Hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi, mencari informasi atau bahkan sebagai media promosi. Bicara soal promosi tentu ada banyak cara efektif untuk mempromosikan suatu produk yang akan kita jual. Namun beberapa tahun belakangan ini, media sosial dianggap ampuh sebagai media promosi. 

Media sosial (social media), seperti sudah biasa kita ketahui, termasuk golongan media yang terus menanjak popularitasnya, tak hanya dari sisi pengguna biasa, tapi juga dari sisi bisnis atau sebagai platform pendukung kegiatan marketing. Jika kita lihat dari tren pencarian di Google, pada 10 tahun terakhir, volume pencarian frasa “social media” terus meningkat sejak 2008, sementara khusus versi Bahasa Indonesia (media sosial), makin menanjak sejak 2012.

Kebanyakan orang mencari tahu tentang cara menggunakan, trik mengelolanya, hingga berbagai cara jitu mencari uang atau menggunakan platform ini sebagai pendukung kegiatan digital marketing. Pada dasarnya, media sosial adalah situs atau layanan daring (online) yang memungkinkan penggunanya tak hanya mengonsumsi, tapi juga berpartisipasi membuat, mengomentari, dan menyebarkan beragam konten dalam berbagai format: teks, gambar, audio, atau video.

Dengan media sosial, penggunanya bisa membangun percakapan, bahkan komunitas, karena media sosial juga mempermudah pertemuan beberapa atau banyak orang dengan minat sama. Media ini juga memudahkan pengelola usaha, organisasi masyarakat, sampai lembaga pemerintah untuk terkoneksi langsung dengan publik.

Jika ditanya apa saja layanan yang termasuk media sosial, mungkin mudah untuk kita langsung menyebut beberapa media sosial populer seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, atau Pinterest. Nah, dari nama-nama yang disebutkan kamu bisa memanfaatkannya dengan mempromosikan baik produk atau jasa yang akan kamu jual. Untuk itu, TimiKimi akan menjelaskan bagaimana cara ampuh promosi media sosial yang bisa kamu ikuti. Simak yuk!

Cara Promosi Media Sosial Yang Ampuh

Bagaimana Promosi Dengan Biaya Terbatas (webpraktis.com)

Cara promosi yang ampuh dan efektif adalah promosi yang dilakukan secara online, salah satunya yaitu melalui media sosial yang dapat menjangkau hingga ke seuruh dunia. Promosi melalui media sosial terbukti sangat diperlukan dalam memasarkan produk barang atau jasa agar konsumen dapat tertarik dan membeli produk yang kamu pasarkan. Agar promosi melalui media sosial dapat efektif, yang pertama kamu harus lakukan yaitu:

1. Mengadakan kuis atau giveaway

How To Pick A Winner Of A Giveaway (the Easy Way) (rafflepress.com)

Salah satu strategi pemasaran melalui media sosial yang ampuh untuk dilakukan yaitu mengadakan kuis atau giveaway. Siapa yang tak suka hadiah? Semua orang, termasuk audiensmu, tentu mengharapkannya. Nah, hadiah ini bisa menjadi strategi pemasaran, lho Sobat. Mengapa kita harus mengadakan kuis atau giveaway?.

Pertama yaitu iklan murah, apa maksudnya? Kelebihan giveaway yang pertama adalah harganya. Apalagi, jika hal ini dibandingkan dengan iklan di billboard dan tempat-tempat lainnya. Padahal, prinsip dasar tujuan mereka sangat mirip. Keduanya ingin audiens kenal, bahkan jadi pelanggan brand. Idealnya, produk hadiahmu digunakan oleh orang banyak. Mereka akan membawanya ke mana pun. Pada akhirnya, produk itu pun dilihat oleh orang banyak. Harapannya, audiens ini tergugah menjadi pelangganmu.

Baca juga: Rekomendasi Buku-Buku Sukses Berbisnis Untuk Isi Akhir Pekan

Kedua yaitu fleksibel. Ini cocok untuk kamu yang tidak mempunyai biaya banyak untuk promosi. Apabila demikian, giveaway adalah salah satu strategi yang tepat untukmu. Kamu tidak perlu takut budget pemasaranmu habis. Sebab, biayanya bisa kamu sesuaikan. Meski hanya sedikit, hadiah promosi tetap bisa kamu sebarkan. Kamu tinggal menyesuaikan semuanya dengan rupiah yang ada di kantong. Cukup fleksibel, bukan Sobat?.

2. Berbagi pengetahuan atau informasi mengenai produk yang akan dipasarkan

Berbagi Informasi Juga Bagian dari Bersedekah (kompasiana.com)

Selain mengadakan kuis atau giveaway, salah satu cara efektif lainnya dalam mempromosikan sesuatu melalui media sosial yaitu berbagi pengetahuan atau informasi yang berkaitan dengan produk yang akan kamu jual. Tidak hanya informasi mengenai produk saja yang bisa kamu bagikan. Kamu juga bisa berbagi informasi-informasi penting yang menarik untuk dilihat.

Karena konten-konten seperti itu mampu mengundang interaksi dari target audiensmu. Misalnya kamu bisa berbagi tips tentang penggunaan produk kamu melalui e-book khusus yang dibagikan di Facebook atau Twitter. Kamu juga bisa berbagi video tutorial tentang cara menggunakan produk yang kamu pasarkan dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips Agar Pekerjaan Full Time Dan Freelance Tetap Seimbang

Nah, untuk media informasi atau berbagi pengetahuan di media sosial, sejumlah fasilitas yang siap membantu kamu dalam membagikan informasi kamu bisa menggunakan diantaranya seperti:

  • Fan page di Facebook.
  • Channel khusus untuk produkmu di Youtube.
  • Menggunakan Twitter.
  • Katalog harian di Instagram.

3. Lakukan aktivitas beriklan di media sosial

Melihat Prospek Menjanjikan Iklan Media Sosial (advertisingfresh.com)

Selain dua cara yang sudah kita bahas di atas, promosi di sosial media juga dapat dilakukan melalui media iklan. Selain itu, fasilitas iklan di sejumlah media sosial yang tersedia saat ini siap membantumu, para pelaku bisnis via online. Sebagai contoh, kamu bisa lihat pada Facebook, berbagai macam iklan sudah tersedia di Facebook.

Selain menggunakan fasilitas beriklan yang sudah tersedia di jaringan sosial, kamu juga bisa beriklan untuk melakukan sponsorship pada akun media sosial yang memiliki banyak pengikut atau followers. Dengan menjadi sponsor di akun media sosial yang memiliki banyak pengikut, kamu bisa menggunakan akun yang memiliki banyak pengikut atau followers tadi untuk dijadikan sebagai media penyebaran informasi promosi akan produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Punya Brand Dan Bingung Cari Logo? Ini Alasan Kenapa Pembuatan Logo Itu Mahal

Nah Sobat, itu tadi 3 cara ampuh promosi lewat media sosial yang bisa kamu ikuti. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat untuk Sobat. Jangan lupa untuk terapkan strategi ini demi tercapainya tujuan pemasaranmu, ya!