Butuh Pinjaman Aman Tanpa Ribet? Coba Pinjaman Syariah Online Yuk!

pinajaman online syariah

Banyaknya keperluan yang mendesak membuat kita mau tidak mau melakukan pinjaman baik itu ke teman, keluarga maupun pinjaman online yang sedang marak sekarang ini. Namun banyaknya pilihan pinjaman online sekarang ini membuat kita bingung dan dilema manakah yang menurut kita aman untuk diajukan. 

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada lho pinjaman syariah online yang bisa jadi pilihanmu untuk mengajukan pinjaman. Selain prosesnya yang mudah, pinjaman syariah online juga menguntungkan. Mengapa menguntungkan? TimiKimi punya ulasannya untuk Sobat, simak yuk!

Baca juga: Wajib Tahu! Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online Langsung Cair

Pinjaman Syariah Online dan Menguntungkan

Source: Google

Disaat kebutuhan orang meningkat setiap tahunnya ketersediaan dana sangat mutlak dibutuhkan. Pengeluaran penting sepeti biaya sekolah, biaya kesehatan, biaya belanja bulanan bahkan biaya tak terduga lainnya yang kita butuhkan hal yang dapat kita lakukan hanya mengandalkan tabungan yang kita punya. Tapi bagaimana kalau sisa tabunganmu tak bersisa? Hal yang dapat dilakukan yakni mengajukan pinjaman online.

Memang pinjaman online sangat mudah untuk diajukan, selain mudah pinjaman online prosesnya termasuk cepat dan tanpa jaminan apapun. Kamu hanya diminta untuk menginput mandatory dokumen seperti KTP dan NPWP. Tapi dari semua kemudahan yang ada pada pinjaman online bunga yang ditanggungkan pada debitur sangatlah tinggi. Tak jarang banyak yang mempertimbangkan lagi untuk mengajukan pinjaman.

Namun, apabila diantara kamu enggan untuk melakukan pinjaman karena sistem riba pinjaman syariah online bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Sebelum TimiKimi membahas apa saja keuntungan dari pinjaman syariah online, TimiKimi akan kasih tahu Sobat apa saja pilihan produk pinjaman syariah online yang bisa kamu ajukan. Berikut beberapa pilihannya:

1. KTA Syariah

Sobat tentu sering mendengar tentang KTA syariah, keuntungan dari KTA syariah ini hampir sama dengan pinjaman produk bank lainnya. Hanya saja sistemnya syariah dan disediakan oleh bank syariah. Dalam sistem syariah bunga diperhitungkan dengan sistem bagi hasil setelah terjadi keuntungan.

2. Pegadaian Syariah

Source: Google

Sedangkan pegadaian syariah sendiri dimana sistemnya kamu memberikan jaminan utang atau gadai. Lebih jelasnya pegadaian syariah merupakan sistem menjamin utang dengan barang yang dimiliki memungkinkan untuk kamu membayar pinjamannya dengan uang atau dari hasil barang yang kamu gadai.

Proses pinjaman hanya 15 menit dan pegadaian akan menyimpan barang gadaianmu di tempat yang aman. Barang yang bisa digadai adalah perhiasan, barang elektronik, maupun kendaraan bermotor. Pinjaman (Mahrun Bih) mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 200 juta ataupun lebih. Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang apabila kamu mengangsur biaya untuk jaminan.

3. Pinjaman Melalui Kartu Kredit Syariah

Perlu Sobat ketahui bahwa Bank Syariah juga menyediakan kartu kredit syariah untuk menunjang transaksi nasabah syariah. Fasilitas kartu kredit syariah ini bisa sangat menguntungkan untuk kamu dan apabila membayar sebelum jatuh tempo kamu bisa bebas dari bungan. Menarik ya?

4. Produk Pinjaman Online

Pasti kamu sudah sering dengar tentang pinjaman online kan? Ya, banyaknya pinjaman online yang ditawarkan ditambah lagi pengajuannya mudah dan prosesnya cepat sangat menguntungkan untuk kamu. Sekarang pinjaman online sudah ada yang menggunakan sistem syariah yang tidak kalah menguntungkan.

