Canggihnya Dunia Sudah Serba Digital, Simak 7 Keuntungan yang Dirasakan!

Era digital adalah istilah yang digunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer. Era digital sendiri sering digunakan untuk menggambarkan teknologi digital. Internet sudah menjadi tidak asing lagi bagi orang-orang. Saat ini internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari kita, seakan tidak bisa hidup tanpa internet.

Perkembangan era digital yang pesat saat ini, sangat membantu masyarakat dunia memberikan kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas. Seiring pesatnya perkembangan teknologi, membuat pengguna internet di dunia pun ikut melambung tinggi. Terlebih lagi untuk generasi millennials tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi digital, baik itu untuk kehidupan sehari-hari maupun pada kegiatan bisnis.

Nah, untuk membangun bisnis sebenarnya memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Perkembangan pada era digital khususnya dalam dunia bisnis yaitu dengan banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia. Seperti yang sudah Sobat ketahui bahwa e-commerce merupakan platform jual beli barang dan jasa melalui sistem digital.

Selain e-commerce, ada juga teknologi digital Peer to Peer Lending (P2P Lending). Untuk Sobat yang masih awam dengan istilah ini, P2P Lending adalah praktek atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan juga sebaliknya, mengajukan pinjaman kepada pemberi pinjaman, yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam atau investor secara online.

Peer to Peer Lending (P2P Lending) memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara. P2P Lending ini sebenarnya sangat mirip dengan konsep marketplace online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertempuan antara pembeli dengan penjual.

Kemudahan Hidup di Era Digital

Source: digitalfinger.id

Bicara mengenai era digital, Sobat  menyadari atau tidak bahwa di era digital sekarang ini kita sangat dimudahkan untuk melakukan segala hal. Untuk itu, TimiKimi punya beberapa hal kemudahan dampak era digital saat ini, apa saja? Berikut diantaranya:

1. Mudahnya Berkomunikasi

Source: dictio.id

Dikutip dari New York Times, Thomas L Friedman dalam The World is Flat membagi globalisasi ke dalam tahapan yaitu globalisasi 1.0, globalisasi 2.0, dan globalisasi 3.0. Nah, sekarang ini kita telah memasuki era globalisasi 3.0, dimana kehidupan manusia dikelilingi oleh teknologi digital. Semua manusia saling terhubung dengan adanya internet. Apalagi dengan munculnya social media sekarang ini, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Baca juga: Jangan Lupa! Tiket Kereta Api Untuk Mudik Sudah Bisa Dipesan Sekarang

Kamu bisa menyebarkan informasi melalui media sosial tersebut, selain itu kamu juga bisa saling menjalin silaturahmi dengan teman atau saudara yang tinggal jauh denganmu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur videocall sehingga kamu akan tetap terhubung tanpa ada batasan waktu dan wilayah.

2. Mobile dan Fleksibel

Source: airmore.com

Era digital adalah masa di mana semua serba mudah dan tidak ada batasannya. Kamu bisa mengerjakan apapun secara mobile, lho! Bahkan sekarang ini ada banyak sekali event yang tidak mengharuskan pesertanya datang. Hanya butuh media online, kamu bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah. Ada banyak sekali online course yang kamu ikut lho, Sobat, bahkan ada universitas yang menyediakan fasilitas kuliah online.

Mahasiswa tidak perlu berkumpul di suatu kelas mendengarkan penjelasan dosen. Mereka hanya perlu akses internet dan suatu sistem informasi agar bisa saling berkomunikasi layaknya kelas perkuliahan. Kamu bisa memanfaatkan fitur dari Google, yaitu Google Hangout. Dalam bidang ekonomi dan perbankan, kamu bisa menggunakan Virtual Account untuk melakukan transaksi pembayaran. Sangat mudah bukan?

3. Internet Lebih Berkuasa daripada Pulsa

Source: Google

Siapa yang lebih memilih kehabisan pulsa dari pada kehabisan paket internet? Tapi itu memang benar adanya, Sobat! Di jaman sekarang ini, internet lebih dibutuhkan ketimbang pulsa. Era digital adalah suatu tanda kemajuan internet. Millennials bahkan lebih memilih tidak makan daripada tidak ada akses internet. Jika paket data habis, mereka akan cenderung mencari koneksi wifi untuk melakukan segala aktivitas di social media dan game online yang sudah menjadi gaya hidup.

4. Mudahnya Berbelanja

Source: theindependent.co,uk

Untuk kamu yang suka berbelanja, hidup di era digital adalah surga dunia. Kamu bisa memilih barang tanpa harus repot pergi ke toko atau ke mall. Kamu cukup bermodalkan smartphone dan internet saja, kamu sudah bisa memilih barang susai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pokok, fashion, souvenir, bayar listrik, bayar pulsa, bayar tiket kereta api, bayar paket data sampai dengan membeli game online. Kamu bisa pilih barang dan harga sesuai kondisi dompet. Untuk proses pembayarannya sendiri juga mudah, kamu tidak harus memiliki uang cash jika ingin berbelanja produk mahal. Cukup transfer saja sesuai nominal belanjaanmu, barang akan langsung diantar ke tempatmu, sangat mudah bukan?

