Butuh Dana Untuk Modal Usaha? Ini Pilihan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan Yang Bisa Kamu Gunakan

pinjaman dana tunai tanpa jaminan

Banyak cara yang bisa dilakukan sesorang untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan untuk modal usaha. Apalagi di jaman serba digital seperti sekarang ini, kamu pun juga bisa mengakses pinjaman dana tunai tanpa jaminan dengan bermodalkan internet saja.

Jika dahulu ketika kamu membutuhkan dana untuk membuat suatu usaha harus pergi ke bank tertentu. Saat ini, kamu bisa mengakses untuk mencari penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan karena sudah banyak pilihan penyedianya. Beberapa diantaranya memberikan kemudahan proses, keringanan beban bunga hingga pencairan lebih cepat.

Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis, tidak perlu lagi takut untuk kekurangan modal. Sumber dana untuk modal usaha ada di mana-mana kok, asal tepat mencarinya. Internet adalah awal pencarian yang layak dicoba. Ada banyak layanan penyedia kredit dan pinjaman dana tunai tanpa jaminan untuk bisa kamu jadikan sebagai modal usaha. Memulai sebuah usaha yang diperlukan yaitu konsisten.

Sebelum kamu memulai sebuah bisnis, pastikan kamu sudah mengetahui bisnis apa yang ingin kamu jalani. Selain itu, perhitungkan dengan cermat, teliti, dan seksama rasio untung, rugi dan risiko kegagalannya. Nah, berikut ini TimiKimi punya ulasan mengenai beberapa pilihan penyedia pinjaman yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Simak yuk!

Penyedia Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan yang Bisa Kamu Pilih Untuk Modal Usaha

Source: Google

Memiliki usaha sendiri memang impian semua orang, namun terkadang semua terhalang karena kurangnya modal usaha yang dimiliki. Hal yang bisa dilakukan yaitu mengajukan pinjaman pada penyedia layanan pinjaman. Apa saja kah? Berikut beberapa penyedia pinjaman yang bisa kamu ajukan untuk modal usaha, diantaranya:

Baca juga: Pinjam Uang Tanpa Jaminan 2019: Kenali Resiko Sebelum Mengajukan Pinjaman

1. Kredit Usaha Rakyat

Pinjaman modal usaha yang satu ini lebih sering disebut KUR. Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program pemerintah yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. KUR bertujuan untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah agar mendapatkan akses permodalan dari lembaga keuangan baik swasta maupun pemerintah. Program ini melibatkan beberapa bank seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri hingga Bank Bukopin sebagai penyalurnya.

KUR diberikan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan syarat harus memiliki usaha yang sedang berjalan tetapi belum bisa mengakses perbankan. Dengan demikian KUR hadir untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan permodalan. Tetapi tidak semua pelaku usaha masuk kategori usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemerintah sendiri telah mengatur siapa yang berhak masuk kategori UMKM sesuai Undang-Undang Np. 20/2008.

Yang membedakan antara lain yang disebut usaha mikro yaitu kekayaan bersihnya mencapai paling banyak Rp50 juta, kemudian usaha kecil Rp50 juta hingga Rp500 juta, sementara yang disebut usaha menengah yakni besaran kekayaan bersihnya antara Rp500 juta hingga Rp10 miliar.

2. Koperasi

Source: Google

Lembaga keuangan non bank satu ini bisa dibilang paling merakyat. Bagaimana tidak, sejak zaman awal kemerdekaan, koperasi menjadi tonggak pembangunan ekonomi bagi bangsa Indonesia. Yang paling populer saat ini di kalangan masyarakat adalah kosipa alias koperasi simpan pinjam. Koperasi ini banyak dibentuk mulai dari lingkungan sekolah, kampus, hingga masyarakat setempat. Kamu bisa mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan lho, Sobat!

Mendapatkan pinjaman modal usaha di koperasi pun relatif cukup mudah, meringankan bahkan menguntungkan. Kamu juga bisa mendapatkan bunga yang tidak terlalu memberatkan dan pastinya mendapatkan pembagian hasil usaha di setiap akhir tahun.

3. Peer to Peer Lending

Source: Google

Pinjaman peer to peer lending ini cocok untuk kamu yang tidak mau ribet mengurus persyaratan administrasi pinjaman modal usaha ke bank. Untuk itu, kamu bisa mengajukannya melalui beberapa situs peer to peer lending. P2P lending prinsipnya mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman atau investor. Jadi, investor akan menerima keuntungan dari bunga si peminjam. Sebagian besar pinjaman modal ke P2P lending adalah mereka yang tidak mengajukan pinjaman pada bank.

Untuk kamu yang tertarik untuk meminjam modal usaha pada P2P lending, perhatikan lebih cermat dan lebih hati-hati. Usahakan agar kamu benar-benar riset terlebih dahulu mengenai P2P lending mana yang paling kredibel dan sudah diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pada pinjaman P2P lending plafon pinjaman yang bisa kamu ajukan mencapai hingga Rp200 juta, lho!

Baca juga: Pinjaman Pribadi Bank Vs Pinjaman Pribadi Non Bank, Lebih Menguntungkan Mana?

4. Pinjaman Online

Pinjaman online merupakan penyedia pinjaman yang mudah didapatkan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pinjaman online yang kamu inginkan. Tetapi kamu perlu hati-hati dalam memilih aplikasi pinjaman online langsung cair tanpa ribet. Pastikan aplikasi pinjaman online yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jangan sampai kamu salah pilih, yang ada malah menyusahkanmu dengan biaya dan bunga yang tinggi.

Source: TunaiKita

Nah, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat di TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Masa tenor yang diberikan hingga 6 bulan.

Cara mengajukannya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal siapkan tiga syarat, yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata). Pastikan kamu sudah mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore. Lalu, kamu bisa langsung melakukan registrasi agar bisa login. Isi data diri dengan benar, kemudian lakukan login. Kamu nantinya harus mengisi nominal jumlah pinjaman dan memilih masa tenor yang diinginkan sesuai kebutuhanmu. Jika sudah, kamu tinggal menunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi dan memproses pengajuan pinjaman mahasiswa tanpa jaminan. Kalau pengajuan pinjamanmu diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari saja dana bisa cair melalui rekening tabungan yang telah kamu berikan. Mudah bukan?

Baca juga: Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending Yang Aman Dan Terpercaya, Hati-Hati Penipuan!

Pilih Pinjaman Seusai dengan Kebutuhan Kamu

Meski semua penyedia layanan pinjaman dana bisa kamu gunakan untuk modal usaha, tetapi penting bagi kamu untuk mempertimbangkan dan memilih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Karena jika kamu salah pilih penyedia pinjaman, yang ada kamu akan terbebani dengan bunga-bunga yang diberikan beberapa penyedia pinjaman. Jangan sampai bunga yang diberikan malah jadi terbebani, yang ada keuntungan dari bisnismu habis untuk membayar bunga yang dibebankan padamu.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat membantu dan menginspirasi Sobat untuk lebih cermat lagi dalam memilih penyedia layanan pinjaman, baik pinjaman di bank, koperasi, P2P lending, maupun pinjaman online. Tinggal kamu lihat lagi apakah pinjaman tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.