Baca juga: Ingin Cicil Rumah Tanpa Bunga? Coba Ajukan KPR Mandiri Syariah!

Keuntungan Pinjaman Syariah Online

Source: Google

Setelah mengetahui jenis pinjaman mana yang cocok untuk kamu. TimiKimi punya ulasan mengenai apa saja keuntungan dari pinjaman syariah online, suapaya kamu lebih mantap untuk memilih pinjaman. Disimak ya Sobat!

1. Tanpa bunga

Sudah jelas yang menjadi fokus utama Sobat dalam mengajukan pinjaman adalah bunga. Apabila tidak ada bunga yang ditangguhkan kepada debitur otomatis sudah menjadi keuntungan tersendiri buat kamu. Pengeluaran kamu pun jauh jadi lebih hemat.

2. Bisa digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak

Hampir semua orang akan merasa kebingungan apabila membutuhkan dana mendesak ditambah lagi jika kamu tidak punya tabungan yang tersisa. Adanya pinjaman syariah online akan sangat membantu ketika kamu membutuhkan dana mendesak. Karena persyaratannya yang mudah dan prosesnya yang cepat sehingga akan sangat mennguntungkan jika kamu mengajukan pinjaman syariah online.

3. Bisa digunakan untuk memulai usaha

Untuk Sobat yang mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah usaha tidak perlu takut untuk tidak terwujud coba mulailah untuk mewujudkannya. Kamu bisa memilih waktu cicilan sesuai dengan kemampuanmu. Beberapa usaha yang bisa kamu pilih seperti usaha kuliner, fashion, dan masih lagi peluang usaha lainnya. Kini keinginan untuk memulai usaha sudah bukan hanya sekedar mimpi saja.

4. Dana yang diperlukan lebih cepat

Di saat Sobat sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan dana cepat pinjaman syariah online bisa jadi solusi buat kamu. Prosesnya cepat dan mudah memungkinkan pinjaman kamu cepat cair asalkan kamu mengikuti semua prosedur dan persyaratan yang diminta.

5. Zakat

Kamu yang memilih pinjaman syariah secara otomatis sudah ikut berpartisipasi dalam membayar zakat. Sebab, dari setiap keuntungan yang diperoleh akan ada beberapa persen dari uang yang dihasilkan untuk membayar zakat.

6. Memiliki fasilitas serupa dengan lembaga konvensional

Kamu bisa mendapatka fasilitas yang sama dengan lembaga konvensional, itu jelas akan sangat menguntungkan kamu untuk melakukan beragam transaksi seperti cicilan, internet banking dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tempat Pinjaman Uang Cepat Tanpa Syarat Yang Ribet

Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman

Memang pinjaman syariah online bisa digunakan untuk beberapa hal. Tapi sebelum mengajukan pinjaman ada baiknya kamu mempertimbangkannya tepat atau tidaknya.

  • Hindari untuk pembelanjaan di luar kemampuan

Belanja tidak sesuai kemampuan dan berlebihan tidak disarankan untuk menggunakan dana pinjaman. Pasalnya, belanja keperluan yang sifatnya konsumtif membuat kondisi keuanganmu malah tidak sehat. Jangan sampai kegiatan belanjamu hanya sekedar lapar mata, maka bijaklah sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

  • Bukan untuk gali lubang tutup lubang

Kebanyakan yang mengajukan pinjaman online yaitu mereka yang menggunakannya untuk menutupi hutangnya di tempat lain, itu bukan solusi. Sebab, jika kamu melunasi hutang dengan cara meminjam lagi di tempat lain itu hanya membuat hutangmu semakin bertambah. Jadi, lebih baik kamu lunasi hutangmu terlebih dahulu saja

Pertimbangkan Lagi Sebelum Meminjam

Keperluan yang mendesak memang tidak bisa kita hindari apa lagi jika itu mengharuskanmu untuk meminjam dana. Maka pertimbangkanlah sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang. Bijaklah dalam mengalokasikan dana adalah cara terbaik sebelum mengajukan pinjaman.

Semoga membantu Sobat!

Editor: Indah Sari Esa Putri