Cara Ajukan Kredit Tanpa Agunan Mandiri dan Simulasi Perhitungannya

kredit tanpa agunan mandiri

Mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri kerap kali menjadi pilihan saat butuh dana. Tapi bagi yang belum pernah mengajukan dan ingin mengajukan, kamu bisa ikuti caranya di sini berikut dengan simulasi perhitungannya supaya cicilan bisa terbayar hingga lunas.

Kredit tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama KTA merupakan salah satu jenis pinjaman di Indonesia yang minat peminjamnya terbilang cukup tinggi. Pasalnya, jenis pinjaman ini memberikan plafon pinjaman yang besar dengan masa tenor cicilan yang lama. Selain itu, penyedia pinjaman kredit tanpa agunan adalah bank sehingga dari segi tingkat keamanannya sudah pasti terjamin. Salah satu bank yang menyediakan kredit tanpa agunan adalah Bank Mandiri.

Kredit tanpa agunan Mandiri merupakan pinjaman yang diberikan dari Bank Mandiri tanpa adanya syarat agunan atau jaminan yang harus diberikan sehingga bagi orang-orang yang tidak memiliki aset atau enggan mengagunkan aset bisa menggunakan jenis pinjaman yang satu ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Bank Mandiri (rocketmanajemen.com)

Tak kenal maka tak sayang, jika kamu ingin mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

Baca juga: Seluk Beluk Kredit Tanpa Agunan Mandiri, Pelajari Dulu Sebelum Mengajukan!

  • Pengajuan peminjaman mudah
  • Proses pencairan dana cepat
  • Limit pinjaman tinggi karena bisa mencapai Rp1 miliar
  • Jangka waktu pinjaman bisa mencapai 15 tahun
  • Bisa dipergunakan untuk apa saja
  • Syarat yang diberikan banyak
  • Harus memiliki kartu kredit aktif
  • Ada proses BI checking
  • Bunga pinjaman tergolong tinggi

Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Bank Mandiri (tempo.co)

Jika kamu ingin mengajukan kredit tanpa agunan, tak perlu bingung bagaimana caranya karena kamu tinggal mengikuti tiga langkah mudah yang ada di bawah ini!

1. Siapkan Syarat dan Dokumen yang Berlaku

Pertama-tama adalah siapkan terlebih dahulu syarat dan dokumen pengajuannya. Berikut syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat cicilan berakhir
  • Pegawai tetap, profesional, dan wiraswasta dengan masa kerja minimal 1 tahun
  • Memiliki penghasilan minimum Rp3 juta per bulan
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi SIUP (Surat izin Usaha Perdagangan) bagi wirausaha
  • Fotokopi Izin Praktek bagi profesional
  • Fotokopi kartu kredit (depan dan belakang)
  • Tagihan asli kartu kredit selama 1 bulan terakhir
  • Rekening koran atau fotokopi buku tabungan

2. Pilih Pengajuan Secara Online atau Offline

Bank Mandiri (disk.mediaindonesia.com)

Selanjutnya adalah kamu harus memilih ingin mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri secara online atau offline karena ada dua cara mengajukannya.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa BI Checking, Memangnya Ada?

  • Pengajuan Secara Offline

Untuk pengajuan offline, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Ambil nomor antrian dulu! Nantinya saat nomot antrianmu dipanggil, kamu akan diarahkan menuju customer service. Katakan kalau kamu ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Pihak cs pasti akan menjelaskan kepadamu mengenai kredit tanpa agunan Mandiri dan memintamu untuk mengisi form pengajuan. Isi data dengan baik dan ikuti arahan cs. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan beserta fotokopinya.

  • Pengajuan Secara Online

Jika mengajukan secara online memang lebih mudah caranya karena kamu tidak perlu repot keluar rumah dan mengantri di bank. Cukup kunjungi situs resmi Bank Mandiri dan pilih menu ajukan kredit tanpa agunan. Tapi sebelum mengajukan, siapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan dalam bentuk scan supaya bisa langsung diupload. Berhubung semua dokumen sudah dalam bentuk digital, maka prosesnya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pengajuan secara offline.

