Budayakan Hidup Minimalis. Millennials Wajib Tahu 7 Keuntungannya

Gaya hidup minimalis sedang trend akhir-akhir ini, seperti yang kita ketahui minimalis identik dengan konsep estetika menata ruangan. Prinsip minimalis ini sebenarnya bisa diaplikasikan di berbagai aspek kehidupan lho, Sobat. Penasaran seperti apa? Berikut ini 7 keuntungan menerapkan gaya hidup minimalis, simak ulasannya berikut ini ya!

Gaya hidup minimalis sendiri merupakan ajakan untuk serba mengurangi segala hal yang berlebihan dalam hidup. Tentu, setiap orang memiliki sesuatu yang tidak terlalu mereka butuhkan, kamu pun juga begitu kan? Ketika kamu menerapkan gaya hidup minimalis, segala sesuatu yang tidak berguna harus segera disingkirkan dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih berguna. Akan tetapi, menerapkan gaya hidup minimalis tidak serta merta hanya sebatas membereskan kekacauan yang ada di dalam rumah saja. Namun, gaya hidup minimalis dapat juga memberikan implikasi yang lebih bagi kehidupan orang yang menerapkannya.

Di zaman yang serba mudah saat ini, godaan untuk selalu konsumtif bisa kamu rasakan dari mana saja. Tentunya ini dapat mengganggu arus keuangan, serta rentan membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Lalu, apa sajakah keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan gaya hidup minimalis? TunaiKita akan membahas mengenai manfaat gaya hidup minimalis. 

Hidup Minimalis, Kenapa Tidak? Ini Keuntungan yang Akan Kamu Rasakan!

1. Menghemat Uang

Source: Google

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis keuntungan pertama yang bisa kamu rasakan yaitu kamu jadi tidak boros dan keadaan keuanganmu akan terselamatkan dari sifat konsumtif. Sehingga memanfaatkan uangmu dengan sesuatu yang benar-benar kamu butuhkan saja. Coba sesekali untuk melacak pengeluaranmu selama satu-dua bulan untuk belanja barang-barang yang kamu butuhkan saja. Kamu mungkin akan terkejut karena bisa menghemat banyak dengan mengubah kebiasaan belanjamu menjadi minimalis. Sehingga kamu bisa memanfaatkan penghasilan yang kamu dapatkan dengan berinvestasi atau ditabung. 

Baca juga: 8 Penyesalan Yang Akan Kamu Hadapi Di Hari Tua Jika Tidak Bijak Memaksimalkan Masa Muda

2. Lebih Bahagia

Source: Google

Percaya nggak Sobat kalau dengan gaya hidup minimalis kamu akan merasa lebih bahagia? Mengapa? Hal ini dikarenakan, dengan kamu menyingkirkan segala beban dan rintangan yang ada dalam hidupmu, maka hal-hal positif akan datang menghampiri, sehingga akan lebih mendatangkan kebahagiaan.

Dengan tidak terlalu memikirkan gaya hidup konsumtif yang sangat cepat perkembangannya, kamu tentu tidak merasa terbebani. Misalnya kamu sudah memiliki gadget baru dengan fitur yang sudah cukup canggih, sedangkan 6 bulan kemudian akan ada gadget baru yang muncul dengan fitur yang jauh lebih canggih dibandingkan gadget yang kamu punya. Jika kamu menerapkan gaya hidup minimalis, tentunya kamu tidak tergiur dengan adanya gadget baru tersebut.

3. Lebih Produktif

Source: Google

Dengan mempunyai banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan, ini akan sangat menyita waktumu. Bayangkan, jika kamu harus menghabiskan waktu untuk membeli, membersihkan, mengatur, dan sebagainya. Padahal, waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif. Sayang kan kalau cuma kamu habiskan untuk urusi barang-barangmu. Ingat, hidup cuma sekali, dan waktu tidak bisa kembali. Manfaatkan waktumu sebaik mungkin ya, Sobat!

4. Lebih Sehat dan Terbebas dari Stres

Source: Google

Gaya hidup minimalis baik untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis kamu, lho. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, sebenarnya kamu menciptakan ruangan kosong yang baru. Ruang tersebut akan membuatmu terbebas dari perasaan klaustrofobia dan memungkinkan kamu untuk bernafas lebih lepas.

