Cara Atur Keuangan Yang Seringkali Disepelekan

Mengatur keuangan untuk kamu yang mempunyai penghasilan setiap bulannya tentu tidak sulit. Untuk memenuhi kebutuhan, kamu harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hanya mengandalkan penghasilan perbulan? Yakin cukup? Belum lagi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga yang kamu sering lupa untuk memasukkannya ke dalam anggaran bulanan. Apa saja? Lihat informasinya berikut ini yuk!

Untuk memenuhi kebutuhan pada hakikatnya manusia memang diharuskan bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Belum lagi ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, misalnya untuk makan, bayar kosan, cicilan motor, cicilan KPR, listrik, dan masih banyak yang lainnya. Pernahkah Sobat berpikir? Bahwa pentingnya mengatur keuangan agar kamu mengetahui uang yang kamu habiskan untuk apa saja. Apakah kamu sudah memasukkan beberapa pengeluaran kecil, yang ternyata bisa menguras pengeluaranmu?

Banyak yang tidak menyadari bahwa pengeluaran kecil, malah bisa menghabiskan uangmu. Nah, TimiKimi punya ulasan mengenai cara mengatur keuangan yang sering kali disepelekan. Apa saja ya kira-kira?

Cara Mengatur Keuangan yang Sering Disepelekan

1. Buat Daftar Anggaran Kebutuhan

Source: Google

Wajib untuk kamu yang ingin sukses mengatur keuangan membuat daftar anggaran kebutuhan. Adanya daftar tersebut akan mempermudah kamu mengetahui kemana saja uang yang selama ini dikeluarkan

Kamu sering mendengar istilah “put things in black and white”? Nah, ini merupakan pembelajaran yang berharga jika dihubungkan dengan hal finansial. Dalam hal finansial kamu harus mengerti tentang the inflows and the outflows antara pemasukan dan pengeluaran. Biasakan untuk selalu memiliki catatan dari mana uang mereka datang, dan akan ke mana uang mereka pergi. Sebuah perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk bisa mengatur kemana uangmu dihabiskan.

Baca juga: Sering Sepelekan Pengeluaran Ini, Jangan Lupa Masukkan Ke Dalam Anggaran Bulanan!

2. Sisihkan Untuk Menabung

Source: Google

Terkadang banyak orang yang mengabaikan untuk menyisihkan penghasilan yang didapat untuk ditabung. Niat memang sudah terkumpul, tapi untuk melakukannya justru terasa berat. Tabungan sangat penting karena bisa menolong saat kamu membutuhkan dana mendesak atau perlu uang untuk investasi. Yuk, saatnya menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung dan jangan menghamburkan uang bila tidak perlu. Nah, agar niat untuk menabung selalu terealisasikan, akan lebih baik jika kamu menentukan jumlah uang yang kamu sisihkan untuk ditabung. Jadi, setelah kamu menerima penghasilan, langsung segera sisihkan agar tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. 

3. Hidup Sederhana

Source: Google

Akan lebih baik jika kamu menerapkan hidup sederhana untuk bisa lebih berhemat. Memang, setiap kali mendapat gaji bulanan ingin rasanya selalu makan-makanan enak, membeli barang yang diinginkan, dan lain sebagainya. Namun, akan lebih baik jika kamu berhemat dan menyisihkan uangmu untuk ditabungkan. Kamu bisa mulai melakukannya dengan membawa bekal makan siang dari rumah, selain bisa berhemat makanan yang kamu bawa pun jauh lebih higienis. 

Bacs juga: Intip 4 Hal Mengapa Kamu Harus Tahu Kondisi Keuangan Pasangan, Yuk!

4. Hindari Belanja Karena Diskon

Source: Google

Jangan mudah tergiur setiap kali melihat potongan harga atau diskon di pusat perbelanjaan. Belanjalah sesuai dengan kebutuhanmu, Sobat! Jangan sampai hanya karena ada diskon kamu membeli barang tersebut yang belum tentu kamu butuhkan, sayang banget kan? Untuk itu, belanjalah sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan kamu butuhkan ya, Sobat!

5. Prioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Source: Google

Ketika sudah berpenghasilan tidak ada yang melarang berbelanja. Tapi, jangan sampai aktivitas berbelanja bisa menjadi berlebihan yang membuat hidup lebih boros. Sebaiknya, segera rubah perilaku buruk tersebut karena dapat berdampak buruk juga pada anggaran keuangan. Sebaiknya, belajar lebih cerdas memilah antara memenuhi kebutuhan dari pada keinginan pribadi harus mulai dilakukan dari sekarang. Jika kebutuhan adalah sesuatu hal yang lebih penting, maka prioritaskanlah daripada yang lainnya. Hal tersebut agar lebih hemat dan anggaran keuangan pun berjalan dengan sehat.

6. Berinvestasi

Source: Google

Banyak orang yang kadang kala mengabaikan sesuatu yang jumlahnya kecil. Hal ini harus kamu sadari bahwa sesuatu yang kecil itu dapat berlipat ganda sehingga menjadi jumlah yang besar. Dalam memaksimalkan keuangan, investasi yang bijak merupakan cara yang sangat tepat. Menginvestasikan berapapun jumlahnya untuk menabung di bank untuk mendapatkan bunga bisa menjadi solusi. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin butuh waktu dalam melakukan hal ini. Namun, ketika kamu mulai menabungkan uang secara rasional, akan timbul rasa kepuasan sendiri daripada mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak rasional. Berpikir panjang dan ke depan. Menginvestasikan danamu itu termasuk contoh berpikir panjang. Artinya, dengan berinvestasi kamu sedang menyiapkan masa depanmu.

Bacs juga: Intip 4 Hal Mengapa Kamu Harus Tahu Kondisi Keuangan Pasangan, Yuk!

Atur Keuanganmu, Jangan Sepelekan

Kamu bisa mengikuti cara-cara mengelola keuangan seperti ulasan di atas ya! Semoga uraian tersebut bisa menjadi inspirasi kamu untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan dan jauh lebih berhemat.