3. Menunggu Proses Verifikasi dan Pencairan

Jika mengajukan secara online, biasanya akan ada proses verifikasi. Jadi usahakan teleponmu harus selalu aktif. Sedangkan untuk pengajuan secara offline, tidak perlu proses verifikasi. Jika sudah dilakukan verifikasi, kamu tinggal menunggu proses pencairan dana. Dana yang sudah cair akan langsung ditransfer ke nomor rekeningmu.

Simulasi Perhitungan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

KTA Mandiri (insideyourira.com)

Sebelum mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan, kamu harus melakukan simulasi perhitungan cicilan. Hal ini dimaksudkan supaya nantinya kamu bisa mengetahui berapa nominal dana yang harus disisihkan. Cara melakukannya tidaklah sulit. Pertama, tentukan dulu contoh kasusnya.

Misalkan saja, kamu ingin mengambil pinjaman kredit tanpa agunan senilai Rp 120 juta untuk renovasi rumah. Suku bunga yang dikenakan adalah bunga flat 10% per tahun dengan masa tenor cicilan yang diambil 12 bulan karena kamu tidak ingin terlalu lama berhutang. Maka perhitungan kredit tanpa agunan bunga rendah seperti ini:

Cicilan pokok: Rp 120 juta : 12 bulan = Rp 10 juta per bulan

Bunga yang dikenakan: Rp 120 juta x 10% : 12 bulan = Rp 1 juta per bulan

Cicilan per bulan yang harus dibayar: Rp 10 juta + Rp 1 juta = Rp 11 juta

Jadi setiap bulannya kamu harus membayar cicilan Rp 11 juta sampai masa tenor berakhir alias sampai 12 bulan. Lalu bagaimana jika kemampuan finansial kamu untuk membayar hutang cicilan kredit tanpa agunan tidak sampai Rp 11 juta per bulan? Tenang saja Sobat, kamu bisa mengubah masa tenor cicilan menjadi 24 bulan agar cicilan bulanan jadi lebih ringan.

Jika mengambil masa tenor 24 bulan, maka perhitungan simulasi kredit tanpa agunannya berubah jadi seperti ini:

Cicilan pokok: Rp 120 juta : 24 bulan = Rp 5 juta per bulan

Bunga yang dikenakan: Rp 120 juta x 10% : 12 bulan = Rp 1 juta per bulan

Cicilan per bulan yang harus dibayar: Rp 5 juta + Rp 1 juta = Rp 6 juta

Dari sini kamu bisa melihat perbedaannya. Dengan mengambil masa tenor cicilan 24 bulan, maka jumlah cicilan bulanan yang kamu bayar menjadi lebih kecil, yaitu Rp 6 juta per bulan.

Selain Kredit Tanpa Agunan Mandiri, Ada Pinjaman TunaiKita yang Bisa Jadi Solusi Saat Butuh Dana

Pinjaman Dana Tunai (asiawebdirect.com)

Salah satu kendala saat mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri adalah kamu harus siap jika ternyata pengajuanmu ditolak karena syarat tidak bisa terpenuhi atau karena alasan lainnya. Jika hal ini terjadi, kamu tak perlu khawatir tidak mendapat pinjaman dana karena masih ada pinjaman online dari TunaiKita. TunaiKita merupakan jenis pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman dan terpercaya.

Baca juga: Pengajuan Pinjaman KTA Bisa Langsung Disetujui Jika Kamu Ikuti 5 Hal Ini!

Nominal pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp1 juta hingga maksimum Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran cicilan paling lambat 180 hari. Untuk syarat peminjamannya, kamu cukup menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Mandiri).

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Lalu bagaimana cara mengajukannya? Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan.

Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tidak ribet khan?

Sama seperti kredit tanpa agunan Mandiri, sebelum kamu mengajukan pinjaman online di TunaiKita, ada baiknya kamu juga melakukan simulasi perhitungan hutang terlebih dahulu agar bisa mengetahui berapa kemampuan finansialmu. Selamat menghitung dan semoga pengajuan pinjamanmu diterima!