5 Cara Ini Bisa Buat Kamu Makin Cinta Menabung Uang

Nabung atau menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk dijadikan dana simpanan memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi, gaya hidup di zaman sekarang ini merayu kita untuk mangkir malah justru menunda-nunda berinvestasi untuk masa depan sendiri. Di artikel kali ini, TunaiKita ingin membahas tentang cara-cara yang bisa kamu terapkan agar kamu semakin senang menabung uang. Apa aja sih? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Siapa yang tidak ingin menggunakan uang yang mereka miliki untuk membahagiakan diri sendiri? Konsep dari membahagiakan diri sendiri memang tidak salah, Sobat. Akan tetapi terdapat batasan-batasan yang harus kita pahami agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak bisa dipungkiri, menabung merupakan hal yang cukup sulit untuk dilaksanakan. Kebanyakan dari kita seringkali tidak disiplin dengan uang tabungan yang selama ini sudah dikumpulkan. Kembali lagi kepada konsep ingin membahagiakan diri sendiri, maka tidak jarang kita menggunakannya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Selain tidak tahu bagaimana cara untuk membedakan kebutuhan dan keinginan, aktivitas menabung yang tidak konsisten juga menjadi alasan kenapa menabung begitu sukar untuk dilakukan.

Baca juga: Psst! Ini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Supaya Tak Terlilit Hutang

Nabung Cuman Wacana?

Siapa bilang menabung hanya akan menjadi wacana? Intip tips menabung uang berikut yuk!

Tentukan Tujuan Utama Menabung

Tips menabung uang yang pertama adalah, kamu harus menuntukan tujuan utama menabung. Kebanyakan orang yang gagal merealisasikan rencana untuk menabung dikarenakan mereka tidak memiliki tujuan yang jelas. Mereka tidak menentukan alasan utama untuk apa mereka mengumpulkan uang tersebut.

Jika kamu ingin aktivitas menabungmu tidak berhenti di tengah jalan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan utama. Akan kamu apakan tabunganmu kelak? Untuk memenuhi kebutuhan apa? Jika kamu sudah memiliki tujuan, secara tidak langsung kamu akan tergerak dan memiliki motivasi lebih untuk terus menabung uang. Misalnya, kamu ingin membeli mobil. Untuk mewujudkannya, kamu harus menentukan target kecil terlebih dahulu. Dalam jangka waktu enam bulan kamu harus mengumpulkan 10% dari dana yang dibutuhkan hingga dalam waktu satu tahun kamu sudah memiliki uang untuk membayar biaya down payment atau uang muka dari mobil impianmu. Jika kamu sudah mengetahui tujuanmu, TimiKimi jamin deh, kamu akan lebih semangat dalam melakukannya!

Prioritaskan Tagihan

Tips menabung uang yang kedua adalah, tagihan harus jadi prioritas  yang paling utama. Meskipun anggaran keuangan begitu penting untuk dimiliki, akan tetapi masih ada yang bisa mengelola keuangan dengan baik tanpa memiliki perencanaan keuangan secara tertulis. Hal ini dikarenakan sejak awal mereka sudah tahu harus dialokasikan kemana anggaran utamanya. Salah satunya, cicilan dan tagihan.

Yang harus kamu lakukan adalah menghitung berapa persen pendapatan kamu untuk membayar seluruh tagihan bulanan seperti biaya sewa tempat tinggal, penggunaan listrik, penggunaan pulsa, kewajiban pajak, cicilan kendaraan, dan belanja kebutuhan bulanan lainnya. Jika dirasa kebutuhanmu terlalu banyak dan tidak cukup untuk ditabung, solusinya kamu bisa mengambil pekerjaan sampingan atau tambahan untuk menutupi kebutuhan hidup dan menyisihkan separuhnya untuk ditabung. Yang jelas, jika kamu sudah memprioritaskan cicilan di barisan paling depan, maka sudah dipastikan keuanganmu akan terkelola dengan ciamik!

Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif

Bukan berarti mengelarkan uang untuk hal konsumtif itu salah, Sobat. Menggunakan uang untuk memenuhi kesenangan terkadang memang diperlukan. Menghabiskan akhir pekan ke bioskop atau makan di restoran mewah bareng si dia. Akan tetapi, jika tidak berhati-hati hal ini bisa menjadi petaka besar untuk rencana menabungmu. Jangan sampai pengeluaran konsumtif membabat habis seluruh uangmu atau lebih parahnya mengurangi isi tabunganmu.

Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga dan membuat makan malam dengan menu yang berbeda. Misalnya, jika kamu mengunjungi restoran untuk menikmati pizza, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, akan jauh lebih menyenangkan bukan?

Baca juga: Intip Rahasia Kelola Keuangan Ala Orang Paling Kaya Di Indonesia

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Tips menabung uang yang selanjutnya adalah kamu harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan, mana yang hanya sebatas keinginan. Tidak jauh berbeda dengan pengeluaran bersifat konsumtif, memenuhi keinginan juga merupakan hal yang sesekali halal untuk dilakukan. Akan tetapi, kamu harus cermat dan bijak dalam menyikapi hal ini , Sobat. Jangan sampai karena terlalu sibuk memenuhi keinginan, keuanganmu malah jadi keteteran.

Untuk membedakan kebutuhan dan keuangan, kamu harus menetapkan parameternya sendiri. Di saat kamu ingin membeli barang A, kamu harus mengukur terlebih dahulu dari skala 1 sampai 10, tingkat kebutuhanmu terhadap barang tersebut ada di angka berapa. Jika setelah dipertimbangkan hanya ada di angka 5, maka TimiKimi sarankan untuk memikirkannya kembali berulang-ulang.

Tidak Ada Salahnya Mencari Pendapatan Tambahan

Rutinitas di kantor yang padat setiap harinya tentu membuat kamu merasa bahwa seluruh waktumu sudah terisi penuh untuk bekerja. Akan tetapi, jika dirinci ulang, kamu masih memiliki waktu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita asumsikan kamu bekerja 8 jam sehari. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah: Selesaikan seluruh pekerjaan dengan sebaik dan secepat mungkin. Jika memungkinkan, maksimalkan jam kerjamu dan selesaikan tugas untuk seminggu dalam 3 hari. Maka kamu masih memiliki waktu untuk mengerjakan project yang kamu ambil. Selain itu, kamu juga bisa menggunaka akhir pekan untuk duduk di sudut kedai kopi sambil menyelesaikan pekerjaan sampinganmu.

Untuk jenis pekerjaannya, kamu bisa memilih pekerjaan yang kamu sukai. Jika kamu senang menulis, kamu bisa menjadi tenaga pekerja lepas untuk menulis di perusahaan-perusahaan yang mungkin saja membutuhkan tenagamu. Begitu juga jika kamu memiliki hobi lain seperti fotografi, desain, masak, dan lain sebagainya. Pilihlah pekerjaan yang kamu sukai agar kamu tidak merasa berat saat melakukannya. Dengan begitu kamu akan mengumpulkan lebih banyak uang dan pundi-pundi tabunganmu akan semakin menggiurkan!

Baca juga: Tabungan Pendidikan Anak Vs Asuransi Pendidikan Anak, Manakah Yang Lebih Baik?

Sedikit Demi Sedikit, Lama-lama Jadi Bukit

Kata orang: Menabung merupakan aktivitas yang benar-benar terencana, tapi lama-lama hanya jadi wacana. Ayo Sobat, mulai sekarang kita budayakan rajin menabung untuk mematahkan opini tersebut!

Tidak harus langsung dalam jumlah yang besar. Kalau pepatah bilang, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Terpenting adalah konsistensi kita dalam melakukannya. Mulai utamakan pengeluaran untuk hal-hal yang penting dan singkirkan keinginan membelenjakan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Ingat, tujuan utamamu menabung adalah untuk mewujudkan impian bukan? Rumah baru, mobil mewah, tanah berhektar-hektar, bangun kos-kosan, dan lain sebagainya.

Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?