5. Tidak Perlu Takut Tersesat

Source: Google

Hidup di era digital, kamu tidak perlu lagi yang namanya takut tersesat, Sobat! Kamu tentu tidak asing dengan yang namanya teknologi GPS. Sekarang ini, kamu bisa pergi kemanapun tanpa harus tersesat dengan menggunakan aplikasi GPS, seperti Google Maps atau Waze. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti rute yang ditunjukkan dalam aplikasi. Kamu juga bisa menentukan perkiraan waktu tempuh, rute terdekat, serta memilih jalan mana yang mengalami kemacetan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencari fasilitas publik terdekat seperti pom bensin, ATM, restaurant, tempat ibadah, dan sebagainya. Untuk alat transportasi, sekarang juga sudah hadir ojek dan taksi online. Era digital adalah salah satu masa dimana orang berbekal smartphone dan internet bisa langsung panggil ojek, lho! Bahkan, kamu juga bisa sekaligus pesan makanan dengan ojek online.

Baca juga: 10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!

6. Ingin Terkenal dan Menghasilkan Uang? Nge-Vlog Aja!

Source: intenermatters.co.uk

Kalau dulu ingin terkenal begitu sulit, sekarang kamu gak perlu susah-susah lagi kok, Sobat! Dengan Youtube kamu sudah bisa terkenal dengan konten yang kamu ciptakan. Fenomena ini yang sedang menjamur saat ini. Yup, vlog! Siapa yang tidak tahu vlog, hampir semua millennials sekarang merambah dunia vlog. Penghasilan yang bisa kamu dapat dari vlog bisa sangat fantastis lho, Sobat. Namun, kamu harus dituntut kreatif untuk membuat konten yang menarik, supaya banyak yang nonton vlog kamu. Karena penghasilan yang kamu dapatkan dari Youtube, dilihat dari berapa banyak viewers-nya.

7. Cashless

Source: livejapan.com

Sobat, pernah pegi ke mall tapi gak bawa uang cash? Tenang aja! Di era digita ini, kamu bisa menggunakan debit, e-money, dan kartu kredit kok. Hanya dengan “gesek” saja, kamu sudah bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan. Atau kamu sedang berlibur tapi belum bayar tagihan listrik? Kamu juga gak perlu khawatir, hanya dengan mobile banking atau internet banking semua tagihanmu bisa terselesaikan selama ada koneksi internet, lho! Mudah banget, kan?

Permudah Hidup dengan Aplikasi Pinjaman P2P Lending

Kamu lagi cari dana darurat tapi tabunganmu tidak mencukupi? Untuk hal ini kamu juga tidak perlu khawatir, Sobat! Seperti yang TimiKimi ulas di atas mengenai Peer to Peer Lending (P2P Lending), dimana kamu bisa mengajukan pinjaman secara online. Dengan adanya P2P Lending, sangat membantu kamu yang sedang membutuhkan dana darurat dan cepat. Nah, salah satu penyedia pinjaman online yang cepat dan mudah yaitu TunaiKita.

TunaiKita

TunaiKita merupakan sebuah platform pinjaman online tanpa jaminan, yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bergerak di bawah P2P lending. Kamu cukup mengunduh aplikasinya yang tersedia di playstore atau AppStore untuk mengajukan pinjaman. Proses peminjaman di TunaiKita cukup mudah dan cepat. Yang dibutuhkan hanya foto diri langsung, Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, serta surat penghasilan atau slip gaji.

TunaiKita menyediakan beberapa produk pinjaman yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.  Ada dua jenis pinjaman yang ada di TunaiKita yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis pinjaman jangka pendek dan cicilan terbagi lagi dari beberapa produk. Untuk pinjaman jangka pendek terdiri dari:

  • Sakti

Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan tenor 10-30 hari. Serta biaya jasa harian 0,4% hingga 0,5%. Jika kamu melakukan pembayaran kamu bisa mendapatkan yang namanya TK$ Rewards sebesar 4%  berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

  • Fast

Sedangkan produk Fast, tidak jauh berbeda dengan Sakti. Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan tenor 10 hingga 30 hari. Dengan biaya jasa harian sebesar 0,5%. Kamu juga akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 4% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

Sedangkan untuk produk cicilan yang bisa kamu ajukan yaitu:

  • Sakti+

Jumlah pengajuan yang bisa kamu ajukan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Biaya jasa harian yang dikenakan 2,75% hingga 7,75%. Sama dengan produk jangka pendek kamu juga bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 2% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

  • Premiere+

Produk berikutnya, jumlah pengajuan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Dengan biaya jasa harian yang dikenakan sebesar 3% hingga 8%. Dan kamu akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 3% yang berlaku untuk peminjaman selanjutnya.

Jadi, untuk kamu yang sedang membutuhkan dana dengan proses pengajuan yang cepat dan mudah, tinggal download aplikasinya, kemudian ajukan pinjaman. TunaiKita siap bantu kamu, Sobat!

Baca juga: 9 Langkah Jitu Menjadi Youtuber Sukses, Siap-Siap Jadi Jutawan!

Manfaatkan dengan Bijak Sesuai Kebutuhan

Perkembangan era digital yang sangat pesat sekarang ini memberikan dampak baik maupun dampak buruk. Untuk itu ada baiknya kamu bijak dalam memanfaatkan semua kemudahan yang ada. Semoga infomasi yang TimiKimi berikan bermanfaat untuk Sobat semua ya!