Selain itu, obsesi untuk terus mengkonsumsi dan memiliki benda-benda bernilai materiil, tidak jarang ini akan memberikan tekanan pada dirimu sendiri. Gaya hidup minimalis secara tidak langsung menghindari kamu dari perilaku konsumtif yang kerap kali merugikan. Kamu hanya akan membeli kebutuhan yang menjadi prioritasmu saja. Penerapan gaya hidup minimalis ini pun membuka pikiranmu sehingga terbebas dari tekanan dan tuntutan sosial yang bersifat konsumtif.

Baca juga: 7 Tips Ini Bisa Kembalikan Semangat Kamu Setelah Libur Panjang

5. Fokus Mencapai Tujuan Hidup

Source: Google

Gaya hidup minimalis membuat kamu merasa lebih bisa memegang kendali terhadap diri sendiri. Banyak keuntungan dengan adanya gaya hidup minimalis yang kamu terapkan, mulai dari karir, produktivitas, hingga finansial.

Dengan mengurangi apa yang tidak perlu, secara langsung juga meringankan beban hidup kamu. Oleh sebab itu, kamu yang menerapkan gaya hidup minimalis bisa lebih fokus menata kehidupan kedepannya. Dalam mencapai tujuan pun, kamu merasa lebih berani dan tidak takut kehilangan apapun. Kepercayaan diri yang diperoleh dengan menerapkan gaya hidup minimalis ini akan menjadi modal untuk kamu meraih kebahagiaan dan pencapaian selanjutnya.

6. Menciptakan Ruang Bebas pada Rumah

Source: Google

Kalau kamu sebelumnya menerapkan gaya hidup yang konsumtif, tidak heran jika ada begitu banyak benda atau perabot yang kamu miliki di rumah sehingga kamu bingung bagaimana cara menanganinya. 

Hal ini tentu akan menjadi beban untuk kamu, Sobat. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, mengurangi sifat konsumtif dengan mengurangi membeli barang yang tidak kamu butuhkan dan membuang barang yang tidak penting tentunya kamu dapat terhindar dari rasa gerah dan ruangan di rumahmu akan terasa luas dan nyaman. Rumahmu akan terbebas dari tumpukan barang dan akan terlihat bersih dan rapi. Semakin sedikit barang yang ada di rumah, semakin ringan pula tugas kita untuk bersih-bersih. Dengan barang yang minimalis, kamu juga bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk menyapu dan mengepel. Tidak perlu sewa tenaga orang lain untuk melakukan itu. Cukup kamu sendiri yang bergerak, hitung-hitung olahraga kan.

7. Hubungan Lebih Erat dengan Orang-Orang Terdekat

Source: Google

Mengaplikasikan gaya hidup minimalis dalam hal pekerjaan tentunya dapat meningkatkan efektivitas, sehingga kamu memiliki waktu luang yang lebih panjang bersama orang-orang terdekatmu. Waktu luang tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mengeratkan hubungan dengan orang-orang terdekat, seperti teman, keluarga, dan masyarakat sekitar. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mendalami hobi, minat, dan kesukaan yang kerap ditinggalkan karena disibukkan dengan rutinitas pekerjaan.

Untuk memulai menerapkan gaya hidup minimalis, kamu perlu mengenali dan menggali apa saja yang dapat memberikan makna berarti di dalam hidupmu. Karena setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda, maka jangan heran jika cara mereka menerapkan gaya hidup minimalis berbeda dengan apa yang kamu lakukan. Meski begitu, tujuan yang sebenarnya kamu capai adalah kehidupan yang lebih bahagia. Kamu juga bisa menceritakan pengalaman hidup minimalis kamu kepada anak dan cucu nantinya. 

Baca juga: Akhir Pekan Harus Produktif! Lakukan 7 Hal Ini Yuk!

Yuk, Mulai dari Sekarang

Memulai hidup minimalis memang tidak bisa langsung begitu saja, kamu bisa memulainya dengan perlahan. Kamu tidak harus mengganti semua kebiasaan lamamu seketika, semua perlu waktu dan tidak ada salahnya untuk mulai dari sekarang. Tidak ada salahnya memulai hidup minimalis, selain bisa buat diri kamu lebih bahagia ada banyak juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba, Sobat!