisa membeli di tempat yang murah harganya.

Selain itu, kamu harus menahan keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang penting. Dengan tujuan agar kamu dapat menutup tabungan yang sudah banyak terpakai saat Lebaran. Sobat bisa mencoba menggunakan kendaraan pribadi saat berangkat kerja, cobalah gunakan kendaraan umum agar lebih hemat.

3. Batasi Pengeluaran

Source: Google

Untuk kamu para pekerja yang  lebih sering makan siang di luar kantor, kamu bisa mencobanya untuk mulai membawa bekal makan siang dari rumah. Untuk bisa membawa bekal dari rumah, bangunlah lebih awal agar sempat membuat sarapan serta makan siang yang akan kamu bawa ke kantor. Hal ini tentu dapat menolong keuangan pasca Lebaran. Selain itu, kamu bisa sekaligus mengkonsumsi makanan sehat yang kamu buat sendiri di rumah.

Nah, Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mencoba untuk naik kendaraan umum untuk menekan biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan setiap harinya. Belum lagi kalau macet, tentu saja lebih cepat menghabiskan BBM. Jika kamu menggunakan angkutan umum, misalnya busway, kamu bisa lebih hemat karena dengan membayar Rp3.500 per sekali jalan, kamu bisa transit untuk sampai ke halte paling dekat dengan kantor. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran bulanan?

Baca juga: Pinjaman Uang Untuk Karyawan Tanpa Jaminan, Solusi Saat Belum Gajian

4. Fokus pada Pekerjaan

Source: Google

Pasca lebaran ini ada baiknya kamu menunda acara hangout bersama teman-teman kamu. Fokuslah pada pekerjaan sampai keadaan tabunganmu stabil. Dengan begitu kamu bisa sambil mengumpulkan uang untuk libur lebaran berikutnya.

5. Gunakan Dana Darurat

Source: Google

Jika benar-benar sedang membutuhkan uang, kamu bisa menggunakan dana darurat yang kamu simpan saat ini. Dana darurat bisa digunakan untuk membayar kebutuhan yang sekiranya mendesak. Tapi ingat ya, jangan habiskan semua dana simpanan yang kamu punya ya!

6. Tetap Menabung

Source: Google

Walaupun keadaan keuanganmu sedang menipis, tapi tips yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Kamu harus tetap menyisihkan sebagian penghasilan yang dapatkan untuk ditabung. Tidak harus dalam jumlah yang banyak, paling tidak ada yang kamu sisihkan, baik itu untuk dana darurat ataupun kepentingan masa depan.

7. Tetapkan Biaya Harian

Source: Google

Menetapkan biaya harian penting untuk kamu lakukan. Misalnya, setiap harinya kamu bisa tetapkan Rp50.000 untuk kebutuhan belanja. Terapkan rencana biaya itu secara konsisten. Jika kamu terbiasa mengambil uang dalam jumlah besar, segera pisahkan uang yang akan kamu gunakan. Ingat ya Sobat, jangan bawa uang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Biasakan dirimu untuk menggunakan uang secukupnya. Jangan sesekali tergoda untuk melanggarnya ya!

8. Tambah Penghasilan dengan Bisnis Online

Source: Google

Kamu bisa memanfaatkan kondisi keuangan yang sedang krisis ini dengan bisnis online. Bisnis online merupakan peluang yang bagus untuk kamu yang sedang membutuhkan dana tambahan. Pasalnya, kamu tidak perlu modal yang besar untuk memulainya, cukup dengan smartphone dan internet kamu sudah bisa membuat online shop. Dari hasil penjualanmu bisa kamu alokasikan untuk dana tambahan dan menstabilkan tabunganmu yang tadinya habis untuk Lebaran.

Baca juga: Tips Cara Kelola Gaji Bulanan Agar Tidak Ludes Tanpa Makna

Hemat dan Disiplin

Jika kamu menginginkan kondisi keuanganmu stabil tentunya kamu harus hidup hemat dan disiplin. Jangan mudah tergoda dengan banyaknya penawaran potongan harga yang ada. Dan selalu ingat tujuan kamu melakukan ini agar mengembalikan keadaan keuangan kamu normal kembali. Semangat ya, Sobat!