Cara Gadai BPKB di Pegadaian Buat Kamu yang Butuh Uang Cepat

Gadai BPKB di Pegadaian

Saat sedang butuh dana dengan cepat, terkadang kita memutuskan untuk menggadaikan aset berharga seperti BPKB kendaraan. Salah satu tempat yang dituju untuk menggadaikan BPKB adalah Pegadaian. Simak cara gadai BPKB di Pegadaian dan syarat pengajuannya di sini!

Siapa saja pasti merasakan saat-saat di mana sedang berada dalam kondisi kesulitan ekonomi. Biasanya ketika sedang mengalami hal seperti ini, satu-satunya yang terpikir dalam pikiran adalah mengajukan pinjaman untuk segera mendapatkan dana tunai yang bisa dipergunakan untuk keperluan tertentu. Baik itu untuk menunjang kebutuhan sehari-hari sebelum datang tanggal gajian, memperbaiki kendaraan yang sedang rusak, membayar uang sekolah anak, dan lain sebagainya. Supaya bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dengan cepat, kebanyakan masyarakat cenderung akan menggadaikan aset berharga milik mereka seperti sertifikat rumah, surat tanah, hingga BPKB kendaraan motor atau mobil.

Aset berharga yang terakhir paling sering dijadikan agunan karena resiko menggadaikan BPKB tidak sebesar jika kamu menggadaikan jenis aset berharga lainnya. Ada dua tempat yang dituju ketika orang ingin menggadaikan BPKB, yakni di bank dan di Pegadaian. Opsi yang pertama sering ditinggalkan orang karena merasa prosesnya akan rumit dan berbelit-belit sehingga lebih banyak orang yang memilih untuk gadai BPKB di Pegadaian.

Jenis Gadai BPKB di Pegadaian

Pegadaian (satelitpost.com)

Gadai BPKB mobil di Pegadaian ternyata tidak hanya memiliki satu jenis produk saja. Ada tempat jenis produk gadai BPKB di Pegadaian yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Kredit Cepat Aman

Jenis produk gadai pertama ada Kredit Cepat Aman (KCA) yang sistemnya konvensional sehingga ada perhitungan bunga di dalamnya. Kamu bisa menggadaikan BPKB mobil hingga motor untuk mendapatkan pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 juta. Jangka waktu yang diberikan adalah 4 bulan, tapi jika kamu memperpanjangnya berkali-kali alias tidak terbatas jangka waktunya.

2. Gadai Syariah RAHN

Jenis produk gadai BPKB di Pegadaian yang kedua adalah gadai syariah RAHN yang memiliki sistem syariah sehingga sesuai dengan syariat agama Islam. Dana pinjaman yang bisa diberikan dengan menggadaikan BPKB mobil atau motor adalah mulai dari Rp50 ribu hingga Rp200 juta. Masa tenor yang diberikan maksimum 120 bulan (10 tahun). Jika ingin memperpanjang jangka waktu pinjamannya, maka kamu diharuskan untuk membayar ijaroh atau biaya tambahan.

Baca juga: Ini Cara Meminjam Uang Di Bank Buat Kamu Yang Baru Pertama Kali Mengajukan

3. Pinjam Kreasi

Jenis produk gadai BPKB yang satu ini dikhususkan untuk modal usaha saja. Jadi kalau kamu ingin mengembangkan usaha atau ingin memulai usaha baru, maka kamu bisa mengandalkan pinjaman ini. Dana yang bisa diberikan mulai dari Rp1 juta hingga maksimum Rp400 juta dengan masa tenor pinjaman mulai dari 12 bulan (1 tahun) hingga 36 bulan (3 tahun) saja. Sayangnya, pinjaman ini tidak bisa cair pada hari yang sama karena kamu harus menunggu hingga 3 hari kerja supaya dana bisa masuk ke dalam rekening tabungan.

4. Gadai Arum

Terakhir ada jenis produk gadai BPKB di Pegadaian yang sebenarnya sama saja dengan produk pinjam kreasi karena hanya ditujukan untuk keperluan usaha saja. Bedanya adalah jenis ini memiliki sistem syariah, bukan konvensional. Dana pinjaman yang bisa diberiakn mulai dari Rp3 juta hingga Rp400 juta dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman ini, usaha milikmu harus sudah berjalan minimal 1 tahun.

Syarat dan Cara Gadai BPKB di Pegadaian

Gadai BPKB di Pegadaian (www.moyafinancial.ca)

Supaya kamu tidak bingung saat akan gadai BPKB motor di Pegadaian, ada baiknya kamu menyimak terlebih dahulu syarat dan caranya yang ada di bawah ini:

1. Siapkan Syarat yang Diperlukan

Sebelum mengajukan gadai BPKB di Pegadaian, pertama-tama kamu wajib menyiapkan syarat dan dokumen yang diperlukan. Syarat mengajukan BPKB tidaklah sulit kok. Kamu cukup membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan BPKB saja. Siapkan semua dokumen dalam bentuk asli dan fotokopi. Perlu kamu ketahui kalau kendaraan yang tertera pada BPKB adalah kendaraan milikmu pribadi alias bukan atas nama orang lain karena nantinya akan ada verifikasi untuk mencocokkan data BPKB dengan data dokumen lainnya.

Baca Juga : Pinjaman Untuk Mahasiswa, Cepat Dan Tanpa Ribet!

2. Mendatangi Pegadaian

Setelah menyiapkan semua persyaratan, kamu bisa mendatangi Pegadaian terdekat yang lokasinya berada di daerah domisilimu. Pastikan untuk mengetahui jam bukanya. Biasanya kantor Pegadaian mulai membuka layanan setiap hari Senin- Jumat pada pukul 07.30 hingga 17.00. Tapi ingat kalau ada jam makan siang antara jam 12.00 hingga 13.00. Jadi jangan sampai kamu datang di luar jam operasional ya!

3. Mengisi Formulir Pengajuan

Pegadaian (akamaized.net)

Nantinya ketika kamu mendatangi loket di kantor Pegadaian, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan gadai BPKB di Pegadaian. Isi formulir tersebut secara teliti dan cek kembali supaya tidak ada yang terlewat. Setelah memastikan kalau formulir yang diisi sudah benar, maka serahkan kembali formulir beserta BPKB dan STNK asli kepada petugas loket. Petugas akan menaksir dulu berapa maksimum plafon pinjaman yang bisa kamu dapatkan.

4. Menunggu Persetujuan Pinjaman

Kalau petugas sudah selesai melakukan penaksiran, maka kamu akan diberitahu maksimum dana yang bisa kamu pinjam. Di sinilah kamu harus menentukan berapa nominal pinjaman yang kamu inginkan beserta jangka waktu pinjaman yang kamu sanggupi. Jika sudah, maka petugas akan memproses pengajuan gadai BPKB di Pegadaian milikmu dan memberikan surat bukti kredit yang harus kamu tandatangani di atas materai Rp6 ribu. Saat diberikan surat bukti kredit, baca dengan perlahan dan teliti. Jangan langsung menandatangani karena kamu butuh waktu untuk mempelajarinya dulu. Kalau sudah merasa yakin, maka kamu bisa menandatangani surat tersebut.

Setelah ditandatangani, tunggu petugas untuk memproses pencairan dana pinjaman. Kamu bisa meminta petugas untuk mentransfer dana ke rekening tabungan milikmu atau memberikannya secara tunai kepadamu.

Baca juga: Ini Cara Meminjam Uang di Bank Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Mengajukan

Tidak Ingin Gadai BPKB di Pegadaian? Pinjaman Online Bisa Jadi Solusinya

Ambil Pinjaman Online (www.telegraph.co.uk)

Jika kamu merasa sayang untuk gadai BPKB di Pegadaian tapi sedang terdesak butuh dana tunai secepatnya, bagaimana kalau kamu mengajukan pinjaman online. Tidak seperti Pegadaian yang mengharuskan kamu menggadaikan BPKB atau surat berharga lainnya, pinjaman online sama sekali tidak meminta agunan apapun kepadamu. Jadi kamu tetap bisa mengajukan pinjaman tanpa perlu pusing memikirkan agunan yang perlu kamu gadaikan. Tapi berhubung pinjaman online sangat rentan terhadap penipuan, maka kamu harus mencari penyedia pinjaman online yang terpercaya. Sebenarnya tak perlu repot mencari karena kamu cukup melihat apakah penyedia pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum. Jika sudah terdaftar, maka kamu bisa mempercayai penyedia pinjaman online tersebut.

Baca Juga : Ketahui 7 Kelebihan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair Sebelum Mengajukan

Tunaikita (Tunaikita.com)

Salah satu penyedia pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK adalah TunaiKita. TunaiKta merupakan penyedia pinjaman online yang berbasis aplikasi. Jadi untuk mengajukan pinjaman, kamu harus mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang tersedia di PlayStore atau AppStore dan melakukan registrasi sebelum bisa mengajukan. Untuk nominal pinjaman yang bisa diberikan kepadamu mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan yang diberikan hingga 180 hari (6 bulan). Kamu cukup menyediakan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal milik pribadi seperti (BCA, BNI, BRI, Bank Mega, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mandiri.

Jika semua data dan persyaratan dokumen sudah diverifikasi dan disetujui oleh TunaiKita, maka dana akan langsung dicairkan melalui nomor rekening yang sudah kamu berikan sebelumnya. Proses pencairan ini hanya berlangsung dalam hitungan hari saja. Jadi, kamu harus sabar menunggu ya!

Apapun pilihan pinjamanmu, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkannya dengan matang sebelum mengajukan pinjaman dan lakukan perhitungan supaya nantinya kamu bisa membayar cicilan tepat waktu tanpa perlu menunggak. Selamat mengajukan pinjaman Sobat!